Pekerja Migran Indramayu Sakit Keras di Arab Saudi, Tak Bisa Pulang & Terancam Denda

Sabtu, 2 Juli 2022 11:26 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Pekerja Migran Indramayu Sakit Keras di Arab Saudi, Tak Bisa Pulang & Terancam Denda ilustrasi tki. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang pekerja migran Indonesia bernama Cucun Cuniati yang berasal dari Desa Tawangsari, Kabupaten Indramayu, meminta tolong untuk dipulangkan Pemerintah Indonesia. Pasalnya ia mengalami sakit keras di Arab Saudi. Sayangnya, Ia masih tertahan di sana lantaran terancam denda akibat kontrak kerja yang belum selesai.

Kepada wartawan, ayah Cucun bernama Warsono menjelaskan jika dirinya tak punya biaya untuk mengurus denda demi bisa bertemu putrinya yang kini tengah sakit itu.

"Anak saya saat ini sedang di Arab Saudi untuk kerja, tapi kondisinya sakit keras, mau pulang tidak punya uang membayar denda," kata Warsono melansir ANTARA.

2 dari 3 halaman

Denda Capai Rp80 Juta

Diungkapkan Warsono, sang putri berangkat ke Arab Saudi pada Desember tahun 2021 lalu. Tujuannya bekerja di luar negeri adalah untuk memperbaiki perekonomian keluarga.

Namun akibat menderita sakit keras, Cucun tak bisa kembali bekerja dan beraktivitas seperti sedia kala.

Kini Warsono hanya bisa berharap agar Pemerintah Indonesia bisa membantu lantaran jumlah denda yang harus dibayarkan sangat besar, yakni mencapai Rp80 juta jika dirinya pulang saat masih terikat kontrak.

"Uang sebanyak itu kami dapatkan dari mana. Kami minta bantuan kepada Pemerintah Indonesia, agar dapat memulangkan Cucun," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Menderita Kista Kronis

Cucun sendiri diketahui baru bekerja selama dua bulan di Arab Saudi sebelum dokter mendiagnosisnya menderita penyakit kista kronis. Cucun sendiri memohon kepada pemerintah untuk bisa membantunya agar bisa pulang kembali ke tanah air.

Ia menyampaikan, saat ini sedang berada di sebuah kantor yang merekrutnya ke Arab Saudi, di mana sudah sekitar tiga bulan lamanya berada di sana dan dengan kondisi sudah tidak bekerja.

"Saya di sini sudah tidak sanggup untuk bekerja lagi. Saya mohon pulangkan saya," kata Cucun dalam video yang ramai beredar.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini