Di zaman Ali Sadikin, butuh USD 800 juta untuk atasi banjir

Kamis, 16 Januari 2014 09:30 Reporter : Mustiana Lestari
Di zaman Ali Sadikin, butuh USD 800 juta untuk atasi banjir Normalisasi Kali Sunter. ©2013 Merdeka.com/M. Luthfi Rahman

Merdeka.com - Masalah banjir menjadi 'kutukan' bagi setiap orang yang menempati kursi gubernur Jakarta. Bagaimana tidak, sejak zaman Belanda sampai gubernur sekelas Ali Sadikin berturut-turut hingga ke Foke dan Jokowi, masalah banjir belum mau surut dari ibukota.

Beragam cara dilakukan para gubernur Jakarta. Tetapi kebanyakan cara yang mereka lakukan sama. Sebut saja saat Ali Sadikin mengatasi banjir di tahun 1972 hampir sama dengan yang dilakukan Jokowi, yaitu mengeruk kali, membuat instalasi pompa, pembuatan waduk dan normalisasi lahan dan sungai.

Ali yang dikenal sebagai gubernur andal mengakui cara ini hanya efektif sementara dan tak berlaku lama.

"Program-program ini lebih banyak menyelesaikan masalah banjir setempat. Sama sekali tidak dapat menyelesaikan masalahnya secara keseluruhan,"kata Ali Sadikin yang dikutip dari buku 'Bang Ali' karya Ramadhan KH.

Ali yang visioner berpendapat banjir hanya bisa diatasi dengan perombakan drainase besar-besaran. Tetapi sayang untuk membuat ini biaya yang dibutuhkan bukan kepalang besarnya.

"Untuk mengatasi bahaya itu dengan tuntas, biayanya mahal, terlalu mahal. Biaya yang diperlukan waktu itu, 800 juta dolar kalau mau rampung mengatasinya," pesan Ali kala itu.

Tetapi apa yang terjadi pemerintah pusat hanya menggelontorkan dana Rp 4,2 miliar dari Rp 500 miliar dana yang diajukan untuk proyek penanggulangan banjir tahun 1975/1976. Setahun kemudian pemerintah mulai menyempurnakan banjir kanal, waduk di Cakung, kali Cideng.

Bahkan 3.000 orang digusur untuk normalisasi lahan di sepanjang 2,4 km kanal. Tetapi hasilnya tidak optimal, Jakarta tetap ditenggelamkan banjir karena banyak warga Jakarta yang bandel tetap bermukim di daerah resapan air. Akibatnya 2 juta orang direndam banjir di era pemerintahan Ali Sadikin pada tahun 1972.

Baca juga:

Ini 5 banjir besar yang pernah melumpuhkan Jakarta

Bang Ali pun kalah dengan banjir

Tiap tahun rugi triliunan rupiah sebab Jakarta dikepung banjir

Hikayat banjir Jakarta dari era Jenderal Coen sampai Jokowi

Banjir juga pusingkan Raja Purnawarman dan Belanda [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Banjir Jakarta
  2. Ali Sadikin
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini