Niat Puasa Syawal dan Cara Pelaksanaannya, Pahami Berbagai Aturannya

Senin, 10 Mei 2021 08:01 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Niat Puasa Syawal dan Cara Pelaksanaannya, Pahami Berbagai Aturannya Ilustrasi Puasa. ©Shutterstock.com

Merdeka.com - Seperti diketahui, ibadah puasa menjadi salah satu rukun wajib yang perlu dilakukan setiap umat muslim. Di mana seluruh umat muslim wajib menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan setiap satu tahun sekali. Menjalankan puasa di bulan Ramadan ini tidak lain sebagai salah satu kesempatan bagi umat muslim untuk mendekatkan diri pada Allah, meningkatkan iman, dan memperbanyak amalan pahala.

Selain ibadah puasa wajib, umat muslim juga dianjurkan untuk berpuasa sunah, salah satunya puasa sunah di bulan Syawal. Sesuai dengan sebutannya, puasa syawal dilakukan di bulan Syawal atau setelah selesai puasa Ramadan. Umumnya puasa syawal ini dilakukan selama 6 hari secara berurutan. Meskipun mempunyai hukum sunah, namun terdapat keutamaan puasa syawal bagi siapa saja yang menjalankan.

Dikatakan, bahwa keutamaan bulan syawal dapat memberikan pahala seperti berpuasa satu tahun penuh bagi siapa saja yang mengerjakan. Bukan hanya itu, puasa syawal juga bisa menjadi amalan yang dapat menyempurnakan ibadah di bulan Ramadan. Tentu berbagai manfaat keutamaan puasa syawal ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Jika Anda salah satunya, Anda bisa memulai kebiasaan untuk melaksanakan puasa syawal setelah Ramadan usai yang tinggal beberapa hari lagi. Dalam melaksanakan ibadah puasa syawal, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya lafal niat puasa syawal.

Niat puasa syawal menjadi salah satu rukun yang harus dipenuhi ketika Anda ingin mengerjakan amalan puasa syawal. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan waktu dan cara melaksanakan puasa syawal dengan benar. Dilansir dari NU Online, berikut kami merangkum penjelasan niat puasa syawal dan berbagai aturannya yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Mengenal Puasa Syawal...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini