Wajib Tahu, Ini Frekuensi Pemberian Makan yang Tepat untuk Kucing Kesayangan

Rabu, 21 April 2021 08:13 Reporter : Jeffreydien Winanda
Wajib Tahu, Ini Frekuensi Pemberian Makan yang Tepat untuk Kucing Kesayangan Wajib Tahu, Ini Frekuensi Pemberian Makan yang Tepat untuk Kucing Kesayangan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Waktu makan penting untuk semua hewan, termasuk kucing rumahanmu. Tapi tak sedikit pemilik anabul yang bingung seberapa sering harus memberi makan hewan peliharaannya.

Tak semudah yang dibayangkan, karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti usia, kesehatan, jumlah kucing di rumah, serta jenis makanannya. Untungnya, ada penjelasan singkat yang bisa membantu kegalauanmu berikut ini.

Frekuensi Makan Kucing Dewasa

wajib tahu ini frekuensi pemberian makan yang tepat untuk kucing kesayangan
©2021 Shutterstock

Kucing dianggap sudah memasuki masa dewasa pada usia 1 tahun. Hingga selama 9 tahun ke depan atau lebih, miliki jadwal makan yang konsisten sebanyak dua kali sehari. Kini, kebanyakan pemilik kucing lebih memilih dry food karena lebih praktis dan tetap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian anabul. Selain makanan utama, selipkan pemberian treat sekitar 10persen dari pola makan sehari-hari.

Bagi kucing yang lebih tua atau berhadapan dengan kondisi kesehatan tertentu, mungkin perlu lebih sering diberi makan. Ikuti arahan dokter hewan untuk jadwal pemberian makan, baik jadwal maupun jenis makanannya.

Nutrisi dalam Cat Food

wajib tahu ini frekuensi pemberian makan yang tepat untuk kucing kesayangan
©2021 Shutterstock

Menjadi karnivora, pola makan kucing tentunya akan berbeda dibandingkan hewan peliharaan lainnya. Beberapa nutrisi yang harus diperhatikan dalam makanan kucing meliputi protein hewan yang bisa berasal dari daging, ikan, atau unggas.

Beberapa asam amino seperti Arginine dibutuhkan untuk menghilangkan amonia dari tubuhnya, sedangkan taurin merupakan nutrisi penting untuk tumbuh kembang anabul yang sehat. Selain itu, cat food harus mencakup vitamin dan mineral untuk menjauhkan hewan peliharaanmu dari gangguan kesehatan.

Perkenalkan Beragam Jenis Cat Food

wajib tahu ini frekuensi pemberian makan yang tepat untuk kucing kesayangan
©2021 Shutterstock

Selain mempertimbangkan frekuensi pemberian makanan kucing, pemiliknya juga perlu memikirkan jenis cat food. Biasanya anabul yang diberi dry food memiliki lebih sedikit karang atau plak gigi. kekurangannya, hewan peliharaanmu cenderung tidak minum sebanyak yang diperlukan sehingga rentan mengalami dehidrasi.

Penting untuk memperkenalkan berbagai jenis makanan sejak kecil, mulai dari bentuk, ukuran, maupun citarasa. Cara ini dianggap efektif untuk mencegah kucing menjadi pemilih sial makanan, seiring dengan pertambahan usianya.

muezza makanan kucing halal
©2020 Muezza

Berbagai pertimbangan untuk memberi makan kucing ini akan sepadan dengan usaha menjaganya tetap sehat dan aktif. Soal pilihan cat food, serahkan pada Muezza yang hanya menggunakan bahan-bahan alami dan diolah dengan teknologi modern. Nutrisi yang terkandung di dalamnya pun terjaga lengkap dan dengan kadar yang tepat untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Bukan hanya sehat, Muezza juga memiliki 4 varian rasa lezat seperti Ocean Fish Flavor, Mackerel Flavor, Salmon Flavor, dan Tuna Flavor. Disukai kucing, brand makanan kucing kering ini juga jadi favorit pemilik anabul karena bebas was-was saat mengurus hewan peliharaan.

Selain tak perlu ragu membelai kucing saat terjilat, mencuci mangkuk makan di tempat cuci piring, hingga memegang makanannya secara langsung. Tunggu apalagi, sediakan cat food terbaik dengan memesan Muezza di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. (eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [jfw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini