Penyebab Gusi Bengkak dan Bernanah, Berikut Cara Mengatasinya

Kamis, 16 Juni 2022 16:16 Reporter : Novi Fuji Astuti
Penyebab Gusi Bengkak dan Bernanah, Berikut Cara Mengatasinya Ilustrasi gusi bengkak. ©2017 pinterest.com

Merdeka.com - Kebersihan gigi dan mulut merupakan keadaan yang menunjukkan bahwa di dalam mulut seseorang bebas dari kotoran seperti debris, plak dan calculus. Apabila kebersihan gigi dan mulut terabaikan akan terbentuk plak pada gigi geligi dan meluas ke seluruh permukaan gigi. Kondisi mulut yan basah, gelap dan lembap sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri yang membentuk plak.

Kebersihan mulut yang baik akan membuat gigi dan jaringan sekitarnya sehat. Pemeliharaan dan perawatan yang baik akan menjaga gigi dan jaringan penyangga dari berbagai masalah gigi dan mulut termasuk yang cukup sering dikeluhkan masyarakat yakni gusi bengkak hingga bernanah.

Pembengkakan yang terjadi pada anggota tubuh bisa jadi merupakan pertanda bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja salah satunya jika gusi mengalami bengkak. Gusi yang bengkak biasanya dimulai ketika gusi bertemu dengan gigi yang terlihat tampak merah bukan seperti normalnya warna gusi yakni merah muda.

Berikut lebih jauh informasi mengenai penyebab gusi bengkak dan bernanah, lengkap dengan cara mengatasinya telah dirangkum merdeka.com melalui healthine dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 3 halaman

Penyebab Gusi Bengkak dan Bernanah

Sebelum mengetahui cara mengatasi gusi bengkak dan bernanah, kamu perlu tahu mengenai penyebabnya terlebih dahulu agar dapat bertindak lebih cepat saat mengalami gejala gusi bengkak.

Adapun berikut ini merupakan penyebab gusi bengkak dan bernanah yaitu:

  1. Penyebab gusi bengkak dan bernanah yang pertama adalah karena adanya infeksi yang disebabkan oleh jamur dan juga virus. Apabila kamu menderita penyakit herpes, hal ini juga bisa menyebabkan kondisi yang kerap disebut gingivostomatitis herpes akut yang juga penyebab dari gusi bengkak dan bernanah tadi.
  2. Radang gusi juga merupakan salah satu penyebab gusi bengkak dan bernanah lainnya yang penting untuk diwaspadai. Banyak orang tak menyadari ketika mereka mengalami gingivitis atau radang gusi yang membuat gusi mengalami iritasi, bengkak hingga bernanah. Walaupun terlihat ringan, namun jika tidak segera diobati dapat menyebabkan masalah yang lebih serius untuk kesehatan gigi dan mulut.
  3. Selanjutnya, kekurangan vitamin terutama vitamin B dan C juga bisa jadi penyebab gusi bengkak dan bernanah. Sebab baik vitamin B maupun vitamin C memainkan peran penting dalam memelihara kesehatan gigi dan gusi kamu.
  4. Selain, kekurangan vitamin B dan C, gusi bengkak dan bernanah juga bisa disebabkan karena kehamilan. Mengingat saat hamil aliran hormon yang diproduksi tubuh mengalami peningkatan yang menyebabkan gusi lebih mudah terinfeksi hingga bengkak dan bernanah.
3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Bernanah

1. Daun Jambu Biji
Cara pertama kamu dapat memanfaatkan daun jambu biji untuk mengatasi gusi bengkak dan bernanah. Fakta menunjukkan bahwa daun jambu biji telah lama menjadi pengobatan efektif untuk menjaga kebersihan mulut. Daun jambu biji amat sangat populer dengan sifat antibakteri dan antimikroba yang bisa membersihkan mulut.

Obat kumur daun jambu biji juga memiliki efek positif pada pengendalian plak. Berkumur dengan daun jambu biji bisa mengurangi peradangan gusi, meringankan nyeri, dan menyegarkan napas. Daun jambu biji bisa direbus dengan air, lalu digunakan untuk berkumur dua kali sehari.

2. Kunyit
Cara selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan kunyit yang terkenal mengandung curcumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kunyit juga memiliki sifat antimikroba dan anti jamur. Kunyit dapat membantu menyembuhkan pendarahan dan memerahnya gusi.

Cara mengatasi gusi bengkak dan bernanah dengan kunyit sangat mudah. Kamu hanya perlu membuat pasta kunyit dengan 1 sendok teh bubuk kunyit, 1/2 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh air. Oleskan pada gusi yang bengkak, diamkan selama 10 menit. Bilas dengan cara berkumur menggunakan air bersih.

3. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh merupakan salah satu cara mengatasi gusi bengkak dan bernanah yang ampuh. Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri. Ini yang membuat belimbing wuluh efektif membasmi bakteri dalam mulut.

Cara mengobati gusi bengkak dengan belimbing wuluh cukup mudah. Pertama-tama tumbuk halus dua buah belimbing wuluh yang belum matang. Kemudian oles ke bagian gigi yang sakit.

4. Jahe
Cara mengatasi gusi bengkak dan bernanah lainnya bisa mengambil manfaat dari jahe. Pasalnya terkenal memiliki sifat antibakteri, antijamur, anti-inflamasi, dan antioksidan. Rasa hangat jahe meningkatkan sirkulasi darah di gusi dan merangsang aliran air liur. Senyawa aktif dalam jahe yang disebut gingerol juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri mulut.

Tanaman Herbal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan pada gusi. Hancurkan atau parut jahe hingga halus. Tambahkan garam hingga membentuk pasta kasar. Oleskan pada gusi yang bengkak, diamkan hingga 10 menit. Bilas dengan air bersih.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini