Jokowi turun tangan selesaikan konflik sampah Ahok vs DPRD Bekasi

Senin, 9 November 2015 16:08 Reporter : Marselinus Gual
Jokowi turun tangan selesaikan konflik sampah Ahok vs DPRD Bekasi Truk sampah DKI Jakarta terlantar. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Konflik sampah antara Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok dengan DPRD Bekasi membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut turun tangan. Dibatasi akses truk sampah DKI Jakarta menuju ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantargebang akhirnya dibuka 24 jam.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji, membenarkan ada peran Jokowi di tengah kisruh sampah Ahok dan DPRD Bekasi. Kini truk sampah DKI melenggang bebas menuju maupun di TPA Bantargebang.

"Yang saya tahu ini ada arahan Pak Presiden (Jokowi) buat selesaikan permasalahan. Mungkin lisan, sampaikan ke Kapolda agar membantu sampah Jakarta," ujar Isnawa di Balai Kota, Jakarta, Senin (9/11).

Pihaknya merasa senang permasalahan sampah bisa diselesaikan meski ada campur tangan Jokowi. Sebab, tertundanya truk sampah DKI membuat gangguan besar di ibu kota.

Menurut dia, dengan dibukanya jalur Bekasi selama 24 jam, penanganan sampah akan semakin dipermudahkan.

"Bagus lah dibuka, maka akan memudahkan pengamatan sampah di Jakarta. Ada gangguan saja, sampai kayak apa di Jakarta," ujarnya.

Masalah sampah memang membuat Ahok geram dan meminta bantuan negara selesaikan. Kedekatan dirinya dengan pimpinan negara menjadikan DKI Jakarta seolah prioritas utama.

"Saya sampaikan saja siapapun yang memainkan DKI saya orang yang sangat tahan hadapi kalian," tegas Ahok, Kamis (5/11) lalu.

Tuntutan Ahok terkait masalah sampah satu persatu dikabulkan. Pertama, soal penahanan truk sampah DKI di Cileungsi, Bogor, berakhir mulus meski ada kawalan kepolisian.

Selanjutnya, konflik dengan DPRD Bekasi juga membuatnya bisa bernapas lega. Ini setelah Jokowi akhirnya turun tangan. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini