Jenis Kegiatan Ekonomi beserta Penjelasan dan Tujuannya

Minggu, 27 November 2022 14:35 Reporter : Andre Kurniawan
Jenis Kegiatan Ekonomi beserta Penjelasan dan Tujuannya Ilustrasi Pasar. lawliberty.org

Merdeka.com - Sadar atau tidak, kehidupan sehari-hari kita tak bisa lepas dari kegiatan ekonomi. Karena banyak kebutuhan hidup kita bergantung pada kegiatan ekonomi. Contoh sederhananya adalah ketika membeli makanan atau membeli pakaian.

Kegiatan ekonomi ini dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Kegiatan ini juga harus dijaga agar roda perekonomian terus berputar. Jika roda perekonomian dapat berputar dengan baik, maka dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ekonomi sendiri adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan ini sangat beragam, seperti makanan, pakaian, kendaraan, dan lain sebagainya. Kita sebagai manusia juga tidak bisa jika harus memenuhi segala kebutuhan tersebut seorang diri.

Kegiatan ekonomi juga terbagi menjadi beberapa jenis. Dalam artikel kali ini, kami akan sampaikan apa saja jenis kegiatan ekonomi yang biasa ditemui di tengah masyarakat.

2 dari 4 halaman

Jenis Kegiatan Ekonomi

Dalam prosesnya, ada beberapa jenis kegiatan ekonomi yang biasa kita temui. Jenis kegiatan ekonomi ini juga dijelaskan dalam Business Dictionary yang menyebutkan bahwa kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang melibatkan produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa di semua tingkatan masyarakat.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tiga jenis kegiatan ekonomi dan penjelasannya, yang dikutip dari laman kemdikbud.go.id.

Produksi

Jenis kegiatan ekonomi yang pertama adalah produksi. Produksi sendiri adalah kegiatan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa. Jenis kegiatan ekonomi ini dilakukan oleh produsen guna menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Tujuan dari produksi adalah memenuhi kebutuhan para pembeli atau konsumen dan mencari keuntungan dengan menghasilkan barang dan jasa. Beberapa contoh kegiatan produksi adalah pabrik tahu yang memproduksi tahu, pengrajin batik yang membuat batik, industri garmen yang menghasilkan pakaian, dan juga sebagainya.

Tujuan produksi adalah:

  • Memenuhi kebutuhan manusia.
  • Mencari keuntungan atau laba.
  • Menjaga kelangsungan hidup perusahaan.
  • Meningkatkan mutu dan jumlah produksi.
  • Mengganti barang-barang yang aus dan rusak karena dipakai atau karena bencana alam
3 dari 4 halaman

Distribusi

Jenis kegiatan ekonomi yang kedua adalah distribusi. Distribusi merupakan kegiatan ekonomi untuk menyalurkan barang atau jasa dari pihak produsen kepada pihak konsumen. Orang yang melakukan distribusi disebut distributor, dengan tugas utamanya yaitu membeli barang-barang dari pihak produsen untuk kemudian dijual kepada pihak konsumen.

Distributor sendiri masih dibagi lagi menjadi tiga jenis, yakni pedagang besar (grosir), pedagang kecil (retail), dan juga perantara. Pedagang besar merupakan membeli dan menjual barang dalam jumlah yang besar, pedagang kecil membeli barang dari pedagang besar untuk dijual kepada pihak konsumen.

Sedangkan untuk perantara hanya memperantarakan kegiatan ekonomi yang terjadi di antara produsen dengan konsumen. Contoh dari kegiatan distribusi adalah grosir sembako yang menjual produk dari produsen kepada masyarakat (konsumen).

Tujuan Distribusi

  • Kelangsungan hidup kegiatan produksi terjamin
  • Barang atau jasa hasil produksi dapat bermanfaat bagi konsumen
  • Konsumen dapat mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan mudah

Konsumsi

Jenis kegiatan ekonomi yang ketiga adalah konsumsi. Manusia melakukan kegiatan konsumsi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa secara berangsur-angsur atau langsung habis.

Kegiatan konsumsi ini terjadi ketika produsen menjual barang atau jasa langsung kepada konsumen. Namun, kegiatan konsumsi juga bisa terjadi ketika konsumen melakukan pembelian barang atau jasa dari distributor.

Kegiatan konsumsi sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Anda bahkan juga sering menjadi pelaku dari kegiatan ini. Contoh kegiatan konsumsi seperti anak sekolah yang membeli alat tulis di toko buku, seseorang yang membeli pakaian, ataupun perusahaan otomotif yang membeli bahan baku produksi.

Tujuan Konsumsi

  • Mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap.
  • Menghabiskan nilai guna barang sekaligus.
  • Memuaskan kebutuhan secara fisik.
  • Memuaskan kebutuhan rohani.
4 dari 4 halaman

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Salah satu tujuan utama kegiatan ekonomi adalah untuk menghasilkan barang dan jasa agar tersedia bagi konsumen. Kegiatan ekonomi dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa sehingga keinginan manusia dapat terpenuhi.

Menurut Fisher yang dikutip dari hot.liputan6.com, tujuan kegiatan ekonomi adalah:

Alokasi Sumber Daya yang Tepat

Sumber daya ekonomi terbatas dan kebutuhannya banyak. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat alokasi sumber daya dengan benar sehingga kebutuhan dapat terpenuhi secara tepat. Setiap orang menilai kebutuhan dan sumber dayanya. Mereka akan menentukan prioritasnya untuk menerapkan sumber dayanya.

Beberapa kebutuhan mungkin adalah hal yang mendesak, sementara yang lain bisa menunggu untuk beberapa saat. Upaya alokasi yang tepat dilakukan untuk mendapatkan kepuasan maksimal dari penggunaan sumber daya yang tersedia.

Penggunaan Sumber Daya yang Optimal

Tujuan kegiatan ekonomi berikutnya adalah agar penggunaan sumber daya bisa optimal. Sumber daya harus dimanfaatkan secara maksimal. Berbagai faktor produksi seperti tanah, modal tenaga kerja, dan lain-lain harus digunakan untuk memproduksi barang sehingga tidak ada bagian yang dibiarkan menganggur.

Misalnya, jika satu set faktor produksi dapat menghasilkan sejumlah unit tertentu, maka produksi tidak boleh kurang dari jumlah itu. jika tidak, sumber daya tidak akan terpakai sepenuhnya.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini