Yuk Mampir ke Sarinah, Lihat Pameran Arsip Kepresidenan Era Soekarno

Sabtu, 13 Agustus 2022 14:01 Reporter : Merdeka
Yuk Mampir ke Sarinah, Lihat Pameran Arsip Kepresidenan Era Soekarno Pameran Arsip Kepresidenan Era Soekarno. ©Liputan6.com

Merdeka.com - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Praktino bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi membuka pameran arsip dan mobil kepresidenan RI hari ini, Sabtu (13/8/2022) di Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat.

Arsip kepresidenan era Soekarno ini dipajang di dalam gedung Sarinah lantai dasar. Arsip yang dipamerkan berbentuk dokumen, foto, video dokumenter, dan memorabilia kegiatan Presiden Soekarno.

Beberapa contoh arsip yang dipamerkan adalah foto presiden Soekarno pada awal 1950-an dalam suatu ruang, mengajar rakyat dalam program pemberantasan buta huruf yang dicanangkan sejak 1948.

Lalu, ada juga arsip mengenai amanat Presiden Soekarno pada upacara proklamasi Bebas Buta Huruf seluruh Indonesia, pada tanggal 31 Desember 1964 di Istora Bung Karno, Senayan.

Selain itu, ada pula vitrin arsip dan koleksi dokumen teks pidato Soekarno di depan Sidang PBB tentang To Build The World a New, September 1960 dan pidato Presiden Soekarno pada proklamasi bebas buta huruf Jawa Tengah di Semarang pada tanggal 6 Agus-tus 1962.

2 dari 2 halaman

Tak hanya itu, sebanyak tujuh mobil kepresidenan era Soekarno hingga Joko Widodo turut dipamerkan di bagian luar Sarinah.

7 mobil kepresidenan dipamerkan di sarinah
©Liputan6.com/Winda Nelfira

Adapun spesifikasi mobil yang dipamerkan antara lain Buick Tahun 1939, Mercedes Benz S600 Guard Tahun 2008, Mercedes Benz-Class E140 Tahun 1998, Mercedes Benz S280 Tahun 1980, Mercedes Benz S-Class W126, dan dua unit sedan Cadillac Fleetwood Brougham Tahun 1980.

Pameran arsip dan mobil kepresidenan ini menjadi rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77

Reporter: Winda Nelfira [ray]

Baca juga:
Melihat Pameran 7 Mobil Kepresidenan di Sarinah, dari Era Soekarno sampai Jokowi
Meriahkan HUT ke-77 RI, Mobil Kepresidenan akan Dipamerkan di Sarinah 15 Agustus
Antusiasme Warga Menyaksikan Tari Tradisional di Anjungan Sarinah
Erick Thohir Soal Ide CFW Pindah ke Sarinah: Saya Terbuka Saja
Lokasi Citayam Fashion Week Bakal Dipindah ke Sarinah atau Plaza Selatan Monas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini