Manfaat Kayu Manis dan Efek Sampingnya yang Harus Diperhatikan

Kamis, 26 Maret 2020 07:07 Reporter : Andre Kurniawan
Manfaat Kayu Manis dan Efek Sampingnya yang Harus Diperhatikan Kayu manis. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Kayu manis adalah salah satu jenis rempah yang khasiatnya banyak digunakan. Kayu manis adalah rempah yang bisa kita dapatkan dari kulit pohon bagian dalam.

Kulit pohon yang dimaksud adalah kulit dari pohon yang secara ilmiah dikenal sebagai Cinnamomun. Rempah ini dipercaya sudah dipakai sejak zaman Mesir Kuno.

Dahulu, rempah kayu manis ini dinilai sangat berharga dibandingkan dengan saat ini. Sekarang kita bisa dengan mudah menjumpai kayu manis di jual dengan harga murah.

Terdapat dua jenis kayu manis, yaitu Ceylon dan Cassia. Kayu manis yang banyak beredar di pasaran adalah jenis kayu manis Cassia.

Aromanya yang harum sering digunakan sebagai pengharum ruangan oleh sebagian orang. Manfaat kayu manis lainnya yaitu sebagai bahan untuk perawatan kecantikan.

Lalu bagaimana dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan efek sampingnya? Dilansir dari healthline.com, berikut beberapa manfaat dan efek samping dari kayu manis.

1 dari 9 halaman

Meningkatkan Metabolisme

Manfaat kayu manis yang pertama adalah kayu manis memiliki peran bagi metabolisme kita.

Para ilmuwan percaya bahwa senyawa yang terdapat dalam kayu manis, yaitu senyawa cinnamaldehyde, memiliki manfaat besar bagi kesehatan dan metabolisme dalam tubuh.

2 dari 9 halaman

Antioksidan Kuat

Manfaat kayu manis berikutnya adalah antioksidannya yang kuat. Seperti yang kita tahu, antioksidan memiliki peran untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dan kayu manis, memiliki kandungan antioksidan yang kuat, seperti polifenol.
Dengan antioksidan yang kuat ini, kayu manis dapat membantu kita melindungi tubuh dari radikal bebas.

3 dari 9 halaman

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

ilustrasi jantung

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Manfaat selanjutnya yang bisa kita dapatkan dari kayu manis adalah kandungannya yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Bagi orang yang menderita diabetes tipe dua, mengonsumsi setengah sendok kayu manis per hari dapat memberikan efek positif.

Kayu manis juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kolesterol baik tetap stabil. Bahkan dalam studi terbaru, mengonsumsi kayu manis dengan dosis 120 mg per hari bisa berpengaruh pada meningkatnya kolesterol baik.

Dalam studi yang melakukan penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa kayu manis juga dapat membantu mengurangi tekanan darah. Dengan semua manfaat-manfaat tersebut, kayu manis bisa menjadi pilihan untuk mengurangi faktor-faktor yang menyebabkan penyakit jantung.

4 dari 9 halaman

Meningkatkan Hormon Insulin

Manfaat kayu manis yang berikutnya adalah untuk meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin. Insulin sendiri adalah hormone utama yang mengatur metabolism dan penggunaan energi.

Insulin juga berperan untuk mengangkut gula darah dari aliran darah menuju sel-sel dalam tubuh kita. Namun, ada sebagian orang yang mengalami resistensi insulin sehingga insulin tidak bisa bekerja dengan baik.

Di sini manfaat dari kayu manis bekerja. Kayu manis dapat secara dramatis mengurangi resistensi insulin dan membantu insulin untuk melakukan tugasnya.

5 dari 9 halaman

Menurunkan Gula Darah

ilustrasi penyakit diabetes

2012 Merdeka.com

Manfaat kayu manis yang selanjutnya adalah sebagai penurun gula darah. Kayu manis terbukti dapat mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke dalam aliran darah kita.

Kayu manis juga dapat bekerja pada sel dengan meniru insulin. Dengan begitu, kayu manis dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel dalam tubuh, meskipun kinerjanya tidak secepat insulin itu sendiri.

Dengan dosis 1-6 gram, atau sekitar setengah sampai dua sendok the kayu manis per hari, kayu manis memiliki efek anti diabetes yang akan membantu menurunkan kadar gula darah.

6 dari 9 halaman

Melawan Bakteri dan Jamur

Kayu manis memiliki senyawa yang disebut cinnamaldehyde. Senyawa memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang berguna untuk melawan berbagai jenis infeksi.

Minyak kayu manis sendiri terbukti efektif dalam mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur. Kayu manis juga terbukti untuk menghambat pertumbuhan bakteri tertentu.

Dibalik beberapa manfaat-manfaat tersebut, kayu manis juga menyimpan efek samping yang tidak bisa kita abaikan begitu saja.

7 dari 9 halaman

Kerusakan Hati

Kayu manis yang banyak beredar di pasaran saat ini adalah kayu manis jenis Cassia. Kayu manis jenis ini mengandung banyak senyawa kumarin.

Bila kita mengonsumsi senyawa ini dalam jumlah yang besar, dapat menyebabkan keracunan dan kerusakan pada hati.

8 dari 9 halaman

Risiko Kanker

008 siti rutmawati

www.telegraph.co.uk

Penelitian yang dilakukan pada hewan yang terlalu banyak mengonsumsi kumarin menunjukkan bahwa terdapat peningkatan risiko kanker.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa mengonsumsi terlalu banyak kumarin dapat menyebabkan kerusakan pada DNA yang pada akhirnya meningkatkan risiko kanker.

Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap manusia, apakah ada hubungan yang sama antara kumarin dengan kanker pada manusia.

9 dari 9 halaman

Masalah Pernafasan

Tekstur yang halus dari kayu manis sebagai rempah menyebabkan kayu manis mudah terhirup. Menghirupnya tanpa sengaja tentu akan menyebabkan masalah pada pernapasan.

Beberapa diantaranya adalah batuk, tersedak, dan kesulitan untuk mengatur napas. Bagi penderita asma, harus lebih berhati-hati terhadap bahaya ini, karena mereka lebih mungkin mengalami kesulitan bernapas jika tidak sengaja menghirup kayu manis.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini