Perbedaan Data Primer dan Sekunder dalam Penelitian, Ketahui Karakteristiknya

Senin, 2 November 2020 06:41 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Perbedaan Data Primer dan Sekunder dalam Penelitian, Ketahui Karakteristiknya Ilustrasi penelitian. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Kegiatan penelitian tentu memberikan banyak berbagai manfaat bagi kehidupan masyarakat. Bahkan dapat dikatakan, penelitian menjadi hal penting yang dapat mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan kehidupan. Dalam hal ini, penelitian dapat diangkat dari berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat untuk mengetahui penyebab, dampak, dan manfaat dan berbagai kondisi lainnya.

Sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan peradaban kehidupan, maka penelitian harus dilakukan dengan baik dan benar. Dalam hal ini, data menjadi salah satu komponen penting yang dapat membantu mewujudkan sebuah penelitian dengan kualitas bagus. Di mana peneliti harus dapat mengumpulkan data dengan akurat untuk kemudian diamati dan dianalisis menggunakan berbagai teori yang ada.

Terdapat dua jenis data yang biasanya digunakan peneliti dalam setiap kegiatan penelitian, yaitu data primer dan data sekunder. Umumnya, kedua data ini digabungkan untuk saling melengkapi dan membantu peneliti dalam mengamati setiap fenomena yang ada. Namun terdapat beberapa hal mendasar yang menjadi perbedaan data primer dan sekunder.

Beberapa perbedaan data primer dan sekunder ini perlu dipahami dengan baik oleh peneliti agar dapat diaplikasikan dengan tepat. Perbedaan data primer dan sekunder ini dapat dilihat dari bentuk data, proses pengumpulan, sumber data, hingga kemampuan akurasi yang bisa didapatkan.

Dilansir dari situs Key Difference, berikut kami merangkum beberapa perbedaan data primer dan sekunder dalam penelitian yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Pengertian Data Primer dan Sekunder...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini