5 Gerakan Yoga Sederhana Setelah Bangun Tidur, Bikin Badan Jadi Lebih Segar

Selasa, 11 Februari 2020 10:06 Reporter : Ayu Isti Prabandari
5 Gerakan Yoga Sederhana Setelah Bangun Tidur, Bikin Badan Jadi Lebih Segar Gerakan yoga/boldsky.com

Merdeka.com - Merdeka.com – Tidur selama 7-8 jam sehari merupakan waktu yang ideal untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian. Dengan tidur yang cukup, energi tubuh bisa kembali terkumpul untuk menghadapi aktivitas di keesokan harinya. Dan, gerakan yoga sederhana dapat membuat badan jadi lebih segar.

Biasanya, setelah tidur dengan waktu yang cukup panjang badan akan terasa kaku dan tegang saat terbangun. Pada kondisi badan masih kaku saat bangun tidur, tidak dianjurkan untuk segera bangun dan langsung mengerjakan aktivitas. Apalagi tanpa melakukan peregangan terlebih dahulu.

Peregangan atau stretching perlu dilakukan untuk melemaskan otot-otot dan persendian. Gerakan perenggangan akan membuat tubuh lebih segar dan siap untuk melakukan aktivitas. Selain itu, dengan melakukan peregangan juga dapat membantu mengembalikan kesadaran otak lebih cepat.

Berikut kami merangkum beberapa gerakan yoga sederhana yang dapat dilakukan di atas tempat tidur setelah bangun pagi:

1 dari 5 halaman

Shoulder Stretch Forward Bend

Gerakan shoulder stretch forward bend dilakukan dengan menggunakan guling sebagai alas. Caranya letakkan guling di atas kasur, lalu duduk dengan menyatukan kedua telapak kaki di tengah dan rebahkan punggung di atas guling. Kemudian rentangkan kedua tangan selebar-lebarnya.

hari yoga internasional

Â2019 REUTERS/Monika Deupala

Dilansir dari laman Yoga with Adriene, gerakan yoga sederhana ini dapat membuka rongga dada dan menghilangkan rasa kaku setelah tidur semalam. Selain itu, gerakan ini juga dapat meregangkan otot-otot pada paha bagian dalam.

2 dari 5 halaman

Child Pose

Child pose atau juga disebut dengan Extended Child Pose dilakukan dengan cara duduk bersimpuh dengan kedua paha dirapatkan. Kemudian angkat tangan ke atas lalu ayunkan ke bawah hingga menyentuh kasur. Selanjutnya panjangkan tangan ke depan sebisa mungkin.
gerakan yoga sederhana

2020 Merdeka.com/Yoga with Adriene

Ketika dipraktikkan, akan terasa peregangan pada tulang punggung, leher hingga tangan. Dengan posisi kepala menempel di bawah, gerakan ini dipercaya dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks serta dapat memperdalam kapasitas napas.

3 dari 5 halaman

Cobra Pose

Dinamakan Cobra Pose karena gerakan ini seperti menirukan gerakan yoga ular cobra. Cobra Pose dilakukan dengan tidur tengkurap, di mana kedua kaki lurus ke belakang. Kemudian kedua tangan diletakkan ke depan dada, lalu perlahan badan diangkat dengan tangan hingga tangan tegak lurus.
untuk turunkan berat badan

boldsky.com

Gerakan ini dapat meregangkan tulang pinggul dan otot-otot tangan. Tidak hanya itu, cobra pose juga dapat mengencangkan tubuh bagian atas. Gerakan yoga ini juga dipercaya dapat meredakan rasa stress karena merupakan salah satu gerakan yang baik untuk mengatur pernapasan.

4 dari 5 halaman

Cat and Cow Pose

Sama halnya Cobra Pose, gerakan yoga sederhana ini juga merupakan gerakan yang seperti menirukan gaya hewan sebagaimana namanya. Langkah pertama gerakan ini, rapatkan kedua kaki dengan posisi berlutut. Kemudian arahkan kedua tangan ke depan sejajar dengan bahu. Lalu gerakkan perut sedikit ke bawah, pinggul diangkat sedikit ke atas dan kepada diangkat lurus ke depan.
untuk seksualitas

indiatimes.com

Gerakan ini dilakukan dengan menarik napas dengan perlahan. Manfaat dari gerakan ini dapat meregangkan tulang punggung dan pinggul serta otot-otot tangan.

Selanjutnya, Cat Pose dilakukan dari arah sebaliknya yaitu dengan mengangkat perut dan punggung ke atas dan menundukkan kepala ke bawah. Gerakan ini dapat membantu peregangan pada bagian perut dan punggung serta otot-otot leher yang tegang setelah tidur semalam.

5 dari 5 halaman

Seated Forward Bend

Gerakan yoga selanjutnya yang disarankan Adriene, dilakukan dengan duduk dan meluruskan kaki ke depan. Kemudian angkat tangan ke atas, tarik napas lalu pegang jari-jari kaki hingga dada menyentuh paha dan tahan beberapa detik. Pada saat tangan memegang jari-jari kaki bisa istirahat beberapa detik lalu dilanjutkan kembali memegang jari kaki.
gerakan yoga sederhana

2020 Merdeka.com/Yoga with Adriene

Gerakan ini dapat meregangkan tulang punggung, otot tangan serta otot paha dan kaki. Walaupun cukup sederhana, bagi pemula akan sedikit merasa kesulitan melakukan pose ini dengan sempurna. Tetapi jika dilakukan secara rutin, tubuh akan menjadi lentur dan dapat melakukannya dengan baik.

[snw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini