Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Contoh Kalimat Kata Benda dan Jenis-Jenisnya

<b>Contoh Kalimat Kata Benda dan Jenis-jenisnya</b>

Contoh Kalimat Kata Benda dan Jenis-jenisnya

Kalimat kata benda mungkin sudah sering kita gunakan dalam keseharian, namun contoh-contoh kali ini akan membuat semuanya semakin jelas dan detail.

Kata benda adalah jenis kata yang sering dipakai dalam percakapan sehari-hari. Sesuai dengan sebutannya, kata benda merupakan kata untuk menunjukkan suatu benda, baik benda konkret atau yang bisa dilihat dengan mata maupun benda abstrak. Kata benda ini dikenal juga dengan sebutan nomina.

Terdapat banyak jenis kata benda yang sehari-hari diucapkan. Misalnya, kata benda konkret atau yang dapat dilihat seperti komputer, handphone, pulpen, pintu, bola, dompet, tas, baju, sepatu, dan lain sebagainya. Sedangkan kata benda abstrak, memang tidak berwujud namun bisa dirasakan, misalnya cinta, kekuatan, kecewa, kasih sayang, dan lain sebagainya.

Dalam penggunaan kata benda, tentu perlu disusun dengan jelas dalam sebuah kalimat. Penyusunan kata benda dalam kalimat ini harus memperhatikan jenis kata benda yang digunakan dan maksud yang ingin disampaikan. Sama seperti jenis kata lainnya, penggunaan kata benda dalam sehari-hari harus memperhatikan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

merdeka.com

Untuk memperjelas pemahaman, Anda bisa menyimak berbagai contoh kalimat kata benda berikut. Dengan melihat contoh secara langsung, Anda bisa menganalisis di mana letak kata benda, bagaimana bentuk kata benda yang diucapkan, dan apa maksud kata benda dari kalimat tersebut.

Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum penjelasan contoh kalimat kata benda dan susunannya.

Ciri-Ciri dan Karakteristik Kata Benda

Bisa Diperluas

Kata benda dapat diperluas dengan kata penghubung “yang” dan diikuti dengan kata sifat.

Contoh:

  • Sepeda yang cantik.
  • Mobil yang besar.

Dapat Diingkarkan

Kata benda bisa diingkarkan dengan kata “bukan”.

Contoh:

  • Bukan saya.
  • Bukan kursi.

Bisa sebagai Subjek, Objek, dan Pelengkap dalam Kalimat

Kata benda dapat menduduki suatu jabatan pada kalimat sebagai subjek (S), objek (O), atau pelengkap.

Contoh:
  • Subjek (S): Buku itu menarik.
  • Objek (O): Saya membeli buku baru.
  • Pelengkap: Dia adalah seorang penulis terkenal.

Bisa Mengalami Reduplikasi

Beberapa kata benda dapat mengalami reduplikasi (pengulangan).

Contoh:

  • Anak-anak bermain di taman.
  • Bunga-bunga mekar di kebun.

Bisa Mengalami Pemajemukan

Kata benda juga dapat mengalami pemajemukan (penambahan awalan “pe-”).

Contoh:
  • Pekerja (dari kerja).
  • Pemarah (dari marah).

Jenis Kata Benda Berdasarkan Perwakilan

Sebelum mengetahui berbagai contoh kalimat kata benda, perlu dipahami terlebih dahulu jenis-jenis kata benda. Jenis kata benda yang pertama dibedakan berdasarkan perwakilan. Dalam hal ini, terdapat dua jenis kata benda yaitu kata benda umum dan kata benda khusus. Berikut penjelasan lengkapnya.

- Kata Benda Umum

Kata benda umum adalah jenis kata benda yang menunjukkan bentuk benda atau konsep dari suatu benda secara umum. Biasanya nomina jenis ini digunakan untuk menyebut suatu benda yang mengacu pada identitas orang.

Misalnya, kata benda “pelajar” mengacu pada kalangan siswa dan siswi yang masih belajar di bangku sekolah. Kata “mahasiswa” mengacu pada pelajar lanjutan yang menempuh ilmu di perguruan tinggi. Atau kata “Presiden” yang mengacu pada kepala negara sekaligus pemerintahan yang memimpin suatu negara, dan banyak contoh lainnya.

- Kata Benda Khusus

Berikutnya adalah jenis kata benda khusus, yaitu nomina yang menyebutkan suatu benda namun mengacu pada hal-hal yang spesifik. Dengan begitu, lawan bicara bisa langsung mengerti siapa atau apa yang dimaksud.

Misalnya, kata “kota” tentu Anda langsung memahami yang dimaksud kota seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Balikpapan, dan lain sebagainya. Kemudian kata “planet” tentu mengacu pada jenis-jenis benda angkasa seperti Merkurius, Venus, Bumi, Mars, dan lain sebagainya. Nomina ini mengacu pada hal-hal spesifik yang sudah diketahui secara umum.

Jenis Kata Benda Berdasarkan Bentuk

Sebelum mengetahui berbagai contoh kalimat kata benda sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia, terdapat satu kategori jenis kata benda lagi yang perlu dipahami, yaitu kata benda berdasarkan bentuk. Kata benda ini dibagi menjadi tiga yaitu kata benda dasar, kata benda turunan, dan kata benda kolektif. Berikut penjelasan lengkapnya.

- Kata Benda Dasar

Kata benda dasar adalah jenis nomina yang menunjukkan bentuk atau wujud benda secara konkret atau abstrak. Biasanya tidak perlu menambahkan kata apapun untuk menunjukkan sifat dari benda yang dimaksud. Misalnya air, kertas, rumah, pasir, nasi, dan lain sebagainya. Sehingga kata benda jenis ini dapat berdiri sendiri dan memberikan arti atau makna secara penuh dari benda yang dimaksud.

- Kata Benda Turunan

Kata benda turunan adalah jenis nomina yang berlawanan dari kata benda dasar. Kata benda turunan perlu menggunakan imbuhan, baik awalan, akhiran, sisipan, atau awalan dan akhiran. Penggunaan imbuhan ini untuk memperjelas kata benda apa yang dimaksud. Misalnya kata pemanah, pencuri, pertanian, masakan, penyanyi, minuman, dan lain sebagainya.

- Kata Benda Kolektif

Terakhir kata benda kolektif adalah jenis nomina yang digunakan untuk menyebutkan benda atau bentuk benda yang berupa kumpulan. Sehingga kata benda ini digunakan untuk menyebutkan benda yang bersifat jamak. Misalnya hadirin, masyarakat, pemuda, peserta, dan lain sebagainya.

Contoh Kalimat Kata Benda

Setelah memahami berbagai jenis-jenis kata benda berdasarkan perwakilan dan bentuknya, terakhir akan diberikan berbagai contoh kalimat kata benda yang sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia. Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa pengucapan kata benda dalam sebuah kalimat harus disusun dengan memperhatikan jenis kata benda yang digunakan dan tata letak yang benar. Berikut berbagai contoh kalimat kata benda bisa disimak.

Kata Benda Umum
Pelajar berbaju seragam biru itu terlihat lelah dan lesu. Mahasiswa Universitas Indonesia sedang menggalang dana di jalan untuk korban banjir di Sulawesi. Wartawan itu sedang mewawancarai saksi kecelakaan di tempat kejadian perkara.

Kata Benda Khusus
Saat ini Pluto sudah tidak lagi masuk dalam planet tata surya. Dia memang takut dengan segala jenis serangga. Setiap bahasa daerah di Indonesia mempunyai beberapa jenis kata yang mirip.

Kata Benda Dasar
Menjaga alam tetap indah adalah dengan memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Bandara yang nyaman adalah idaman setiap orang agar pengalaman dalam perjalanan selalu menyenangkan. Buku yang bagus adalah yang isinya menarik dan mudah dipahami sekaligus menyajikan tema cerita yang unik.

Kata Benda Turunan
Penyanyi itu memiliki suara tinggi yang melengking nan indah. Seorang pencuri telah mengambil barang-barang mewah dari rumah itu. Masakan yang disajikan di kantin murah dan terjangkau.

Kata Benda Kolektif
Para hadirin dipersilakan duduk dan menikmati hidangan yang disajikan. Seluruh bangsa Indonesia bersatu melawan penjajah untuk memperjuangkan kemerdekaan. Para pemuda itu berkumpul untuk membagikan makanan takjil di pinggir jalan.

Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya
Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya

Kata keterangan adalah jenis kata yang memberikan informasi tambahan atau detail mengenai kata lain dalam kalimat, kecuali kata benda

Baca Selengkapnya
115 Benda dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya, Bisa Dihafalkan untuk Menambah Kosakata
115 Benda dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya, Bisa Dihafalkan untuk Menambah Kosakata

Kumpulan kata benda dalam bahasa Inggris dan artinya yang bisa digunakan untuk belajar.

Baca Selengkapnya
Contoh Kata Depan berdasarkan Jenis, Ketahui Aturan dan Kesalahan Umum Penulisannya
Contoh Kata Depan berdasarkan Jenis, Ketahui Aturan dan Kesalahan Umum Penulisannya

Kata depan adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan kata-kata dalam kalimat dan biasanya diletakkan sebelum kata benda, kata sifat, atau kata keterangan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jenis Konjungsi Waktu Beserta Fungsi dan Contohnya, Pelajari Lebih Lanjut
Jenis Konjungsi Waktu Beserta Fungsi dan Contohnya, Pelajari Lebih Lanjut

Konjungsi adalah sebuah kata yang penting untuk menghubungkan kalimat satu dengan kalimat yang lainnya.

Baca Selengkapnya
Konotatif adalah Istilah yang Dipakai di Beragam Jenis Teks atau Percakapan, Pahami Pula Makna Denotatif
Konotatif adalah Istilah yang Dipakai di Beragam Jenis Teks atau Percakapan, Pahami Pula Makna Denotatif

Biasanya, kata bermakna konotatif kerap ditemukan pada karya sastra mulai dari puisi, pantun, hingga cerpen dan masih banyak lagi.

Baca Selengkapnya
Contoh Sinonim beserta Pengertian, Jenis, dan Fungsinya
Contoh Sinonim beserta Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Sinonim adalah padanan kata yang dapat digunakan secara bergantian karena memiliki arti atau makna yang hampir sama.

Baca Selengkapnya
Kata Baku dan Tidak Baku, Ini Pengertian Perbedaan Antara Keduanya Lengkap dengan Ragam Contohnya
Kata Baku dan Tidak Baku, Ini Pengertian Perbedaan Antara Keduanya Lengkap dengan Ragam Contohnya

Kata baku dan tidak baku kerapkali digunakan dalam keseharian manusia. Begini penjelasan lengkap beserta contohnya.

Baca Selengkapnya
Contoh Pantun Bugis Lucu dan Artinya, Dijamin Bikin Ngakak
Contoh Pantun Bugis Lucu dan Artinya, Dijamin Bikin Ngakak

Pantun dalam budaya Bugis merupakan bentuk puisi lisan yang kaya akan makna.

Baca Selengkapnya
Tujuan Upacara Bendera dan Manfaatnya, Penting Dipelajari
Tujuan Upacara Bendera dan Manfaatnya, Penting Dipelajari

Upacara tak hanya kegiatan mengibarkan bendera, ada makna lain yang kuat di dalamnya.

Baca Selengkapnya