Penyebab Septikemia pada Tubuh, Ini Gejala dan Cara Mencegahnya

Kamis, 14 Oktober 2021 14:14 Reporter : Andre Kurniawan
Penyebab Septikemia pada Tubuh, Ini Gejala dan Cara Mencegahnya Penyebab Septikemia. istockphoto.com

Merdeka.com - Septikemia adalah infeksi aliran darah serius, atau juga dikenal sebagai keracunan darah. Septikemia muncul ketika infeksi bakteri terjadi di tubuh, seperti paru-paru atau kulit, kemudian memasuki aliran darah. Kondisi ini bisa berbahaya karena bakteri dan racunnya dapat dibawa melalui aliran darah ke seluruh tubuh Anda.

Timbulnya septikemia ditandai dengan demam tinggi, menggigil, lemas, dan berkeringat berlebihan, diikuti dengan penurunan tekanan darah. Mikroorganisme penyebab septikemia yang khas biasanya adalah bakteri gram negatif, yang melepaskan produk toksik yang memicu respons imun dan meluasnya pembekuan darah (koagulasi) di dalam pembuluh darah, sehingga mengurangi aliran darah ke jaringan dan organ.

Septikemia merupakan kondisi yang dapat dengan cepat menjadi kondisi yang berbahaya, bahkan dapat mengancam jiwa. Penyakit ini harus dirawat di rumah sakit. Jika tidak diobati, septikemia dapat berkembang menjadi sepsis.

Ya, septikemia dan sepsis adalah dua hal yang berbeda. Sepsis adalah komplikasi serius dari septikemia. Sepsis menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Peradangan ini dapat menyebabkan pembekuan darah dan menghalangi oksigen mencapai organ vital, yang mengakibatkan kegagalan organ.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lebih lanjut terkait penyebab septikemia, gejala, dan cara mengobatinya, yang dikutip dari healthline.com.

Baca Selanjutnya: Penyebab Septikemia...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ragam
  3. Jabar
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini