7 Manfaat Gandum bagi Kesehatan, Tingkatkan Sistem Imun hingga Cegah Diabetes

Jumat, 15 Januari 2021 19:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Manfaat Gandum bagi Kesehatan, Tingkatkan Sistem Imun hingga Cegah Diabetes Ilustrasi gandum utuh. ©Pixabay/Pexels

Merdeka.com - Gandum merupakan tanaman serelia dari famili Poaceae yang berasal dari daerah subtropis. Keragaman penggunaannya, kandungan nutrisi, komponen pangan fungsional dan kualitas penyimpanannya yang tinggi menjadikan gandum sebagai bahan makanan pokok lebih dari sepertiga populasi di dunia. Gandum menjadi salah satu bahan baku pembuatan roti, mie, pasta, pizza, biskuit dan masih banyak lainnya.

Biji gandum memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, seperti karbohidrat 60-80%, protein 10-20%, lemak 2-2,5%, mineral 4-4,5% dan sejumlah vitamin lainnya. Tak heran bila kemudian gandum jadi salah satu alternatif makanan sehat dan bergizi untuk menambah energi sehingga tubuh tetap sehat saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat rutin mengonsumsi gandum. Berikut 7 manfaat gandum bagi kesehatan telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Jumat, (15/1/2021).

2 dari 8 halaman

Mengatasi Penyakit Kardiovaskular

Manfaat gandum yang pertama mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menjaga tekanan darah, dan mengontrol kadar gula darah. Rajin mengonsumsi gandum secara rutin dipercaya dapat terhindar dari penyakit kardiovaskular, mencegah hipertensi, dan serangan jantung.

3 dari 8 halaman

Tingkatkan Sistem Imun

Manfaat gandum berikutnya adalah meningkatkan sistem imun. Gandum dapat merespons sistem imunitas tubuh terhadap penyakit dan infeksi. Gandum mampu membantu neutrofil melakukan proses lebih cepat meningkatkan kemampuan mengatasi bakteri yang ada dalam tubuh.

Sifat antioksidan yang dimiliki gandum dipercaya mampu menjaga tubuh dari risiko terjangkit berbagai penyakit akibat serangan radikal bebas. Bagi kamu yang ingin memiliki sistem imun yang bagus disarankan untuk mengganti konsumsi beras ke gandum utuh. Selain itu, kandungan zinc yang tinggi di dalam gandum sangat penting sebagai pendukung sistem imunitas tubuh.

4 dari 8 halaman

Cegah Timbulnya Peradangan Kronis

Peradangan merupakan konstituen utama dalam sebagian besar jenis sakit rematik. Gandum mampu mencegah timbulnya peradangan kronis. Mengonsumsi gandum secara rutin mampu mengendalikan peradangan secara efektif.

Gandum mengandung betaine yang berfungsi mengurangi peradangan dan membantu mengatasi penyakit, seperti penyakit Alzheimer, penurunan kognitif, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan osteoporosis.

Peradangan kronis pada dasarnya mengacu pada peradangan yang telah berlangsung cukup lama, dan disebabkan karena banyak faktor seperti reaksi terhadap stimulus berbahaya atau masalah dalam sistem kekebalan tubuh.

5 dari 8 halaman

Baik untuk Pencernaan

Manfaat gandum selanjutnya dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan pencernaan. Setiap makanan yang mengandung serat tinggi tentu baik untuk pencernaan, tak terkecuali gandum. Asupan serat dari gandum utuh dipercaya dapat mencegah sembelit.

Selain itu, kandungan serat dalam gandum juga dapat bekerja sebagai prebiotik yang menunjang bakteri baik dalam pencernaan. Bakteri baik sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan bekerja dengan baik.

6 dari 8 halaman

Menjaga Berat Badan

Selain baik untuk pencernaan, kandungan serat yang tinggi pada gandum mampu memberikan efek kenyang lebih lama. Serat yang tinggi pada gandum mampu mencegah obesitas akibat kelebihan berat badan.

Gandum bisa menjadi pilihan alternatif untuk menu diet agar mendapatkan berat badan yang ideal. Jika kamu mengalami obesitas bisa memicu berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya.

7 dari 8 halaman

Cegah Diabetes

Selain mengandung serat yang tinggi, kelebihan yang dimiliki gandum lainnya bahwa ia memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Terdapat 300 kofaktor jenis enzim yang ada dalam gandum, yang berguna memengaruhi tubuh menggunakan insulin dan mengeluarkan glukosa. Mengonsumsi gandum secara rutin mampu membantu mengendalikan gula dalam darah tubuh kamu dan cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai pengganti nasi.

8 dari 8 halaman

Baik untuk Kesehatan Kulit

Bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, rajin mengonsumsi gandum utuh juga ternyata membawa dampak baik untuk kesehatan kulit kamu. Gandum utuh memiliki kandungan vitamin B dan protein tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Makanan tersebut juga mengandung vitamin E guna mencegah penuaan dini, dapat menyamarkan garis halus atau kerutan, serta menghilangkan noda hitam di area wajah.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini