60 Kata-kata Semangat 17 Agustus, Penuh Motivasi Sambut Hari Kemerdekaan

Senin, 15 Agustus 2022 17:30 Reporter : Andre Kurniawan
60 Kata-kata Semangat 17 Agustus, Penuh Motivasi Sambut Hari Kemerdekaan Upacara Bendera 17 Agustus di Gunung Merapi. ©kapanlagi.com/agus apriyanto

Merdeka.com - 17 Agustus menjadi tanggal yang bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada tanggal tersebut di tahun 1945, Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya menyusul pembacaan Proklamasi oleh presiden pertama kita, Soekarno.

Dan tanggal 17 Agustus di tahun ini menjadi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 bagi bangsa Indonesia. Tentu saja hari kemerdekaan ini harus kita rayakan dengan penuh sukacita dan semangat.

Semangat kemerdekaan ini juga bisa Anda salurkan pada keluarga, teman, atau siapa saja melalui kata-kata semangat 17 Agustus. Kata-kata semangat 17 Agustus bisa Anda isi dengan kalimat-kalimat penuh motivasi untuk mengobarkan semangat kemerdekaan.

Kata-kata semangat 17 Agustus ini juga dapat menjadi bahan renungan untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme. Dengan kata-kata semangat 17 Agustus, kita mengingat bagaimana perjuangan para pahlawan dulu dan meniru perjuangan mereka untuk terus memperbaiki bangsa agar berkembang lebih baik.

Untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia, kami telah mengumpulkan beberapa kata-kata semangat 17 Agustus yang dilansir dari liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Kata-kata Semangat 17 Agustus

1. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI."

2. "Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa."

3. "Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan."

4. "Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!"

5. "Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa."

6. "Jangan membuat perbedaan menjadi alasan untuk bertengkar dan melemahkan rasa kasih sayang kita. Jadikanlah itu sebagai kekuatan. Selamat hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia."

7. "17 Agustus bukan sekadar balap karung atau lomba makan saja. Lebih dari itu, 17 Agustus adalah mengenang jasa pahlawan dan memupuk persatuan bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia."

8. "Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan."

9. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. Dirgahayu Republik Indonesia."

10. "Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut. Dirgahayu Indonesiaku."

11. "Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan." - Wiji Thukul.

12. "Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Merdeka!"

13. "Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun, jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!"

14. "Selalu jaga semangat patriotisme, bersinar dalam dirimu, banggalah menjadi Indonesia. Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia!"

15. "Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras. Selamat ulang tahun ke-77 untuk rakyat Indonesia."

16. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu lebih susah karena melawan bangsamu sendiri. Dirgahayu Republik Indonesia!"

17. "Mari kita ingat semua pahlawan masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita. Dirgahayu Republik Indonesia."

18. "Merah darah pahlawan tertumpah di tanah ibu pertiwi, putih tulang para pejuang tertanam dalam tanah air Indonesia tercinta. Di sini aku terlahir, di sini pula aku tiada."

19. "Hidup ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka bersungguh-sungguhlah dalam berjuang. Merdeka!"

20. "Apakah kelemahan kita: kelemahan kita ialah kurang percaya diri sebagai bangsa sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang memercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah rakyat gotong royong. Semangat hari Kemerdekaan!"

3 dari 4 halaman

Kata-kata Semangat 17 Agustus Penuh Motivasi

21. "Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita. Selamat hari kemerdekaan Indonesia."

22. "Semoga NKRI kita tetap bersatu dan lebih maju. Kerja kita semua prestasi bangsa! Dirgahayu Indonesiaku!"

23. "Selamat hari jadi ke-77 untuk Indonesia tercinta! Semoga menjadi semakin baik dari hari ke hari!"

24. "Jadikan perbedaan sebagai sebuah keunikan dalam berbangsa dan bernegara agar terlihat indah dengan banyaknya warna, dan janganlah menjadikan sebuah perbedaan sebagai kesombongan akan rasa paling benar dalam berpikir dan bertindak karena perbedaanlah yang mengakibatkan perpecahan yang membuat bangsa dan negara melemah. Merdeka!"

25. “Jangan pernah mengaku sebagai pemuda Indonesia jika tidak mau berjuang dalam mewujudkan cita-cita.”

26. “Bakarlah semangat juang layaknya darah yang bergejolak, kuatkanlah tekad dan tujuan bagai pohon yang memiliki akar yang kuat dan jadikanlah warna merah sebagai semangatmu dan warna putih sebagai tekadmu karena merah putih warna benderamu.”

27. “Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa adanya kerja keras dan perjuangan. Tidak ada hasil dari perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa.”

28. “Keindahan hidup itu bukan terletak di dalam puncak sebuah tujuan melainkan ketika kita berjuang untuk mewujudkan tujuan.”

29. "Beberapa medali yang sudah diraih pada Olimpiade Tokyo menjadi tanda kebangkitan kita sebagai Macan Asia. Ayo manfaatkan momentum kemerdekaan ke-77, dan teruskan semangat perjuangan!"

30. "Satu per satu rakyat bangkit dan terus berjuang melawan keadaan sulit pandemi. Momentum Hari Kemerdekaan ini semoga bisa jadi penanda berakhirnya periode pandemi di Indonesia! Dirgahayu Indonesia ke-77!"

31. “Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang.”

32. “Apapun untuk memperoleh kemenangan, betapa canggihnya perlengkapan persenjataan, hal itu bukanlah ukuran karena tekad kuat merupakan modal utama dalam menggapai sebuah tujuan yang memang mulia.”

33. “Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.”

34. "Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai ingin terpecah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu dan buat bangsa ini bangga. Selamat hari kemerdekaan."

35. "Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut, dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan."

36. “Laki-laki dan perempuan adalah seperti dua sayap dari seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; Jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.”

37. “Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba. Jadi tetaplah bersemangat elang rajawali.”

38. "Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."

39. "Nasib bangsa tidak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Sekali merdeka tetap merdeka!"

40. “Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya.”

4 dari 4 halaman

Kata-kata Kemerdekaan 17 Agustus

41. "Darahmu tumpah di tanah pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat hari Kemerdekaan bangsa Indonesia."

42. "Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar, walau panasnya peluru menembus tubuh."

43. "Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Semangat 45, Dirgahayu Indonesiaku."

44. "Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas."

45. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita. Dirgahayu ke-77 Republik Indonesia."

46. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia."

47. "Semangat persatuan terus dikobarkan, 77 tahun Indonesia merdeka semoga jadi momentum kebangkitan kita semua! Dirgahayu Indonesiaku!

48. "Darahmu tumpah di Tanah Pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia."

49. "Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar, walau panasnya peluru menembus tubuh."

50. "Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Semangat 45, Dirgahayu Indonesiaku."

51. "17 Agustus bukan sekadar balap karung atau lomba makan saja. Lebih dari itu, 17 Agustus adalah mengenang jasa pahlawan dan memupuk persatuan bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia."

52. "Sekali merdeka tetap merdeka! 77 tahun kemerdekaan wajib jadi waktu muhasabah, agar kita menjadi bangsa yang lebih baik! Dirgahayu Indonesiaku!"

53. "Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, jasa yang punya tujuan 'Merdeka atau Mati'. Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta."

54. "Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."

55. "Hari Rabu, pergi ke Australia. Dirgahayu Republik Indonesia."

56. "Dari Sabang sampai Merauke, mari satukan semangat dalam perayaan HUT RI ke-77!"

57. "Berkaca dari kemenangan ganda putri bulu tangkis Indonesia di Olimpiade, mari kita rekatkan kembali semangat kebhinekaan! Dirgahayu Indonesiaku!"

58. "Kau tuliskan arti sebuah perjuangan dan arti sebuah kemerdekaan di tanah ibu pertiwi dengan tetesan darah dan keringat penuh rasa cinta. Kau ukirkan dalam benak-benak generasi bangsa tentang pentingnya sebuah kesungguhan dan pengorbanan untuk mencapai kemerdekaan. Walau tubuhmu kini sudah terkubur tanah, nama dan jasa mulia tetap hidup dalam hati kami dan dalam berkibarnya sang Bendera Merah Putih tercinta. Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia."

59. "Sampai detik ini, perjuangan kita harus terus berlanjut meskipun terhalang berbagai rintangan diri. Ayo bersama membangun kesadaran berbudaya agar Indonesia bertumbuh lestari."

60. "Dirgahayu Republik Indonesia ke-77, semoga Indonesia menjadi salah satu negara maju dan Covid-19 di Indonesia segera selesai."

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini