Korban Gempa Cianjur Disebut Tolak Bantuan hingga Cabut Atribut Gereja, Ini Faktanya

Senin, 28 November 2022 09:00 Reporter : Intan Kumalasari
Korban Gempa Cianjur Disebut Tolak Bantuan hingga Cabut Atribut Gereja, Ini Faktanya 3 Fakta Viral Video Bantuan Korban Gempa Cianjur, Cabut Atribut Gereja hingga Keluhan Mi Instan. ©2022 Merdeka.com/TikTok/Instagram

Merdeka.com - Warga Cianjur kini tengah berjuang pasca dilanda gempa dengan magnitudo 5,6. Akibat gempa tersebut, ratusan korban jiwa kehilangan nyawa dan ribuan rumah rusak. Warga yang selamat kini tengah berada di pengungsian.

Berbagai bantuan pun disalurkan untuk korban gempa Cianjur. Namun beberapa korban gempa Cianjur mendapatkan kritikan karena melakukan hal yang tak semestinya. Mulai dari penghadangan bantuan hingga mencopot atribut gereja. Berikut ulasannya.

2 dari 4 halaman

Penghadangan Bantuan

5 fakta warga cianjur stop mobil bantuan gempa kini minta maaf
©2022 Merdeka.com/Twitter @Kangjaill/Instagram Jayalah.negriku

Beberapa korban gempa Cianjur melakukan penghadangan ke mobil yang membawa bantuan. Mereka tak membiarkan mobil untuk menyalurkan bantuan. Polisi pun turun tangan terkait masalah tersebut.

Tiga orang ditetapkan sebagai pelaku dan telah meminta maaf. Setelah masalah tersebut, ada lagi kasus serupa di tempat berbeda. Polisi menahan lima orang tersangka dan berujung permintaan maaf.

3 dari 4 halaman

Pencopotan Atribut

3 fakta viral video bantuan korban gempa cianjur cabut atribut gereja hingga keluhan mi instan
©2022 Merdeka.com/Instagram Terang Media

Beberapa waktu lalu viral sebuah video yang memperlihatkan warga korban Cianjur mencopot label bantuan. Label tersebut merupakan milik salah satu gereja. Peristiwa ini terjadi di posko pengungsian Mangunkerta, Sarampad dan beberapa titik lain.

Sontak aksi tersebut mendapatkan kritikan dari berbagai pihak. Disebutkan bahwa korban penerima bukan menolak bantuan tersebut, melainkan hanya mencabut atribut pada tenda. Warga menyebut melakukan hal tersebut agar netral.

4 dari 4 halaman

Disebut Tolak Bantuan Mi Instan

3 fakta viral video bantuan korban gempa cianjur cabut atribut gereja hingga keluhan mi instan
©2022 Merdeka.com/TikTok @gunawan...4

Video kontroversial terkait korban Cianjur pun viral. Dalam video tersebut tampak mempertanyakan nasib korban Cianjur karena kebanyakan makan mi instan. Diketahui korban gempa kebanyakan mendapatkan bantuan mi instan.

Sontak video tersebut mendapatkan banyak kecaman karena disebut kurang bersyukur. Namun ternyata video tersebut bukan dari korban gempa Cianjur.

[kum]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini