6 Cara Mengecilkan Size PDF di Laptop dan HP, Mudah Dilakukan

Kamis, 22 Oktober 2020 15:14 Reporter : Novi Fuji Astuti
6 Cara Mengecilkan Size PDF di Laptop dan HP, Mudah Dilakukan Ilustrasi File PDF. ©2019 makeuseof.com

Merdeka.com - Pesatnya perkembangan teknologi membuat manusia kini mulai tergantung dengan berbagai perangkat seperti komputer, laptop, hingga handphone. Perangkat-perangkat tersebut diperlukan untuk berbagai keperluan, mulai dari urusan sekolah hingga urusan pekerjaan.

Keberadaan perangkat-perangkat tersebut juga memudahkan penggunanya yang kini tak harus bertemu orang lain secara langsung untuk membahas pekerjaan atau hal lainnya. Kita bisa membahasnya secara online dengan saling berkirim file lewat email atau aplikasi lainnya.

Salah satu format file yang digunakan banyak orang adalah file PDF. Namun sayangnya, kita kerap menemui file atau berkas PDF yang ukurannya terlalu besar sehingga mengalami kesulitan saat mengunggahnya. Hal tersebut kerap kali dikeluhkan banyak orang ketika melamar pekerjaan di mana perusahaan yang hendak dilamar menerapkan batas maksimal ukuran file.

Kamu tidak perlu panik dan khawatir karena hal tersebut dapat diatasi dengan mudah. Kamu bisa mengubah ukuran file pdf baik melalui laptop maupun hp.

Berikut informasi mengenai 6 cara mengecilkan size pdf di laptop dan hp yang telah dirangkum merdeka.com dari liputan6.com.

2 dari 7 halaman

1. SmallPDF

Cara mengecilkan size PDF yang pertama adalah dengan membuka situs SmallPDF atau smallpdf.com. Setelah masuk ke website SmallPDF, klik Choose File yang ada di tengah layar untuk memilih dokumen yang ingin kamu kecilkan ukurannya. Kemudian, kamu bisa langsung drag and drop file PDF ke tampilan browser.

Setelah itu kamu tinggal menunggu proses unggah dan kompres selesai. Setelah proses kompres selesai, kamu akan diperlihatkan informasi tentang berapa persen dari dokumen asli yang telah dikompres dan ukuran baru file tersebut.

Kamu bisa mengunduh file langsung ke komputer atau smartphone atau bisa juga mengeditnya lebih lanjut hingga menghasilkan ukuran yang diinginkan.

3 dari 7 halaman

2. FreePDFConvert

Cara mengecilkan size PDF berikutnya adalah dengan membuka situs FreePDFConvert. Bisa dibilang situs ini tampilannya sangat sederhana, ringan, dan ramah pengguna. File PDF yang ingin kamu kompres bisa langsung diunggah atau melalui cloud storage google drive dan dropbox.

Langkah pertama, kamu bisa menuju ke halaman https://www.freepdfconvert.com/id/kompres-pdf. Lalu klik pilihan tombol ‘Pilih File PDF’. Selanjutnya tunggu hingga proses unggah dan kompresi selesai sebelum mengunduh file yang diinginkan.

4 dari 7 halaman

3. PDF Compressor

PDF Compressor merupakan salah satu website kompress PDF paling sederhana. Kelebihannya adalah tidak mengubah sama sekali piksel atau kerapatan dot per inci dari dokumen yang akan diubah ukurannya.

Di website ini kamu tidak akan mendapatkan opsi apapun soal kualitas namun secara ringkas langsung menyediakan tautan unduh dokumen sehingga lebih efisien.

5 dari 7 halaman

4. SodaPDF

Selain situs di atas, situs web SodaPDF atau sodapdf.com juga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan size file PDF. Caranya juga tidak sulit, pertama pilih file yang ingin dikompres dengan klik Choose File yang ada di tengah layar. Kamu juga dapat memilih file yang ada di Google Drive dan Dropbox.

Kamu akan ditawarkan 3 opsi kualitas kompresi, yang pertama yaitu low quality untuk hasil ukuran paling kecil, good quality untuk hasil ukuran menengah, dan high quality untuk kompresi paling minimal dan ukuran paling besar.

Tidak hanya bisa digunakan secara online, SodaPDF ini tersedia juga dalam aplikasi, sehingga ketika kamu tidak terkoneksi dengan internet, kamu masih tetap bisa mengecilkan size PDF.

6 dari 7 halaman

5. HiPDF

Cara mengecilkan size PDF juga bisa menggunakan situs HiPDF. Situs ini memiliki banyak pilihan pengunggahan file. Selain langsung diunggah dari PC, situs ini juga mendukung file yang berasal dari Google Drive, Dropbox, Box, dan One Drive. Bisa dibilang situs ini cukup berat bagi beberapa PC atau ponsel. Terutama di saat melakukan pengunggahan file.

Untuk melakukan proses pengecilan file dari situs ini, kamu bisa langsung menuju ke https://www.hipdf.com/id/compress-pdf. Lalu klik ‘Pilih File’ dan tunggu proses unggah selesai. Ada tiga pilihan hasil file yang ditawarkan, yaitu kompresi tinggi kualitas rendah, kompresi bagus kualitas bagus, dan kompresi rendah kualitas tinggi.

7 dari 7 halaman

6. Menggunakan Microsoft Word

Selain cara mengecilkan size PDF secara online, kamu juga bisa menerapkannya secara offline. Bahkan, kamu hanya perlu menggunakan Microsoft Word 2013. Cara ini tentunya akan sangat memudahkan, karena hampir semua laptop atau PC memiliki Microsoft Word.

Cara mengecilkan size PDF di Microsoft Word 2013 pun tidak sulit. Pertama buka MS Word, kemudian Pilih File-Open dan cari file PDF yang ingin kamu kompres. Ketika kamu membuka file PDF di Office, maka secara otomatis akan dijadikan format dokumen word terlebih dahulu. Jika ada pop up pemberitahuan, klik Ok untuk melanjutkannya.

Setelah dokumen terbuka, Save As file tersebut kembali menjadi PDF, dengan cara pilih File-Save As atau CTRL+S. Selanjutnya pilih Save as type: PDF dan Optimize for: Minimum size (publishing online), kemudian klik Save untuk menyimpan.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini