Bacaan Doa Setelah Adzan beserta Arti dan Keutamaannya

Senin, 25 Januari 2021 17:50 Reporter : Andre Kurniawan
Bacaan Doa Setelah Adzan beserta Arti dan Keutamaannya Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas

Merdeka.com - Berkumandangnya adzan menjadi tanda waktu ibadah salat bagi umat Islam. Sama seperti saat menjawab panggilan seseorang, kita sebagai umat muslim kita juga diperintahkan untuk menjawab panggilan salat tersebut. Apalagi, panggilan tersebut berasal dari rumah Allah SWT.

"Jika kalian mendengar muazin, maka jawablah seperti apa yang ia katakan, kemudian bershalawatlah untukku, karena barangsiapa yang bershalawat untukku, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Kemudian mintakanlah kepada Allah untukku alwasilah, karena ia adalah satu kedudukan di surga yang tidak pantas diperoleh kecuali untuk seorang hamba Allah; dan aku berharap, (bahwa) akulah hamba Allah itu. Barangsiapa yang memohonkan untukku alwasilah, maka akan mendapat syafaatku." (HR. Muslim).

Setiap lafadz adzan yang dilantunkan tidak hanya indah, tapi juga memiliki jawabannya masing-masing. Sebagian lafadz bisa kita jawab dengan kalimat yang serupa dengan lafadz adzan tersebut, dan beberapa lafadz memiliki jawaban yang berbeda dengan lafadz adzannya.

Ketika mendengar suara adzan, berarti Allah SWT ingin kita mengehentikan segala aktivitas dunia untuk kemudian melangkah memenuhi panggilan-Nya. Selepas adzan pun, kita dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan lain untuk menunggu iqomah. Salah satu amalan setelah kita mendengarkan adzan adalah membaca bacaan doa setelah adzan.

Baca Selanjutnya: Doa Setelah Adzan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini