Peristiwa 12 Agustus 1990: Sejarah Penemuan Fosil T-Rex di Dakota Selatan

Jumat, 12 Agustus 2022 06:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
Peristiwa 12 Agustus 1990: Sejarah Penemuan Fosil T-Rex di Dakota Selatan Fosil Trex. ©2022 Merdeka.com/freepik

Merdeka.com - Sebelum terbentuk seperti saat ini, Bumi banyak mengalami perubahan. Mulai dari zaman saat pembentukan Bumi terjadi hingga zaman munculnya kehidupan manusia. Salah satu teori yang terkenal mengenai terbentuknya alam semesta adalah teori Big Bang.

Menurut teori ini, pembentukan alam semesta berasal dari suatu ledakan 13,7 miliar tahun yang lalu dari suatu benda yang sangat padat dan sangat panas sebagai akibat dari adanya reaksi inti. Di mana material yang terhempas dengan cepat menjauhi pusat dari ledakan, kemudian material tersebut berevolusi menjadi berbagai bintang yang masing-masing berkelompok dalam berbagai galaksi.

Di dalam proses pembentukan bumi berkaitan erat dengan proses pembentukan alam semesta dan pembentukan tata surya. Bumi pun memiliki sejarah yang panjang dari masa ke masa, mulai dari masa Azoikum, Palezoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum.

Salah satu hewan purba yang hidup pada masa Mesozoikum adalah Tyrannosaurus rex atau lebih sering disebut T-Rex. Tepat pada hari ini, 32 tahun lalu telah ditemukan fosil T-Rex di Dakota Selatan, Amerika Serikat.

Berikut informasi lengkapnya telah dirangkum merdeka.com melalui elibrary.unikom.ac.id dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 3 halaman

Mengenal Dinosaurus sebagai Hewan Purba


Dinosaurus merupakan salah satu hewan purba yang keberadaannya menyita perhatian banyak orang di seluruh dunia. Tak heran bila kemudian dinosaurus sangat populer diangkat dalam berbagai genre film. Dinosaurus juga jadi karakter mainan yang paling banyak dihafal anak-anak.

Dahulu populasi dinosaurus bisa dibilang mendominasi Bumi. Namun kini kamu hanya dapat menemukan dinosaurus dalam bentuk kerangka atau fosil yang dapat kamu jumpai di museum-museum di seluruh dunia. Di Indonesia salah satu museum yang memperlihatkan kerangka dinosaurus adalah Museum Geologi Bandung.

Walaupun dinosaurus lebih dikenal sebagai reptil atau hewan sejenis kadal, mereka dapat dibagi ke dalam kategori yang lebih sempit lagi seperti karnivora (pemakan daging), herbivora (pemakan tumbuhan), dan omnivora (pemakan daging dan tumbuhan). Selain dari makanan mereka, dinosaurus juga memiliki bentuk yang berbeda-beda, seperti memiliki tulang keras di kepala, memiliki leher panjang, berduri di berbagai bagian tubuh, dan sebagainya. Karena adanya perbedaan fisik di antara mereka, maka dinosaurus juga dibagi ke dalam ordo dan famili yang berbeda-beda. Hal ini lah yang membuat orang banyak penasaran mengenai dinosaurus.

3 dari 3 halaman

Sejarah Penemuan Fosil T-Rex


Salah satu dinosaurus yang keberadaannya cukup terkenal adalah Tyranosaurus rex atau T-Rex yang hidup pada zaman Mesozoikum. Hewan ini fosilnya ditemukan oleh seorang arkeolog Amerika bernama Susan Hendrikson pada 12 Agustus 1990.

Fosil tersebut ditemukan Susan di tebing dekat Faith, Dakota Selatan. Ia menemukan tiga tulang besar. Setelah diobservasi ketiga tulang tersebut ternyata merupakan bagian dari kerangka T-Rex terbesar yang pernah ditemukan.

Fosil yang ditemukan Susan memiliki panjang 12,8 meter atau 42 kaki, dengan berat kurang lebih 2.000 pon dan 58 gigi. Diketahui jenis dinosaurus ini hidup sekitar 65 juta tahun yang lalu.

Kepemilikan kerangka fosil T-Rex sempat menjadi rebutan, meskipun pada akhirnya kerangka tersebut pada Oktober 2017 berhasil di miliki oleh Chicago's Field Museum of Natural History dengan harga 8.362.500 dollar AS. Proses kepemilikan tersebut mendapat dukungan dari McDonald's Corporation, Walt Disney World Resorts, dan sistem California State University.

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ragam
  3. Jabar
  4. Sejarah Hari Ini
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini