Wagub Djarot minta pemudik tidak bawa keluarga ke Jakarta

Rabu, 6 Juli 2016 11:01 Reporter : Juven Martua Sitompul
Wagub Djarot minta pemudik tidak bawa keluarga ke Jakarta Djarot Syaiful Hidayat. ©2014 merdeka.com/fikri faqih

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat mempersilakan warga yang pulang ke kampung halaman kembali ke Jakarta. Namun, dia berharap warga tidak membawa keluarganya untuk tinggal di Jakarta.

"Jakarta kota terbuka, tapi terbukanya yang terkendali. Semua warga kita berharap janganlah membawa anggota keluarga baru apalagi istri baru," kata Djarot usai menjalankan salat id di Balai Kota, Jakarta, Rabu (6/7).

Bukan tanpa alasan, hampir 75 persen warga yang merantau ke Jakarta tidak lulus SMA. Rata-rata, kata dia, mereka kerja serabutan dan kesulitan mendapat tempat tinggal.

"PKL semakin banyak, kalau jadi beban keluarganya pasti, ya. Dan jangan sampai mereka ini menempati tanah-tanah negara, bantaran sungai. Ini terkait dengan fasilitas yang diberikan oleh negara," ujar dia.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Djarot mengaku sudah menginstruksikan RT/RW ataupun kelurahan untuk mendata warga yang baru datang ke Jakarta. "Karena banyak mereka yang datang ke Jakarta itu tidak terdata," jelasnya.

Dia kembali mengingatkan kepada warga yang pulang ke kampung halaman untuk tidak membawa anggota keluarga ke Jakarta. Apa lagi mereka yang dibawa tidak memiliki keterampilan.

"Saya tekankan lagi, saya mengimbau kepada saudara kita tadi ketika datang ke Jakarta tidak perlu membawa anggota keluarga yang baru, apalagi tidak memiliki keterampilan," ujar Djarot. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Mudik Lebaran 2016
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini