OCD Adalah Kondisi Pikiran dan Obsesi yang Tak Terkendali, Berikut Penjelasannya

Kamis, 21 Januari 2021 10:30 Reporter : Andre Kurniawan
OCD Adalah Kondisi Pikiran dan Obsesi yang Tak Terkendali, Berikut Penjelasannya ilustrasi OCD. mha-em.org

Merdeka.com - Obssesive-Compulsive Disorder atau biasa disingkat dengan OCD adalah suatu kondisi kesehatan mental yang melibatkan pikiran yang mengganggu, obsesif, dan tindakan fisik atau mental yang berulang dan kompulsif.

OCD bukan kebiasaan seperti menggigit kuku atau memikirkan pikiran negatif. Pemikiran obsesif memandang bahwa angka atau warna tertentu itu "baik" atau "buruk". Sedangkan kebiasaan kompulsif bisa berupa keharusan mencuci tangan tujuh kali setelah menyentuh sesuatu yang mungkin kotor. Meskipun Anda mungkin tidak ingin melakukan hal-hal ini, Anda merasa tidak bisa untuk berhenti merasa tidak nyaman jika tidak melakukannya.

Penderita OCD mungkin mencoba untuk mengabaikan atau menghentikan kebiasaan mereka, tetapi hal itu hanya akan meningkatkan rasa cemas mereka. Pada akhirnya, mereka merasa terdorong melakukan tindakan kompulsif untuk meredakan stres mereka. Kondisi ini akan terus berlanjut, sehingga dapat mengarah pada perilaku yang lebih ritualistik.

Melansir dari medicalnewstoday.com, akan kami jelaskan mengenai gejala, penyebab, dan bagaimana cara mengobati kondisi OCD ini.

Baca Selanjutnya: Gejala OCD...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini