9 Makanan untuk Penderita Diabetes dan Kolesterol, Wajib Diperhatikan

Selasa, 28 Februari 2023 08:02 Reporter : Andre Kurniawan
9 Makanan untuk Penderita Diabetes dan Kolesterol, Wajib Diperhatikan Patut Diketahui, Ini 4 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol Tinggi. ©Shutterstock

Merdeka.com - Tahukah Anda, diabetes dan kolesterol dapat terjadi secara bersamaan? Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas ambang normal. Hasil penelitian menyebutkan, 70 persen penderita diabetes juga memiliki masalah kolesterol.

Menurut informasi dari situs medicalnewstoday.com, The American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa diabetes dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai dislipidemia diabetik.

Dari hasil penelitian terdahulu menyebutkan, dislipidemia diabetik memiliki kaitan dengan kadar kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL) yang lebih rendah, dan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL) yang lebih rendah, serta trigliserida.

Para ahli menyebutkan, kolesterol HDL dikenal sebagai kolesterol "baik", sedangkan kolesterol LDL adalah kolesterol "jahat".

Ketika kadar kolesterol LDL seseorang naik terlalu tinggi, maka kolesterol LDL akan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Akibatnya, penderita berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular atau stroke.

Berdasarkan dari hasil studi terbaru, penderita diabetes berisiko tinggi terkena penyakit jantung meski kadar glukosa darah mereka terkontrol dengan baik. Ya, seberbahaya itu memang jika penyakit ini tidak diperhatikan dengan baik.

Jika Anda atau keluarga menderita diabetes, penting sekali untuk memperhatikan kadar gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol. Selain itu, Anda juga harus memilih dan memilah makanan untuk penderita diabetes dan kolesterol.

Dalam artikel berikut ini, kami akan sampaikan beberapa makanan untuk penderita diabetes dan kolesterol yang baik dikonsumsi, seperti dihimpun merdeka.com dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

1. Konsumsi makanan lemak sehat

Makanan untuk penderita diabetes dan kolesterol yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan lemak sehat. Penelitian menunjukkan bahwa makan lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan berlemak, dan minyak zaitun dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat), meningkatkan HDL (baik), serta mampu meningkatkan kontrol gula darah.

2. Konsumsi sayuran

ilustrasi sayuran hijau
©Shutterstock/Elena Elisseeva

Makanan untuk penderita diabetes dan kolesterol yang kedua yaitu sayuran. Jenis sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan lainnya merupakan sumber makanan bergizi, rendah kalori, dan rendah karbohidrat. Selain itu sayuran hijau juga tinggi akan vitamin C. Kandungan ini sangat penting bagi penderita diabetes, pasalnya mereka memiliki kadar vitamin C lebih rendah dari orang normal.

3. Telur

Makanan untuk penderita diabetes dan kolesterol yang ketiga yakni dengan makan telur. Telur memiliki sejumlah manfaat, di antaranya mampu meningkatkan sensitivitas insulin, kadar kolesterol HDL (baik), mengubah ukuran dan bentuk kolesterol LDL (jahat). Terpenting, telur mampu mengelola kadar gula dengan sangat baik.

3 dari 4 halaman

4. Cuka apel

Makanan untuk penderita diabetes dan kolesterol yang keempat adalah cuka apel. Cuka apel mengandung antimikroba dan antioksidan. Selain itu, senyawa asam asetat dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagi penderita diabetes, Anda dapat mencampurkan 4 sendok teh cuka apel dengan segelas air, kemudian diminum sebelum makan. Jika belum terbiasa, maka campurkan 1 sendok teh saja sudah cukup.

5. Labu

Makanan untuk penderita diabetes dan kolesterol yang kelima dengan mengonsumsi labu. Labu dapat menjadi makanan yang bisa dikonsumsi setiap harinya, pasal rendah kadar gula dan kalori.

Meski begitu, labu dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan kandungan antioksidan dan polisakarida pada labu, buah ini mampu menurunkan kadar insulin dan glukosa dalam darah.

6. Ikan

ilustrasi salmon
©2019 Merdeka.com/Pixabay

Ikan dengan asam lemak omega-3 DHA dan EPA, seperti salmon, sarden, teri, dan makarel dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan DHA dan EPA dapat melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, dapat mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi arteri.

Mengonsumsi ikan dengan lemak baik sangat baik untuk penderita diabetes, lantaran dapat mengatur dan menstabilkan kadar gula darah.

4 dari 4 halaman

7. Jeruk

Makanan untuk penderita diabetes dan kolesterol yang berikutnya yaitu buah jeruk. Dilansir dari diabetes.org, buah sitrus seperti jeruk, lemon dan limau sangat baik untuk penderita diabetes. Hal ini karena buah-buahan tersebut memiliki kandungan vitamin C, folat, dan potasium.

8. Susu dan yoghurt

ilustrasi yogurt
©Shutterstock

Anda tentu tahu bahwa susu dan yoghurt sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain kalsium, banyak produk susu dan yoghurt diperkaya untuk menjadikannya sumber vitamin D baik. Susu dan yoghurt mengandung karbohidrat yang memang sangat baik bagi penderita diabetes.

9. Berry

Makanan untuk penderita diabetes dan kolesterol yang terakhir yakni buah berry. Apa yang paling Anda sukai? Blueberry, stroberi, atau jenis lainnya? Apapun jenis buah berry yang Anda pilih, semuanya memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan serat. Buah berry ini bisa menjadi pilihan tepat bagi penderita diabetes, mereka masih dapat mengonsumsi makanan manis yang berasal dari buah. Berry tinggi akan vitamin C, vitamin K, mangan, potasium, dan serat.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini