Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Jenis Tanaman Rumah Ini Bagus untuk Sirkulasi Udara dalam Rumah

5 Jenis Tanaman Rumah Ini Bagus untuk Sirkulasi Udara dalam Rumah Ilustrasi tanaman palem. ©2015 www.alittlesomethingwonderful.com

Merdeka.com - Sirkulasi udara merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat membangun hingga mendekorasi rumah. Jika tidak memperhatikan hal ini, peredaran udara di dalam rumah tidak akan berganti dengan baik. Akibatnya udara yang dihirup pun bukan udara yang bersih dan sehat bagi tubuh.

Sirkulasi udara di dalam rumah khususnya di dalam ruangan, bisa dibantu dengan meletakkan pohon atau jenis tanaman hias tertentu. Selain sebagai dekorasi, dengan meletakkan tanaman hias di dalam ruangan peredaran udara akan terus terbarui dengan oksigen yang dihasilkan oleh tanaman tersebut.

Bahkan terdapat beberapa tanaman yang berfungsi sebagai pembersih udara, yaitu dengan menyerap udara kotor yang ada di dalam ruangan dan menggantinya oksigen baru yang sehat. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut jenis tanaman hias yang baik untuk sirkulasi udara di dalam rumah.

Aloe Vera (Lidah Buaya)

lidah buaya

2019 Merdeka.com/Pixabay

Aloe Vera atau lebih dikenal dengan sebutan Lidah Buaya, jenis tanaman yang sangat populer di Indonesia. Tanaman ini termasuk tanaman yang cocok dan mudah tumbuh di daerah iklim tropis, seperti Indonesia. Banyak dijadikan sebagai bahan utama produk kecantikan maupun kesehatan, ternyata tanaman berdaging tebal dan berduri ini mempunyai kegunaan sebagai tanaman pembersih udara.

Jenis tanaman ini mampu menyerap zat bahaya seperti formalin dan benzene yang biasa terdapat pada cat dinding atau produk pembersih. Tidak memerlukan perawatan yang rumit, cukup satu atau dua minggu sekali disiram dan diletakkan ke luar ruangan maka lidah buaya ini bisa kembali segar.

Selain berguna sebagai pembersih ruangan, daun dari tanaman ini banyak mengandung vitamin, asam amino, antibakteri dan antinflamasi yang dapat digunakan sebagai obat alami jika terkena luka bakar atau yang lainnya. Dengan banyaknya manfaat yang terdapat dalam lidah buaya, tanaman ini cocok menjadi pilihan tanaman untuk dekorasi rumah alami yang menyehatkan.

Sneak Plant (Lidah Mertua)

Tidak kalah dari lidah buaya, tanaman lidah mertua juga merupakan tanaman hias yang popular di Indonesia. Di negara barat, tanaman yang kaku dan runcing ini lebih disebut dengan sneak plant karena bentuknya yang bercorak menyerupai ular.

lidah mertua

2019 Merdeka.com/Pixabay

Jenis tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman hias yang mempu membersihkan udara dari berbagai zat polutan. Seperti zat karbonmonisida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene dan dioksin. Bahkan dari 5 sampai 6 lembar daun ini mampu membersihkan udara di ruangan sampai dengan 100 m3.

Tanaman ini terdapat berbagai jenis ukuran. Mulai ukuran kecil yang mungil, hingga ukuran panjang dan besar. Tanaman ini cocok ditanam di dalam pot kecil diletakkan di dekat jendela, maupun dalam pot besar dan diletakkan di sudut ruangan sebagai dekorasi.

Reed Palm/Bamboo Palm

5 jenis tanaman rumah ini bagus untuk sirkulasi udara dalam rumah

2020 Merdeka.com

Reed palm atau Bamboo palm di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Palem. Tanaman ini juga merupakan tanaman hias yang banyak dipilih untuk dijadikan dekorasi ruangan. Tanaman ini berasa dari daerah Meksiko dan Amerika Tengah. Sama-sama memiliki iklim tropis, tanaman pale mini cocok tumbuh di Indonesia.

Jenis tanaman palem ini juga dikenal sebagai tanaman dengan kemampuannya yang dapat membersihkan udara. Tanaman palem mampu menyerap zat-zat kimia yang mencemari udara seperti formalin, benzene dan trichloroethylene.

Tanaman ini baik diletakkan di dekat dinding maupun kayu karena dapat menyerap zat-zat berbahaya yang terdapat pada cat dinding maupun kayu. Bagi anda yang ingin meletakkan tanaman hias dengan kesan yang lebih rimbun, tanaman palem ini bisa menjadi pilihan.

Boston Ferns (Pakis)

Boston fern atau juga disebut dengan tanaman pakis termasuk satu di antara tanaman yang mampu membersihkan udara dalam ruangan dengan baik. Bahkan Badan Antariksa Amerika Serikat (Nasa) mengatakan bahwa tanaman ini termasuk 10 besar sebagai tanaman pembersih udara dalam ruangan terbaik.

Di Indonesia sendiri, tanaman pakis ini termasuk jenis tanaman yang tidak mahal dan mudah ditemui. Selain bisa digunakan sebagai tanaman dekorasi sekaligus pembersih udara, tanaman ini ternyata mempunyai kemampuan lain yang tak kalah mengesankan.

Ternyata tanaman yang memiliki daun sejajar ini terbukti mampu melembabkan udara di sekitar ruangan. Ini menjadi satu hal positif bagi anda yang memiliki kulit kering dan masalah kulit lain akibat cuaca dingin.

Sirih Gading

001 nfi

Istimewa

Sirih gading, atau tanaman yang bernama latin Epipremnum aureum ini juga termasuk dalam tanaman yang memiliki keunggulan sebagai pembersih udara dalam ruangan dengan baik. Jenis tanaman ini cukup mudah didapatkan di Indonesia.

Biasanya, tanaman ini dijual dalam bentuk pot gantung karena batang daunnya yang selalu tumbuh menjuntai. Tanaman ini pun bisa didapatkan dengan harga yang murah.

Tanaman sirih gading ini bisa menjadi pilihan anda jika tertarik menanam tanaman hias yang dapat membersihkan udara ruangan. Karena tanaman ini mampu menyerap zat kimia formaldehida atau biasa dikenal dengan sebutan formalin. Tanaman sirih gading ini lebih cantik jika ditempatkan menggantung sehingga dapat mempercantik ruangan.

(mdk/ayi)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Jenis Tanaman Peneduh Rumah, Bikin Suasana Sejuk dan Nyaman
5 Jenis Tanaman Peneduh Rumah, Bikin Suasana Sejuk dan Nyaman

Tanaman peneduh rumah adalah pohon yang ditanam di sekitar rumah untuk membuat teduh dan memberikan kenyamanan.

Baca Selengkapnya
10 Tanaman Hias Pembersih Udara dalam Rumah, Buat Ruangan Makin Sejuk dan Sehat
10 Tanaman Hias Pembersih Udara dalam Rumah, Buat Ruangan Makin Sejuk dan Sehat

Tanaman hias ini bukan hanya sekadar dekorasi indah yang menambah keindahan interior rumah, tapi juga menawarkan kesehatan untuk pernapasan.

Baca Selengkapnya
8 Jenis Sirih Gading untuk Percantik Rumah, Mudah Ditanam
8 Jenis Sirih Gading untuk Percantik Rumah, Mudah Ditanam

Tanaman hias yang satu ini dapat menambah keindahan tampilan rumah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jenis Ular yang Sering Masuk Rumah, Awas Ada yang Berbisa Tinggi!
Jenis Ular yang Sering Masuk Rumah, Awas Ada yang Berbisa Tinggi!

Ketahui jenis ular yang sering masuk rumah berikut ini, ternyata ada yang berbisa tinggi.

Baca Selengkapnya
Tanaman Ini Ternyata Bisa Jadikan Hidangan Lebih Harum, Apa Saja?
Tanaman Ini Ternyata Bisa Jadikan Hidangan Lebih Harum, Apa Saja?

Bumbu dapur yang berbahan dasar tanaman pun memiliki peran yang tak terbantahkan.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Air Sumur yang Keruh, Bau dan Berminyak
Cara Mengatasi Air Sumur yang Keruh, Bau dan Berminyak

Sumur air memberikan keberlanjutan pasokan air, terutama saat terjadi gangguan pasokan air dari pihak ketiga.

Baca Selengkapnya
Sepuluh Tips Puasa untuk Menghindari Haus selama Bulan Ramadan
Sepuluh Tips Puasa untuk Menghindari Haus selama Bulan Ramadan

Sejumlah cara bisa kita lakukan untuk menghindari munculnya rasa haus di siang hari selama bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya
Penyebab Banjir Parah di Kudus, Ribuan Rumah Terendam & 6 Meninggal Dunia
Penyebab Banjir Parah di Kudus, Ribuan Rumah Terendam & 6 Meninggal Dunia

Banjir di Kudus karena hujan lebat yang mengguyur sejak Sabtu (10/3) lalu.

Baca Selengkapnya
8 Cara Menjaga Kelembapan Ruangan, Pastikan Udara Tetap Bersih
8 Cara Menjaga Kelembapan Ruangan, Pastikan Udara Tetap Bersih

Ruangan dengan kelembapan yang terjaga berperan penting bagi kesehatan Anda.

Baca Selengkapnya