40 Kata-kata Selamat HUT RI, Penuh Semangat dan Perjuangan

Minggu, 7 Agustus 2022 16:00 Reporter : Jevi Nugraha
40 Kata-kata Selamat HUT RI, Penuh Semangat dan Perjuangan Pidato Bung Karno. ©2012 Merdeka.com/dok

Merdeka.com - Kata-kata ucapan selamat HUT RI bisa kamu berikan kepada orang-orang terdekat atau dijadikan caption menarik di media sosial. Setiap 17 Agustus, masyarakat Indonesia selalu memperingati kemerdekaan dengan upacara bendera. Hal ini dilakukan untuk menghormati, menghargai, dan mengenang jasa para pahlawan yang berhasil merebut kemerdekaan.

Di era sekarang, media sosial memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat. Maka dari itu, Anda bisa membagikan kata-kata ucapan selamat HUT RI kepada teman, kerabat, dan siapa saja di akun media sosial.

Kata-kata ucapan selamat HUT RI juga menjadi salah satu cara mengingat dan mengenang jasa para pahlawan. Berikut ucapan selamat HUT RI yang merdeka.com lansir dari Liputan6.com dan sumber lainnya:

2 dari 4 halaman

Kata-kata Ucapan Selamat HUT RI yang Penuh Semangat

bendera indonesia

fimela.com


1. Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. Dirgahayu Republik Indonesia.

2. Berkaca dari kemenangan ganda putri bulu tangkis Indonesia di Olimpiade, mari kita rekatkan kembali semangat kebhinekaan! Dirgahayu Indonesiaku!

3. Semoga NKRI kita tetap bersatu dan lebih maju. Kerja kita semua prestasi bangsa! Dirgahayu Indonesiaku!

4. Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga. -Jenderal Soedirman

5. Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu. -R. A. Kartini

6. Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator. -H.O.S Tjokroaminoto

7. Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya. -R. A Kartini

8. Selamat hari jadi ke-77 untuk Indonesia tercinta! Semoga menjadi semakin baik dari hari ke hari!

9. Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai ingin terpecah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu dan buat bangsa ini bangga. Selamat hari kemerdekaan.

10. Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut, dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan.

11. Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut. Dirgahayu Indonesiaku.

12. Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI.

13. Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita. Selamat hari kemerdekaan Indonesia.

14. Beberapa medali yang sudah diraih pada Olimpiade Tokyo menjadi tanda kebangkitan kita sebagai Macan Asia. Ayo manfaatkan momentum kemerdekaan ke-77, dan teruskan semangat perjuangan!

15. Satu per satu rakyat bangkit dan terus berjuang melawan keadaan sulit pandemi. Momentum Hari Kemerdekaan ini semoga bisa jadi penanda berakhirnya periode pandemi di Indonesia! Dirgahayu Indonesia ke-77!

3 dari 4 halaman

Kata-kata Ucapan Selamat HUT RI yang Penuh Makna

16. Darahmu tumpah di Tanah Pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia.

17. Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar, walau panasnya peluru menembus tubuh.

18. Jadikan perbedaan sebagai sebuah keunikan dalam berbangsa dan bernegara agar terlihat indah dengan banyaknya warna, dan janganlah menjadikan sebuah perbedaan sebagai kesombongan akan rasa paling benar dalam berpikir dan bertindak karena perbedaanlah yang mengakibatkan perpecahan yang membuat bangsa dan negara melemah. Merdeka!

19. Darahmu tumpah di tanah pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat hari Kemerdekaan bangsa Indonesia.

20. Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar, walau panasnya peluru menembus tubuh.

21. Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa.

22. Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun, jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!

23. Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu lebih susah karena melawan bangsamu sendiri. Dirgahayu Republik Indonesia!

24. Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan.

25. Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!

26. Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa

27. Biarlah pengalaman masa lalu kita menjadi tonggak petunjuk, dan bukan tonggak yang membelenggu kita.–Bung Hatta

28. Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang.- Cut Nyak Dhien

29. Berapapun cepatnya kebohongan itu, namun kebenaran akan mengejarnya juga. -Tan Malaka

30. Ingatlah! Bahwa dari dalam kubur, suara saya akan lebih keras daripada dari atas bumi.-Tan Malaka

4 dari 4 halaman

Kata-kata Ucapan Selamat HUT RI yang Penuh Perjuangan

bung tomo

©2021 Merdeka.com/jawatimuran.disperpusip.jatimprov.go.id

31. 17 Agustus bukan sekadar balap karung atau lomba makan saja. Lebih dari itu, 17 Agustus adalah mengenang jasa pahlawan dan memupuk persatuan bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia.

32. Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan. – Wiji Thukul

33. Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Merdeka.

34. Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar, walau panasnya peluru menembus tubuh.

35. Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Semangat 45, Dirgahayu Indonesiaku.

36. Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut, dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan.

37. . Perjuangan kita belum selesai selama masih banyak masyarakat yang tidak sejahtera. Mari lanjutkan perjuangan para pahlawan. Merdeka!

38. Indonesia akan terlihat indah jika kita tetap bersama untuk saling menolong. Perbedaan bukanlah halangan, melainkan jembatan untuk bersatu!

39. Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa.

40. Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!"

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini