9 Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan, Redakan Asam Urat hingga Atasi Penyakit Ginjal

Rabu, 1 Juli 2020 08:15 Reporter : Andre Kurniawan
9 Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan, Redakan Asam Urat hingga Atasi Penyakit Ginjal Daun Sukun. ©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Merdeka.com - Tanaman sukun mungkin sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Buah sukun sering dijadikan camilan yang lezat dalam bentuk keripik atau gorengan. Namun, manfaat buah sukun ternyata tidak hanya bisa didapat dari buahnya saja. Daun dari tanaman sukun juga bisa kita olah dan digunakan sebagai obat herbal.

Manfaat daun sukun sebagai obat herbal ini karena daun sukun memiliki kandungan senyawa seperti polifenol, falvonoid, kalium, riboflavin, tanin, asam amino esensial, sitosterol, dan asetilkolin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, daun sukun memiliki senyawa ortoindonesionin dan querticetin yang merupakan turunan senyawa flavonoid.

Daun sukun juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, antiatherosklerosis, antimikroba, antikanker, antinefritis, dan antioksidan. Banyaknya kandungan nutrisi ini yang membuat daun sukun bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat daun sukun bagi kesehatan yang bisa kita dapatkan? Berikut merdeka.com paparkan beberapa manfaat daun sukun bagi kesehatan, dilansir dari Liputan6.com dan bola.com.

1 dari 9 halaman

Menyembuhkan Luka

kecil

©www.wikihow.com

Manfaat daun sukun yang pertama yaitu dapat menyembuhkan luka. Daun sukun dapat digunakan sebagai obat penyembuh luka karena sifat antioksidan yang ada di dalamnya. Kandungan yang kaya akan senyawa polifenol, flavonoid, tanin, dan alkaloid dalam daun sukun juga akan membantu proses penyembuhan luka menjadi semakin cepat.

Selain sifat antioksidan, daun sukun juga memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri yang berguna mempercepat proses penyembuhan luka.

2 dari 9 halaman

Atasi Alergi

kosmetik

© Furleybio.com

Manfaat daun sukun yang kedua yaitu dapat mengatasi alergi. Alergi adalah respon sistem kekebalan terhadap zat asing yang biasanya tidak berbahaya bagi tubuh. Alergi dapat muncul karena tubuh tidak dapat membentuk hormon atau enzim yang bertanggung jawab untuk sistem anti-alergen dalam tubuh.

Kondisi ini membuat sistem dalam tubuh mengalami kegagalan ketika mengenali beberapa zat, sehingga membuat beberapa reaksi ketika berhadapan dengan alergen. Dengan meminum 1 cangkir teh daun sukun setiap hari dapat mengurangi reaksi dan timbulnya alergi.

3 dari 9 halaman

Meredakan Asam Urat

urat

©2015 Merdeka.com/shutterstock/Image Point Fr

Manfaat daun sukun yang ketiga adalah dapat meredakan asam urat. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki daun sukun sangat baik untuk mengurangi peradangan pada sendi. Dengan mengonsumsi teh daun sukun dapat mengurangi penyakit asam urat secara bertahap.

Namun saat mengonsumsi teh daun sukun, sangat dianjurkan untuk menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi. Ini karena purin merupakan penyebab timbulnya asam urat.

Tingkat asam urat yang tinggi juga dikenal sebagai hiperurisemia. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut encok. Peningkatan kadar asam urat juga dapat berhubungan dengan kondisi kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit ginjal.

4 dari 9 halaman

Mengatur Kolesterol

010 magang

©2017 istock.com

Manfaat daun sukun yang keempat yaitu dapat mengatur kolesterol dalam tubuh. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi, bisa menyebabkan kerusakan pada sistem kardiovaskular. Manfaat daun sukun dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

Ini karena kandungan antioksidan yang ada di dalam daun sukun berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sekaligus membuat Anda terhindar dari gangguan kesehatan seperti penyakit jantung koroner.

5 dari 9 halaman

Mengontrol Kadar Gula Tubuh

minuman pengontrol gula darah

©2020 Merdeka.com

Manfaat daun sukun yang kelima yaitu dapat berguna untuk mengontrol kadar gula darah. Kadar gula berlebih pada tubuh Anda menjadi salah satu indikasi penyakit diabetes. Untuk mengatasinya, daun sukun bisa menjadi solusi karena memiliki efek insulin yang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Senyawa flavonoid yang ada di dalam daun sukun juga dipercaya bisa menjaga kestabilan gula darah dan juga menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

6 dari 9 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

5 macam penyakit jantung yang paling sering ditemui

©2020 Merdeka.com

Manfaat daun sukun yang keenam yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti komplikasi hipertensi, diabetes, atau gagal ginjal. Selain itu, pola metabolisme tubuh yang buruk juga dapat membentuk plak di pembuluh darah, sehingga menyebabkan aterosklerosis, yaitu kondisi pengerasan pada pembuluh darah, dan gangguan kardiovaskular lainnya.

Senyawa dalam daun sukun akan membuat tekanan darah menjadi normal dan meningkatkan aliran darah. Manfaat daun sukun yang dapat menjaga jantung dikarenakan adanya kandungan senyawa flavonoid, riboflavin, dan sirosterol sehingga membantu untuk meminimalisir kerusakan sistem kardiovaskular.

Anda bisa mengolah daun sukun menjadi minuman teh. Dengan minum teh daun sukun ini, Anda bisa menurunkan kadar kolesterol dengan mengambil kolesterol dari darah dan mengeluarkannya melalui urin dan feses.

7 dari 9 halaman

Mengatasi Gagal Ginjal

ilustrasi ginjal

©Shutterstock.com/SSCREATIONS

Manfaat daun sukun yang ketujuh yaitu dapat mengatasi penyakit gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal terjadi ketika fungsi ginjal untuk menyaring limbah dari darah mengalami kerusakan. GInjal yang tidak bisa bekerja normal akan membuat tubuh menjadi penuh dengan racun. Biasanya, penderita gagal ginjal perlu mendapatkan perawatan berupa hemodialisis secara teratur.

Namun, hemodialisis juga memiliki beberapa efek yang tidak diinginkan seperti hipotensi, kelelahan, infeksi, dan sepsis. Dengan mengonsumsi teh dari daun sukun kering dapat membantu Anda mengoptimalkan kerja ginjal dengan bertindak sebagai diuretik.

8 dari 9 halaman

Pengobatan Kandidiasis Vagina

cara mengatasi keputihan berlebih

liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Manfaat daun sukun yang selanjutnya yaitu dapat menjadi obat bagi kondisi kandidiasis vagina. Kandidiasis vagina merupakan kondisi di mana vagina terinfeksi oleh ragi Candidia sp. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita yang mengalami obesitas, diabetes, dan wanita dengan kekebalan tubuh yang rendah, seperti kanker, TBC dan pasien HIV.

Dengan mengonsumsi teh daun sukun, dapat membantu Anda untuk menyembuhkan penyakit ini. Minum teh daun sukun 1 gelas per hari dan gunakan teh sebagai sabun vagina 2-3 kali sehari. Minum 1 cangkir teh daun sukun setiap hari dapat mempercepat penyembuhan, infeksi kulit, atau ruam kulit lainnya.

9 dari 9 halaman

Pengobatan Pembesaran Limpa

ilustrasi limpa

©Shutterstock.com/ Sebastian Kaulitzki

Manfaat daun sukun yang terakhir yaitu dapat digunakan sebagai obat untuk kondisi pembesaran limpa. Pembesaran limpa sendiri disebabkan oleh kerusakan pada sistem limpa. Faktor risikonya beragam, tetapi yang paling umum adalah karena tubuh mengandung terlalu banyak racun.

Teh daun sukun memiliki sifat anti-toksin berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan kandungan tersebut, teh daun sukun dapat melakukan detoksifikasi dan menghilangkan racun dari tubuh. Dengan minum 1 cangkir teh per hari, bisa menyembuhkan penyakit ini. [ank]

Baca juga:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini