Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

8 Makanan Siap Saji yang Terkenal di Indonesia, Kenali Bahayanya

8 Makanan Siap Saji yang Terkenal di Indonesia, Kenali Bahayanya Ilustrasi burger. ©Shutterstock/Ildi Papp

Merdeka.com - Makanan siap saji sering kali menjadi pilihan yang kerap dikonsumsi masyarakat dalam kesehariannya terutama bagi mereka yang memiliki banyak kesibukan. Memilih makanan siap saji dinilai lebih efektif untuk menghemat waktu dan tenaga. Beberapa makanan siap saji yang terkenal di tengah masyarakat adalah kentang goreng, burger hingga pizza.

Meskipun menghemat waktu, jika dikonsumsi terlalu sering atau jangka panjang hal ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebab, makanan siap saji mengandung sedikit gizi dan serat. Padahal manusia membutuhkan gizi dan serat untuk perkembangan tubuh. Namun sayangnya, hal seperti ini tampak tidak digubris sama sekali, dan tetap saja masih banyak masyarakat yang rutin mengonsumsinya.

Berikut ini informasi lengkap mengenai 8 makanan siap saji yang terkenal di Indonesia, kenali bahayanya telah dirangkum melalui Liputan6.com:

1. Burger

ayam keju

©sliceoftruth.com

Makanan siap saji yang terkenal di Indonesia yang pertama adalah burger. Makanan ini memiliki nilai gizi yang sangat sedikit, dan sarat dengan segala sesuatu yang buruk bagi kesehatan. Burger yang tersedia di restoran cepat saji pun telah dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. Dengan demikian, tidak dianjurkan mengonsumsi makanan ini terlalu sering.

2. Kentang Goreng

8 cara membuat kentang goreng ala rumahan

craftlog.com ©2020 Merdeka.com

Makanan siap saji yang terkenal di Indonesia berikutnya adalah kentang goreng. Makanan ringan ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Tapi, makanan satu ini tetap dianggap buruk bila orang terlalu sering mengonsumsinya.

Pada dasarnya, apapun makanan yang digoreng menggunakan minyak sayur, akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebab, makanan itu akan mengandung lemak tak jenuh ganda, yang menghasilkan radikal bebas kanker dalam tubuh. Hal demikian juga berlaku bagi kentang goreng karena cenderung mengandung bahan kimia penyebab kanker yang disebut dengan akrilamida.

3. Es Krim

ilustrasi es krim

©Pixabay

Siapa yang tak mengenal es krim, makanan yang terbuat dari susu dan berbagai bahan lainnya ini banyak disukai masyarakat dari berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Es krim memang sangat nikmat terlebih bila dikonsumsi ketika cuaca sedang terik-teriknya.

Tapi, es krim mengandung banyak kalori dan gula yang tidak kalah banyaknya dari sebotol minuman soda. Es krim yang berbahaya ini maksudnya bila ia dicampurkan dengan susu dan dijadikan milkshake. Bila dijadikan milkshake maka kamu disebut telah mengonsumsi sekitar 1.000 kalori.

4. Donat

ilustrasi donat

©2019 Merdeka.com/Pexels

Donat polos tidak mengandung banyak kalori, dan tidak membahayakan tubuh kamu. Tapi, sekarang ini donat telah memiliki banyak varian rasa, dan mengandung banyak gula. Jika mengonsumsinya hanya satu, mungkin tidak akan jadi masalah.

Namun pada kenyataannya, rata-rata individu mengonsumsi donat sebanyak dua sampai tiga buah. Kamu perlu ingat bahwa di dalam donat yang berasa tidak mengandung nutrisi sama sekali, yang sudah pasti membuat pengonsumsinya akan terus merasa kelaparan.

5. Pizza

ilustrasi pizza

©Tantri Setyorini

Makanan siap saji yang terkenal di Indonesia selanjutnya adalah pizza. Makanan ini kerap disajikan dengan dicampur banyak keju, daging, saus, dan bahan lainnya, mengandung 600 kalori per slice-nya.

Sebab, makanan itu mengandung lemak jenuh, sodium, dan karbohidrat yang tinggi. Maka dari itu, jika dikonsumsi terlalu sering pizza dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan, yang paling terkenal kerap memicu obesitas.

6. Nugget Ikan

10 resep nugget ikan gurih dan lezat cocok untuk lauk pendamping makanan

©2021 Merdeka.com

Nugget ikan kerap diberikan orangtua ke anak-anaknya. Ini jelas melanggar aturan, dan tidak baik jika terlalu sering diberikan apalagi dalam jumlah banyak.

Bila ingin sehat, makanlah daging ikan yang benar-benar fresh, dan jangan memilih ikan yang sudah diolah seperti ini. Ingat, ikan yang sudah diolah rata-rata mengandung banyak bahan pengawet, apalagi dikonsumsi dengan cara digoreng.

7. Hot Dog

hot dog

©2012 Merdeka.com

Roti berlapiskan daging sapi berukuran panjang dicampur dengan sedikit mayones, saus sambal, dan saus tomat ini pun memiliki kandungan yang tidak menyehatkan untuk tubuh. Hot dog secara langsung berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, kanker hingga diabetes.

Dalam hal ini yang menjadi masalah bukanlah daging yang ada di makanan itu, melainkan tingginya garam dan pengawet yang kerap digunakan. Jika benar-benar ingin mengonsumsi makanan siap saji satu ini, pilihlah yang organik, dengan kandungan rendah lemak dan sodium.

8. Stick Keju

olahan keju

cookpad.com

Berikutnya, meskipun keju tidak begitu membahayakan bagi kesehatan. Namun akan menjadi masalah bila keju ini sudah dicampurkan dengan tepung roti dan digoreng. Jadinya, di dalam stick keju terdapat lemak dan sodium yang sangat tinggi, dan sudah pasti sangat berbahaya untuk tubuh.

Maka dari itu tidak disarankan untuk menjadikan makanan siap saji ini sebagai camilan sehari-hari terlebih untuk anak-anak.

(mdk/nof)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Gorengan Selalu Menggoda untuk Buka Puasa, Akankah Memicu Asam Lambung?
Gorengan Selalu Menggoda untuk Buka Puasa, Akankah Memicu Asam Lambung?

Sebagai alternatif makanan yang diminati di Indonesia, gorengan sering dijadikan pilihan untuk takjil saat berbuka puasa.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah yang Terkenal karena Keunikan dan Kenikmatannya, Wajib Dicoba
Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah yang Terkenal karena Keunikan dan Kenikmatannya, Wajib Dicoba

Jawa Tengah terkenal sebagai daerah yang kaya akan makanan khasnya. Yuk, simak rekomendasi makanan Khas Jawa Tengah yang paling terkenal ini!

Baca Selengkapnya
Bahaya Konsumsi Gorengan untuk Berbuka Puasa bagi Penderita Maag
Bahaya Konsumsi Gorengan untuk Berbuka Puasa bagi Penderita Maag

Gorengan adalah makanan yang jadi favorit banyak orang termasuk untuk berbuka puasa. Sayangnya makanan ini sebaiknya dhindari.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Berbuka Puasa
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Berbuka Puasa

Pada saat berbuka puasa, terdapat sejumlah makanan yang terbaik untuk dikonsumsi demi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Baca Selengkapnya
Kenali Apa Itu Sindrom Nasi Goreng dan Dampaknya pada Kesehatan Tubuh Kita
Kenali Apa Itu Sindrom Nasi Goreng dan Dampaknya pada Kesehatan Tubuh Kita

Sindrom nasi goreng merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk menyebut masalah keracunan makanan. Kenali penyebab dan cara menagtasinya.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Makanan Musang yang Paling Disukai, Ampuh Bikin Hewan Peliharaan Jadi Gemuk
Rekomendasi Makanan Musang yang Paling Disukai, Ampuh Bikin Hewan Peliharaan Jadi Gemuk

Merdeka.com merangkum informasi tentang rekomendasi makanan musang yang paling disukai, dan ampuh bikin hewan peliharaan jadi gemuk.

Baca Selengkapnya
5 Jenis Makanan yang Boleh Disantap di Atas Jam 7 Malam
5 Jenis Makanan yang Boleh Disantap di Atas Jam 7 Malam

Makanan yang mudah dicerna di pagi hari belum tentu mudah dicerna di malam hari. Yuk, simak makanan yang boleh disantap saat malam!

Baca Selengkapnya
6 Resep Olahan Kentang Jadi Sayur Berkuah yang Lezat, Cocok Sebagai Menu Makan Keluarga
6 Resep Olahan Kentang Jadi Sayur Berkuah yang Lezat, Cocok Sebagai Menu Makan Keluarga

Berikut resep olahan kentang menjadi sayur berkuah yang lezat dan cocok sebagai menu makan keluarga.

Baca Selengkapnya
Bolehkah Makan Nasi Goreng Ketika Sahur? Ini Fakta yang Harus Diperhatikan
Bolehkah Makan Nasi Goreng Ketika Sahur? Ini Fakta yang Harus Diperhatikan

Nasi goreng mengandung banyak minyak. Kandungan minyak ini tidak hanya membuat makanan lebih berlemak, tetapi juga bisa membuat tubuh lebih cepat merasa haus.

Baca Selengkapnya