Fungsi Hormon Tiroksin bagi Tubuh, Penting Diketahui

Rabu, 29 Juni 2022 21:47 Reporter : Novi Fuji Astuti
Fungsi Hormon Tiroksin bagi Tubuh, Penting Diketahui Ilustrasi leher. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/SvetlanaFedoseyeva

Merdeka.com - Kesehatan merupakan suatu hal yang mendasar dalam hidup manusia. Saat seseorang sedang sakit, tak jarang keluarganya mengorbankan segala harta benda mereka untuk mencari kesembuhan.

Dalam tubuh terdapat kondisi sehat dan sakit, di mana kesehatan sangat tergantung pada kondisi keseimbangan unsur-unsur yang ada dalam tubuh manusia. Keseimbangan tubuh yang terganggu akan mengakibatkan kondisi tubuh yang tidak sehat di mana akan menimbulkan penyakit yang dapat menghambat aktivitas hidup sehari-hari.

Salah satu upaya menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan menjaga fungsi hormon tiroksin. Berikut informasi lengkap mengenai fungsi hormon tiroksin yang telah dirangkum merdeka.com melalui healthline dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 3 halaman

Mengenal Kelenjar Tiroid


Sebelum membahas mengenai fungsi hormon tiroksin bagi tubuh, kamu perlu tahu terlebih dahulu penjelasan mengenai kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang terdiri dari dua lobus dan terdapat di dalam leher yang dihubungkan oleh isthmus yang sempit.

Letak kelenjar ini di sebelah kanan dan kiri trakea. Ujung atas lobus mencapai kartilago tiroidea. Kelenjar ini lunak, berwarna cokelat dan ditutupi oleh kapsul.

Tiroid terbentuk atas massa kosong yang berbentuk sferis, disebut folikel. Setiap folikel mempunyai dinding satu sel tebal, dan mengandung koloid seperti jeli yang merupakan tempat utama konsentrasi yodium. Kelenjar ini dalam keadaan normal tidak teraba, dan apabila terjadi pembesaran, akan teraba benjolan pada bagian bawah atau samping jakun.

Untuk dapat menghasilkan hormon tiroid, kelenjar tiroid memerlukan yodium sebagai suatu elemen yang terdapat dalam makanan dan air. Kelenjar tiroid akan menangkap yodium dan mengolahnya menjadi hormon tiroid. Setelah hormon tiroid digunakan, beberapa yodium di dalam hormon kembali ke kelenjar tiroid dan di daur ulang untuk kembali menghasilkan hormon tiroid.

Salah satu jenis hormon tiroid adalah hormon tiroksin yang juga merupakan bentuk nonaktif dari hormon tiroid. Fungsi hormon tiroksin bagi tubuh sangatlah penting, untuk itu kamu perlu memahaminya.

3 dari 3 halaman

Fungsi Hormon Tiroksin Bagi Tubuh


Setelah mengetahui apa itu kelenjar tiroid, berikutnya kamu perlu mengetahui fungsi tiroksin bagi tubuh. Dalam hal ini, kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang mengatur laju metabolisme tubuh yang mengendalikan fungsi jantung, otot dan pencernaan, perkembangan otak, dan pemeliharaan tulang.

Fungsi hormon tiroid ini dapat bekerja secara optimal tergantung pada asupan yodium yang tercukupi dengan baik dari makanan. Di mana sel yang memproduksi hormon tiroid sangat terspesialisasi dalam mengekstraksi dan menyerap yodium dari darah dan memasukkannya ke dalam hormon tiroid.

Adapun fungsi hormon tiroksin sendiri bagi tubuh adalah untuk mengatur metabolisme tubuh, memelihara fungsi dan kelenjar jantung, menjaga fungsi organ reproduksi hingga merangsang produksi hormon pertumbuhan. Tak hanya itu, fungsi hormon tiroksin bagi tubuh lainnya adalah dapat menjaga otak.

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tiroid
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini