Yuk, coba buat body lotion organik dengan resep mudah berikut!

Kamis, 19 Juni 2014 11:05 Reporter : Tantri Setyorini
Yuk, coba buat body lotion organik dengan resep mudah berikut! Ilustrasi lotion buatan rumah. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Dream79

Merdeka.com - Lotion adalah produk kosmetik yang menjadi kebutuhan mendasar dalam perawatan kecantikan para wanita di seluruh dunia. Produk pelembap ini berfungsi untuk mencegah kekeringan dan menjaga kelembutan kulit. Saat ini banyak produk lotion yang beredar di pasaran. Banyak di antaranya yang mengklaim menggunakan bahan-bahan alami. Meskipun Anda memang bisa melihat berbagai tambahan bahan alami dalam komposisinya, tetapi persentase jumlahnya hanya sedikit. Selain itu lotion dalam kemasan yang beredar di pasaran juga mengandung alkohol yang justru membuat kulit jadi lebih mudah kering.

Jika Anda menginginkan lotion yang benar-benar alami dan efektif untuk melembapkan kulit, Anda bisa mencoba resep pembuatan lotion organik dari Girls Guide To butter berikut. Bahan-bahannya cukup sederhana dan mudah. Selain itu tidak mengandung alkohol.

Bahan:
-1 cangkir minyak (bisa minyak kelapa, zaitun, atau jojoba)
-2 cangkir air (bisa juga menggunakan air mawar, teh hijau, atau aloe vera gel)
-1/4 cangkir beeswax batangan yang sudah diparut
-beberapa tetes minyak esensial (misalnya lavender atau melati) atau ekstrak vanili untuk menambahkan aroma
-1/4 cangkir shea butter atau cocoa butter (jika tidak ingin lotion terlalu berminyak, hilangkan bahan ini dari resep)

Cara membuat:
-Panaskan minyak dan beeswax dalam wadah tahan panas. Bisa ditim seperti saat melelehkan cokelat batang atau bisa dihangatkan di microwave. Pastikan kedua bahan tersebut mencair dan tercampur rata. Diamkan campuran minyak sampai suhunya turun hingga menjadi hangat.
-Tuang larutan minyak tadi ke dalam blender. Blender hingga halus. Tambahkan air hangat (pastikan suhunya mendekati suhu minyak agar bisa tercampur) sedikit. Blender kembali, kemudian tambahkan sedikit air hangat lagi. Blender kembali. Lakukan terus-menerus hingga semua bahan tak bersisa dan tercampur rata dalam blender.
-Jika Anda sudah mendapatkan campuran dengan tekstur menyerupai lotion, pindahkan lotion tadi ke wadah tertutup. Simpan di dalam lemari es. Lotion Anda akan awet selama sebulan.

Nah, itulah resep lotion organik dari bahan ali yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Selamat mencoba. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Tips Cantik
  2. Perawatan Tubuh
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini