Makna Makan Terlebih Dahulu Sebelum Sholat Idul Fitri, Ketahui Amalan Sunah Lainnya

Rabu, 12 Mei 2021 12:42 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Makna Makan Terlebih Dahulu Sebelum Sholat Idul Fitri, Ketahui Amalan Sunah Lainnya ilustrasi kurma. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Ferumov

Merdeka.com - Setelah menjalani ibadah puasa bulan Ramadan selama satu bulan penuh, tentu umat muslim menantikan Hari Raya Idul Fitri sebagai momen perayaan kemenangan Ramadan. Di hari kemenangan ini, biasanya umat muslim bersama-sama menunaikan sholat sunah Idul Fitri di masjid maupun di lapangan yang bisa menampung jemaah dalam jumlah banyak. Ini selalu menjadi momen yang dinantikan dengan penuh kegembiraan.

Dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri, terdapat beberapa sunah yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri dengan baik di hari Fitri. Seperti mandi, memakai pakaian yang bersih dan rapi, memakai wewangian, dan jalan menuju tempat pelaksanaan sholat Id. Selain itu, umat muslim yang hendak menunaikan sholat Id juga dianjurkan untuk makan terlebih dahulu.

Ternyata anjuran ini bukan tanpa alasan. Terdapat makna makan terlebih dahulu sebelum sholat Idul Fitri yang perlu Anda ketahui. Mengonsumsi makanan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri pun juga dilakukan oleh Rasulullah. Di mana Rasulullah menyempatkan waktu untuk makan buah kurma terlebih dahulu sebelum pergi melaksanakan sholat Idul Fitri di pagi hari.

Perlu diketahui, bahwa sebelumnya makan sebelum sholat Idul Fitri dilarang pada masa awal agama Islam berkembang. Kemudian Rasulullah menganjurkan makan sebelum sholat Idul Fitri agar dapat diikuti oleh umatnya. Lalu apa makna makan terlebih dahulu sebelum sholat Idul Fitri seperti yang disunahkan oleh Rasulullah.

Dilansir dari NU Online, berikut kami merangkum penjelasan mengenai makna makan terlebih dahulu sebelum sholat Idul Fitri perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Telah Dihapus Keharaman Berbuka...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini