Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Mengobati Orang Kesurupan dalam Islam, Pahami Adabnya

Cara Mengobati Orang Kesurupan dalam Islam, Pahami Adabnya Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas

Merdeka.com - Kesurupan merupakan fenomena umum yang sering terjadi di masyarakat. Orang yang mengalami kesurupan dipercaya dirasuki oleh makhluk halus sehingga berperilaku aneh bahkan hingga merusak. Dalam Islam, gangguan ini perlu segera dihilangkan dari orang yang mengalaminya.

Islam pun memiliki kandungan tersendiri cara mengobati orang kesurupan. Tentu, cara ini dilakukan dengan membaca doa-doa khusus untuk memohon pertolongan Allah dari berbagai gangguan makhluk halus. Selain doa, cara mengobati orang kesurupan dalam Islam juga perlu memperhatikan adab tertentu.

Berikut, kami merangkum cara mengobati orang kesurupan dan adabnya menurut Islam, bisa disimak.

Penyebab Orang Kesurupan

Sebelum menyimak cara mengobati orang kesurupan, perlu dipahami penyebabnya. Orang yang mengalami kesurupan, bisa disebabkan oleh berbagai macam gangguan jin. Berikut penyebab orang kesurupan menurut Islam, yang perlu diketahui:

ilustrasi berdoa

©2022 Merdeka.com/pixabay

1. Jin pembantu tukang sihir: Salah satu penyebab orang kesurupan adalah adanya jin yang bekerja atas perintah sihir. Jin ini bekerja untuk tukang sihir yang menggunakan kekuatan jin untuk memberikan efek buruk pada orang yang menjadi targetnya. Mereka mempengaruhi pikiran dan emosi seseorang, sehingga menyebabkan orang tersebut kesurupan.

2. Jin tertarik pada seseorang: Jin memiliki naluri seperti manusia dan bisa tertarik pada seseorang dengan beberapa alasan, seperti kecantikan, kekayaan, atau aura spiritual yang kuat. Jin yang tertarik pada seseorang bisa mempengaruhi orang tersebut dan menyebabkan kesurupan. Jin ini seringkali mencari keuntungan dengan menggoda manusia melalui pikiran dan emosi.

3. Jin nakal mengganggu manusia: Ada jin yang memiliki sifat nakal dan senang mengganggu manusia. Mereka menganggap manusia sebagai objek untuk dijadikan bahan mainan atau sekadar mencari sensasi. Jin nakal ini bisa menyebabkan orang kesurupan dengan cara mengganggu pikiran, tidur, atau bahkan menarik seseorang secara fisik.

4. Jin yang ingin balas dendam: Jin seperti manusia juga memiliki rasa dendam dan bisa bertindak untuk membalas dendam pada seseorang. Jin yang ingin balas dendam bisa menyebabkan orang kesurupan sebagai bentuk perlakuan buruk terhadap orang tersebut.

Cara Mengobati Orang Kesurupan

ilustrasi berdoa

© pexels.com/RODNAE Productions

Berikutnya, akan dijelaskan cara mengobati orang kesurupan. Islam memiliki panduan tersendiri dalam membantu mengeluarkan gangguan jin penyebab kesurupan, yaitu dengan membacakan doa-doa khusus. Berikut cara mengobati orang kesurupan menurut ajaran Islam:

1. Membacakan Ta'awudz (mencari perlindungan kepada Allah):

Dalam Islam, Ta'awudz merupakan doa perlindungan yang dibaca untuk melindungi diri dari gangguan makhluk gaib. Membacakan Ta'awudz yang berbunyi "A'udzu billahi minash shaitanir rajim" berarti kita memohon perlindungan kepada Allah dari godaan dan pengaruh jahat iblis.

2. Membaca Surat Al-Fatihah:

Surat Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan dan kekuatan dalam melawan gangguan makhluk gaib. Membacanya dengan penuh khusyuk dan keyakinan dapat membantu mengusir pengaruh negatif yang ada pada orang yang kesurupan.

3. Membaca 2 Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah:

Ayat terakhir Surat Al-Baqarah (Q.S. Al-Baqarah, 2:285-286) diyakini memiliki kekuatan melawan gangguan makhluk gaib. Membacanya secara rutin dan penuh keyakinan dapat membantu dalam proses penyembuhan orang yang kesurupan.

Al Baqarah: 285 Āmanar-rasūlu bimā unzila ilaihi mir rabbihī wal-mu'minūn(a), kullun āmana billāhi wa malā'ikatihī wa kutubihī wa rusulih(ī), lā nufarriqu baina aḥadim mir rusulih(ī), wa qālū sami'nā wa aṭa'nā, gufrānaka rabbanā wa ilaikal-maṣīr(u). Artinya: Rasul (Muhammad) beriman pada apa (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang mukmin. Masing-masing beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata,) "Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya." Mereka juga berkata, "Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, wahai Tuhan kami. Hanya kepada-Mu tempat (kami) kembali."

Al Baqarah: 286

Lā yukallifullāhu nafsan illā wus'ahā, lahā mā kasabat wa 'alaihā maktasabat, rabbanā lā tu'ākhiżnā in nasīnā au akhṭa'nā, rabbanā wa lā taḥmil 'alainā iṣran kamā ḥamaltahū 'alal-lażīna min qablinā, rabbanā wa lā tuḥammilnā mā lā ṭāqata lanā bih(ī), wa'fu 'annā, wagfir lanā, warḥamnā, anta maulānā fanṣurnā 'alal qaumil-kāfirīn(a). Artinya: Allah tidak membebani seseorang, kecuali menurut kesanggupannya. Baginya ada sesuatu (pahala) dari (kebajikan) yang diusahakannya dan terhadapnya ada (pula) sesuatu (siksa) atas (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa,) "Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami. Maka, tolonglah kami dalam menghadapi kaum kafir."

4. Membaca Surat Al-Ikhlas:

Surat Al-Ikhlas (Q.S. Al-Ikhlas) adalah surat singkat dalam Al-Quran yang mengandung ajaran tauhid dan keesaan Allah. Membacanya dengan hati yang ikhlas dan benar-benar meyakini makna di dalamnya dapat menjadi amalan pengusir gangguan makhluk gaib.

Selama proses mengobati orang kesurupan, penting untuk meningkatkan iman, tawakal, dan terus berdoa kepada Allah agar kesembuhan dapat tercapai. Selain itu, juga penting untuk mendapatkan bantuan dari orang yang berpengalaman dalam ruqyah (metode pengobatan spiritual dalam Islam), seperti seorang hafidz atau seorang ustadz yang kompeten dalam bidang ini.

Adab Mengobati Kesurupan

ilustrasi berdoa

© pexels.com/Thirdman

Setelah mengetahui cara mengobati orang kesurupan, terakhir akan dijelaskan adabnya. Dalam Islam, ketika seseorang mengalami kesurupan, penting untuk menghadapi situasi tersebut dengan ketenangan, kesabaran, dan keyakinan.

Berikut adalah beberapa adab yang dapat diikuti saat mengobati orang yang diduga kesurupan dalam Islam:

  1. Berdoa: Mulailah dengan membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an, seperti Ayat Kursi (Surah Al-Baqarah ayat 255) atau surah-surah lain yang memiliki nilai perlindungan dan keselamatan.
  2. Menyebut Nama Allah: Gunakan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyembuh. Berdoa kepada Allah untuk memberikan perlindungan dan kesembuhan kepada orang yang terkena kesurupan.
  3. Berzikir: Membaca dzikir dan doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Contohnya, membaca "La ilaha illallah" (Tiada Tuhan selain Allah) atau "Astaghfirullah" (Aku memohon ampun kepada Allah).
  4. Membaca Ruqyah: Ruqyah adalah proses penyembuhan spiritual dalam Islam dengan membaca ayat-ayat Al-Qur'an dan doa-doa yang dianjurkan. Ini bisa dilakukan oleh seseorang yang terlatih dalam praktik ruqyah.
  5. Tetap Tenang dan Sabar: Penting untuk tetap tenang dan sabar dalam menghadapi situasi ini. Panik dan ketakutan hanya akan memperburuk keadaan.
  6. Minta Dukungan dan Doa dari Orang Lain: Ajak orang-orang di sekitar untuk membantu dalam memberikan doa dan dukungan moral untuk orang yang mengalami kesurupan.
  7. Hindari Tindakan yang Tidak Islami: Jangan melakukan tindakan atau upaya penyembuhan yang bertentangan dengan ajaran Islam, seperti menggunakan sihir atau hal-hal yang bersifat syirik.
  8. Perbanyak Amal Shalih: Minta orang yang terkena kesurupan untuk memperbanyak amal shalih, seperti shalat, sedekah, membaca Al-Qur'an, dan berdzikir sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah.
  9. Minta Perlindungan dari Allah: Selain berdoa untuk kesembuhan, juga penting untuk meminta perlindungan dari Allah terhadap gangguan yang tidak terlihat dan kekuatan-kekuatan jahat.

(mdk/ayi)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal, Mohon Ampunan dan Kebaikan
Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal, Mohon Ampunan dan Kebaikan

Umat muslim wajib mendoakan orang tua yang sudah meninggal.

Baca Selengkapnya
Doa Menutup Aib Dalam Islam Beserta Dalilnya, Meminta Perlindungan Allah SWT
Doa Menutup Aib Dalam Islam Beserta Dalilnya, Meminta Perlindungan Allah SWT

Doa menutup aib dan anjuran untuk merahasiakan aib dari orang lain.

Baca Selengkapnya
Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh dan Pulih Kembali, Begini Bacaannya Sesuai dengan Syariat Islam serta Artinya
Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh dan Pulih Kembali, Begini Bacaannya Sesuai dengan Syariat Islam serta Artinya

Doa untuk orang sakit bisa dipanjatkan agar seseorang yang sedang mendapatkan ujian penyakit segera disembuhkan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Membalas Orang yang Menghina Kita, Cegah Emosi Negatif
Doa Membalas Orang yang Menghina Kita, Cegah Emosi Negatif

Menghina atau merendahkan orang lain merupakan perbuatan buruk yang dilarang dalam Islam.

Baca Selengkapnya
Doa Orang Meninggal dan Artinya, Perlu Diketahui
Doa Orang Meninggal dan Artinya, Perlu Diketahui

Penting bagi umat muslim untuk mendoakan orang yang meninggal.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Buat Orang Sakit Agar Lekas Sembuh Menurut Syariat Islam Beserta Artinya
Bacaan Doa Buat Orang Sakit Agar Lekas Sembuh Menurut Syariat Islam Beserta Artinya

Simak bacaan doa buat orang sakit berikut menurut syariat Islam untuk memohon kesembuhan beserta artinya.

Baca Selengkapnya
Doa Bangun Tidur dan Artinya dalam Islam, Hafalkan Bacaannya
Doa Bangun Tidur dan Artinya dalam Islam, Hafalkan Bacaannya

Doa bangun tidur dan artinya ini sebaiknya diamalkan umat muslim.

Baca Selengkapnya
Doa Ketika Mendapat Rezeki dari Orang Lain, Perlu Diamalkan Umat Muslim
Doa Ketika Mendapat Rezeki dari Orang Lain, Perlu Diamalkan Umat Muslim

Dengan membaca doa, seseorang menegaskan keyakinannya bahwa semua kebaikan dan rezeki yang diterima adalah berkat dari Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Doa Menghilangkan Kesedihan, Dijamin Ampuh saat Benar-Benar Ikhlas Memanjatkannya
Doa Menghilangkan Kesedihan, Dijamin Ampuh saat Benar-Benar Ikhlas Memanjatkannya

Dengan memanjatkan doa satu ini, juga menjadi salah satu bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Selengkapnya