7 Tips Meningkatkan Minat Baca pada Anak, Bantu Tumbuh Kembang Sang Buah Hati

Selasa, 9 November 2021 15:01 Reporter : Andre Kurniawan
7 Tips Meningkatkan Minat Baca pada Anak, Bantu Tumbuh Kembang Sang Buah Hati ilustrasi membaca. readingrecovery.org

Merdeka.com - Membaca adalah bagian yang sangat penting dari perkembangan emosional dan intelektual sang anak. Keterampilan membaca yang baik membuat anak memiliki potensi yang lebih baik untuk mencapai kesuksesan di kemudian hari.

Namun sayangnya, saat ini anak-anak lebih suka menyentuh gadget untuk bermain game dari pada membalik halaman buku. Hal ini menjadi tugas bagi orang tua, mengingat membaca sangat penting untuk tumbuh kembang sang buah hati.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat anak dalam membaca. Beberapa di antaranya:

  • Anak akan mempelajari kata-kata baru dan meningkatkan keterampilan asosiasi bahasa dan dasar-dasar bahasa
  • Membaca meningkatkan kemampuan anak untuk belajar di semua mata pelajaran, tidak hanya dalam bahasa dan membaca
  • Mendengar dan membaca cerita membantu anak menguasai konsep logika, penilaian, dan hubungan sebab akibat
  • Membaca membantu anak untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berkonsentrasi.

Melihat banyaknya manfaat membaca untuk anak, penting bagi orang tua untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Jika Anda kesulitan untuk membuat anak Anda menyentuh buku, berikut kami sampaikan beberapa tips meningkatkan minat baca pada anak yang dilansir dari understood.org.

2 dari 4 halaman

Jadikan membaca sebagai kebiasaan sehari-hari

ilustrasi membaca buku
readingrockets.org

Tips meningkatkan minat baca pada anak yang pertama adalah dengan menjadikan membaca sebagai kebiasaan sehari-hari. Sejak bayi Anda lahir, Anda dapat mulai membesarkan seorang pembaca.

Bayi merespons ritme menenangkan dari suara yang dibacakan dengan keras, serta dipeluk di pangkuan yang hangat. Jika Anda menjadikan membaca sebagai bagian dari rutinitas harian Anda, kemungkinan besar anak Anda akan tumbuh untuk menjadi seorang pembaca.

Baca di depan anak

Tips meningkatkan minat baca pada anak yang kedua adalah dengan membacakan buku di depan anak Anda. Tidak peduli apa pun yang Anda baca, entah majalah atau novel, biarkan anak melihat Anda membaca. Anak-anak belajar dari apa yang mereka amati. Jika Anda senang membaca, kemungkinan besar anak Anda juga akan menangkap antusiasme membaca Anda.

3 dari 4 halaman

Buat ruang baca

Tips meningkatkan minat baca pada anak yang ketiga yakni dengan membuat ruang membaca sendiri. Ruang baca yang Anda buat tidak harus besar atau memiliki banyak rak buku.

Anda bisa membuat ruang baca di sudut sofa atau kursi di ruangan tempat anak Anda tidur. Memilih tempat yang nyaman dan memiliki cukup cahaya serta ruang untuk menyimpan satu atau dua buku dapat membantu anak Anda menghubungkan membaca dengan kesenangan dan kenyamanan.

Ajak anak ke perpustakaan

ilustrasi membaca bukumoneycrashers.com

Tips meningkatkan minat baca pada anak yang keempat yaitu dengan mengajak anak berjalan-jalan ke perpustakaan. Perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk menjelajahi buku secara gratis.

Beberapa perpustakaan juga memiliki ruang khusus untuk anak-anak. Pergi ke perpustakaan bisa menjadi kesempatan bagus untuk memperkenalkan buku dan memberi anak Anda kesempatan untuk mengembangkan kebiasaan membaca yang baik dengan melihat anak-anak lain melakukan hal yang sama.

Biarkan anak memilih apa yang ingin dibaca

Tips meningkatkan minat baca pada anak yang kelima yaitu dengan membiarkan anak memilih bukunya sendiri untuk dibaca. Jalan-jalan ke perpustakaan bisa memberi anak Anda waktu untuk melihat-lihat dan menjelajahi berbagai macam buku.

Anak-anak cenderung ingin membaca sesuatu yang mereka pilih sendiri. Jika Anda khawatir anak Anda memilih buku dengan topik yang tidak sesuai, maka ajak anak Anda ke bagian rak buku khusus anak-anak.

4 dari 4 halaman

Temukan momen membaca dalam kehidupan sehari-hari

buku©robinreads.com

Tips meningkatkan minat baca pada anak yang selanjutnya yakni dengan menemukan momen untuk membaca dalam situasi apa pun. Membaca tidak hanya dilakukan dengan duduk dengan buku.

Membaca juga dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Saat Anda menjalani hari Anda, bantu anak Anda mendapatkan "momen membacanya." Anda bisa meminta anak Anda membaca rambu-rambu jalan, daftar belanjaan, atau resep.

Baca ulang buku favorit

Tips meningkatkan minat baca pada anak yang terakhir yaitu dengan membaca buku favoritnya sekali lagi. Anda mungkin bosan membaca cerita yang sama, tetapi anak Anda mungkin menyukainya.

Anak-anak suka melihat hal-hal yang mereka lewatkan pertama kali dalam cerita atau gambar. Membaca ulang juga memberi mereka kesempatan untuk menghubungkan kata-kata yang mereka lihat di halaman dengan kata-kata yang mereka dengar. Akhirnya, anak Anda mungkin mulai bisa membacakan buku favoritnya tersebut untuk Anda.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini