7 Jenis Usaha Sampingan yang Populer, Menguntungkan dan Bisa Dilakukan di Rumah

Selasa, 25 Mei 2021 15:05 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Jenis Usaha Sampingan yang Populer, Menguntungkan dan Bisa Dilakukan di Rumah Ilustrasi laptop. ©2012 Shutterstock/Dmitriy Shironosov

Merdeka.com - Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, sedikit banyak menuntut masyarakatnya untuk jadi lebih kreatif. Hal demikian juga berlaku bagi kamu yang hendak memulai usaha. Carilah usaha yang saat ini sedang populer dan kembangkan dengan kreativitas yang kamu miliki.

Bukan hanya uang tambahan untuk jajan yang bisa kamu peroleh, keuntungan lebih besar mungkin saja bisa kamu dapatkan. Hal itu bergantung daripada keuletan kamu dalam menjalankan usaha dan strategi-strategi yang kamu pakai. Dengan semakin berkembangnya teknologi kamu juga bisa menggunakan internet untuk mendukung kegiatan usahamu bisa sebagai media promosi hingga transaksi online.

Meskipun begitu, membangun usaha yang menguntungkan memang bukan hal mudah. Tak hanya perkara modal yang penting diperhatikan, tetapi juga memperhatikan kesiapan dalam menanggung segala risiko yang mungkin terjadi. Tidak ada proses yang instan barang kali bisa jadi pegangan bagi kamu untuk tidak lekas menyerah. Karena sukses butuh perjuangan yang tak sebentar.

Jika kamu ingin memulai usaha tapi masih bingung usaha apa yang mau kamu pilih, maka perhatikan informasi berikut ini mengenai 7 jenis usaha sampingan yang sedang populer, menguntungkan dan bisa dilakukan di rumah telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

2 dari 8 halaman

1. Aksesoris

ilustrasi kalung
©Pixabay/fotofesta1

Jenis usaha sampingan yang sedang populer pertama adalah membuat aksesoris wanita. Hal ini menarik untuk dilakukan karena wanita paling suka dengan aksesoris yang unik-unik. Calon pengusaha hanya perlu bermodalkan kreativitas dan kesabaran. Aksesorisnya dapat berupa syal, bando, bros, kalung, gelang, atau penghias rambut.

Keuntungan yang didapatkan akan lebih besar didapatkan karena modal aksesoris cenderung lebih murah. Apalagi jika bahan baku yang dibeli dalam jumlah yang cukup besar. Pemasarannya bisa dilakukan secara online, melalui media sosial atau toko online terpercaya. Akan lebih menguntungkan lagi jika aksesoris ini bisa mendapat endorse dari artis.

3 dari 8 halaman

2. Jasa Pengetikan

ilustrasi laptop hangvideohive.net

Jenis usaha yang sedang populer berikutnya adalah jasa pengetikan. Bisnis ini tentunya paling laku di daerah sekitar kampus. Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah atau juga skripsi. Ide ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, kamu bisa mendatangkan uang.

Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Usaha ini tentunya tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Kamu hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan yakni komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya.

4 dari 8 halaman

3. Cuci Sepatu

001 tantri setyorini©2018 Merdeka.com/Pexels

Beberapa tahun belakangan, popularitas sepatu cukup tinggi dan hal ini membuka peluang bisnis baru. Bisnis cuci sepatu cukup menggiurkan, sebab meski setiap orang mampu untuk membersihkan sepatu, namun rasa malas bisa saja muncul dan akhirnya memilih menggunakan jasa cuci sepatu.

Selain itu, jasa cuci sepatu tidak memerlukan lahan luas dan termasuk jenis usaha sedang populer. Bahan untuk mencuci sepatu juga cukup murah. Bisnismu juga akan semakin meningkat jika kamu memiliki kemampuan dalam mereparasi sepatu atau memodifikasi sepatu agar berbeda dari yang lainnya.

5 dari 8 halaman

4. Cuci Kendarakan

Bukan hanya cuci sepatu, kamu juga bisa memilih usaha yang sedang populer saat ini yakni cuci kendaraan. Bisnis cuci mobil dan motor saat ini mudah untuk di jumpai dalam skala kecil maupun besar. Bukan sekedar populer, bisnis yang satu ini juga menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

Usaha ini memiliki potensi yang besar karena pemilik kendaraan terus bertambah setiap tahunnya. Akan semakin banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraan secara rutin. Sehingga banyak yang memilih mencucikannya daripada mencucinya sendiri.

Kebutuhan akan jasa cuci mobil dan motor yang besar ini tentunya dapat membuka peluang usaha yang menguntungkan. Untuk memulai usaha cuci mobil dan motor ini kamu dapat memulai dari skala rumahan. Jika lokasi rumah kamu berada di tempat strategis maka kamu dapat membuka usaha di halaman atau garasi rumah.

6 dari 8 halaman

5. Wedding Organizer

ilustrasi pernikahan©Pixabay/ketut_seriasa

Mungkin kamu bingung apa bedanya WO dengan EO (event organizer). Untuk menjalankan wedding organizer, kamu tidak perlu susah payah mencari sponsor agar mendapatkan uang yang digunakan menyewa vendor.

Sebab, sumber keuangan utama acara pernikahan berasal dari calon pengantin itu sendiri. Bisa dikatakan, kamu sama sekali tidak perlu mengeluarkan uang dan hanya bermodal pengetahuan dalam menjalankan sebuah acara pernikahan.

7 dari 8 halaman

6. Desain Grafis

Jasa desain grafis merupakan jenis usaha yang sedang populer dijalankan anak muda. Sebab, jenis usaha ini hanya perlu menggunakan modal utama keterampilan. Keterampilan untuk mendesain. Bisa dimulai dengan membuat foto ilustrasi untuk hadiah wisuda.

Bisa juga dengan mengunjungi website-website yang akan menjual desain dengan cuma-cuma. Mulailah dengan melakukan desain kartu nama, logo perusahaan, gambar di baju, maskot, poster, booth, dan interior. Keuntungan yang akan didapat akan disesuaikan dengan kesepakatan dengan klient.

8 dari 8 halaman

7. Toko Online

Jenis usaha sampingan yang sedang populer selanjutnya adalah toko online. Saat ini sebuah usaha tidak harus memiliki lokasi yang digunakan sebagai toko.

Hal ini tidak lepas dari adanya teknologi internet yang memudahkan dalam membuat toko online. Kamu bisa mencoba untuk membuat toko online dari beberapa marketplace yang sudah banyak tersedia.

Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau Facebook sebagai tempat jual beli milikmu. Modal utama yang kamu butuhkan yaitu ponsel dan laptop jika punya. Nantinya, ketika ada pesanan kamu hanya perlu menuju ke jasa ekspedisi atau kurir online untuk proses pengantaran barang.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini