40 Kata Bijak Soekarno tentang Cinta dan Kehidupan, Bangkitkan Jiwa Nasionalisme

Selasa, 27 September 2022 09:04 Reporter : Andre Kurniawan
40 Kata Bijak Soekarno tentang Cinta dan Kehidupan, Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Soekarno. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebagai pemimpin pertama Indonesia, proklamator, dan sosok yang berperan dalam kemerdekaan Indonesia, tak mengherankan jika Soekarno memiliki pengaruh besar bagi masyarakat Indonesia, bahkan hingga kini.

Beliau dikenal sangat pandai berorasi. Kata-kata yang keluar dari mulutnya sukses membakar jiwa dan semangat masyarakat Indonesia untuk terus berjuang. Tak hanya itu, kata-kata bijak Soekarno seringkali juga menyentuh sisi kehidupan kita sehari-hari, terutama dalam hal cinta.

Namun, kata bijak Soekarno tentang cinta bukan sekadar cinta kepada lawan jenis. Melainkan rasa cinta terhadap kemanusiaan dan juga cinta terhadap negara. Kata bijak Soekarno tentang cinta dan kehidupan ini dapat kita resapi sebagai sumber inspirasi dalam hidup.

Kata bijak Soekarno tentang cinta dan kehidupan bisa menjadi nasihat dan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air. Berikut ini, kami sampaikan kata bijak Soekarno tentang cinta dan kehidupan yang dikutip dari dream.co.id.

2 dari 5 halaman

Kata Bijak Soekarno tentang Cinta

1. “Bunga mawar tidak mempropagandakan harum semerbaknya, dengan sendirinya harum semerbaknya itu tersebar di sekelilingnya.”

2. “Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat.”

3. "Kita mendirikan negara Indonesia, yang kita semua harus mendukungnya. Semua buat semua! Bukan Kristen buat Indonesia, bukan golongan Islam buat Indonesia, bukan Hadikoesoemo buat Indonesia, bukan Van Eck buat Indonesia, bukan Nitisemito yang kaya buat Indonesia, tetapi Indonesia buat Indonesia, semua buat semua!"

4. "Dalam pidatoku, 'Sekali Merdeka tetap Merdeka!" Kucetus semboyan: 'Kita cinta damai, tetapi kita lebih cinta kemerdekaan'."

5. “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”

6. “Aku tinggalkan kekayaan alam Indonesia, biar semua negara besar dunia iri dengan Indonesia, dan aku tinggalkan hingga bangsa Indonesia sendiri yang mengolahnya.”

7. "Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya, jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali".

8. “Jangan kamu pernah merasakan bahwa cinta yang kamu rasakan itu membuatmu derita, sungguh Tuhan memberikan cinta dalam hatimu adalah anugerah dan itu harus kamu syukuri.”

9. "Kita ingin mendirikan suatu negara, semua buat semua, bukan satu negara untuk satu orang, bukan satu negara untuk satu golongan, walaupun golongan kaya. Tetapi kita mendirikan negara, semua buat semua."

10. "Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya".

3 dari 5 halaman

Kata Bijak Soekarno tentang Cinta terhadap Tanah Air

11. "Jikalau aku misalnya diberikan dua hidup oleh Tuhan, dua hidup ini pun akan aku persembahkan kepada tanah air dan bangsa".

12. “Jangan pernah melupakan sejarah. Ini akan membuat dan mengubah siapa diri kita.”

13. "Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya.”

14. "Engkau telah sering mendengar mengenai diriku, bahwa aku ini sejak umur 16 tahun telah mencemplungkan diri dalam gerakan untuk tanah air, bangsa, dan cita-cita.”

15. "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, dan beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia".

16. "Itulah konsep nasionalisme yang didirikan Indonesia. Bukan orang Jawa, bukan orang Sumatra, bukan orang Kalimantan, Sulawesi, Bali atau lainnya, tapi orang Indonesia, yang bersama-sama menjadi fondasi satu kesatuan nasional."

17. "Revolusi hanya benar-benar revolusi jika ini adalah perjuangan terus-menerus – bukan hanya perjuangan eksternal melawan musuh, tapi perjuangan batin, berjuang dan menundukkan semua aspek negatif yang menghambat atau merusak jalannya revolusi. Dalam pencerahan ini, revolusi adalah … sebuah simfoni kemenangan atas musuh dan diri sendiri."

18. "Jikalau aku misalnya diberikan dua hidup oleh Tuhan, dua hidup ini pun akan aku persembahkan kepada tanah air dan bangsa."

19. "Negeri kita kaya, kaya, kaya-raya, Saudara-Saudara. Berjiwa besarlah, ber-imagination. Gali! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia."

20. "Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!"

4 dari 5 halaman

Kata Bijak Soekarno tentang Cinta dan Kehidupan

21. "Aku menjebloskan musuh-musuh negara ke belakang jerajak besi. Namun demikian aku tidak sampai hati membiarkan burung terkurung di dalam sangkar."

22. "Maka aku sekarang berkata kepada para teknisi, kepada seluruh rakyat Indonesia, mari kita kerjakan kita punya tugas, tanpa menghitung-hitung apa yang nanti terjadi dengan kita."

23. "Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut pemenang, tapi bisa menaklukkan diri sendiri disebut penakluk yang brilian!"

24. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya."

25. "Saatnya telah tiba untuk meyakinkan dunia bahwa aku bukan boneka Jepang."

26. “Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.”

27. “Sebelum Anda mengeluh tidak punya apa-apa, pikirkan tentang seseorang yang meminta-minta di jalanan.”

28. "Perjuangan-perjuangan membawa kesulitan-kesulitan. Perjuangan besar tidak hanya menuntut pengalaman tetapi juga menuntut keberanian."

29. "Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad ‘Merdeka, merdeka atau mati'!"

30. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka."

5 dari 5 halaman

Kata Bijak Soekarno

31. “Jangan pernah melupakan sejarah. Ini akan membuat dan mengubah siapa diri kita.”

32. "Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya.”

33. "Perbaikan nasib ini hanya bisa datang seratus persen, bilamana masyarakat sudah tidak ada kapitalisme dan imperialisme."

34. "Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang."

35. "Suatu bangsa hanyalah menjadi kuat kalau patriotismenya meliputi patriotisme ekonomi. Ini memang jalan yang benar ke arah kekuatan bangsa, jalan yang jujur, jalan yang tepat."

36. “Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang.”

37. "Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya."

38. “Dan tidak ada gunanya bagiku melepaskan beban dari dalam hatiku kepada setiap pemuda yang datang kemari. Aku telah mengorbankan untuk tanah ini.”

39. "Nasionalis yang sedjati, jang nasionalismenya itu bukan timbul semata-mata suatu copie atau tiruan barat akan tetapi timbul dari rasa tjinta akan manusia dan kemanusiaan."

40. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini