Viral Video Ibu Melahirkan di Depan Teras Puskesmas, Ini Faktanya

Jumat, 2 Desember 2022 17:15 Reporter : Intan Kumalasari
Viral Video Ibu Melahirkan di Depan Teras Puskesmas, Ini Faktanya Viral Ibu Melahirkan di Depan Teras Puskesmas, Ini Faktanya. ©2022 Merdeka.com/Facebook Imran Sibagariang

Merdeka.com - Baru-baru ini media sosial digegerkan dengan video viral yang memperlihatkan ibu hamil di teras puskesmas. Video tersebut diunggah oleh akun Facebook Imran Sibagariang. Peristiwa terjadi di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Dalam video viral yang beredar, terlihat ibu tersebut melahirkan di teras puskesmas. Tampak ia terduduk lemas di lantai bersama bayinya. Berikut ulasannya.

2 dari 3 halaman

Wanita Melahirkan di Teras Puskesmas

viral ibu melahirkan di depan teras puskesmas ini faktanya
©2022 Merdeka.com/Facebook Imran Sibagariang

Video berdurasi beberapa detik tersebut memperlihatkan seorang wanita yang tengah melahirkan di teras puskesmas. Wanita yang menggunakan kaos berwarna merah muda dan jarik ini terlihat terkulai lemas. 

Dalam video tersebut, tampak tak ada yang membantu wanita ini persalinan. Di samping wanita ini, hanya terlihat seorang pria.  Pria tersebut terlihat sibuk menelpon, sambil memijat pelan kepala wanita ini.

Sedangkan sang bayi terlihat tergeletak di lantai. Bahkan dalam kondisi tali pusar belum terputus. 

3 dari 3 halaman

Sudah Mendapatkan Pelayanan Petugas Medis

Video yang viral tersebut mendapatkan respons dari Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Jimmy Christian Samma. Ia mengungkapkan Yetti melahirkan di teras puskesmas pada Sabtu, 26 November jam 3 sore.

Setelah sampai di teras Yetti tak tahan dan akhirnya bayinya lahir di teras puskesmas. Ia menyampaikan Yetti mendapatkan pelayanan dari petugas medis namun tak tersorot dalam video yang viral.

Puskesmas Tutup

Kepala Puskesmas, Ester Surbakti mengungkapkan Yetti dan suaminya datang ke puskesmas sekitar pukul 15.30. Namun saat itu pelayanan rumah sakit sudah tutup. Awalnya Yetti hanya ingin memeriksakan kandungannya namun ternyata ia melahirkan di teras puskesmas. Ester membantah jika persalinan tersebut tak dibantu petugas medis puskesmas.

"Kebetulan pegawai kita ada di dekat situ, kemudian langsung menolong dibawa ke puskesmas. Plasenta lahir di puskesmas dan proses pemotongan tali pusar langsung ditangani di dalam puskesmas,” kata Ester dilansir dari dream.

[kum]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini