Tiedan, 'telur hitam' kaya rasa khas Taiwan

Senin, 2 September 2013 18:27 Reporter : Destriyana
Tiedan, 'telur hitam' kaya rasa khas Taiwan Tiedan . ©2013 Merdeka.com/taiwanfoodculture.net

Merdeka.com - Setiap daerah memiliki kekayaan kuliner yang patut dicoba. Seperti halnya Indonesia, Taiwan juga dikenal dengan keragaman kuliner lezatnya yang menggugah selera. Sebut saja Tiedan atau bisa disebut telur besi.

Tiedan adalah hidangan khusus yang berasal dari telur dan sangat populer di Taiwan. Kuliner unik ini dianggap sebagai makanan lezat yang berasal dari Distrik Tamsui di New Taipei City. Sajian telur yang istimewa ini diciptakan oleh seorang pengusaha restoran di Taiwan, Huang Zhangnian. Dirinya kala itu membuka sebuah restoran yang kerap melayani para pekerja dan wisatawan yang berada di sekitar pinggiran dermaga.

Pada suatu hari, bisnis Huang tampak lesu, sehingga dia harus terus-menerus memasak telurnya untuk menjaga hidangan itu tetap hangat. Proses itu akhirnya menghasilkan telur berwarna gelap, kaya rasa, dan kenyal. Tak disangka, hidangan ini justru menjadi sangat populer di antara penduduk setempat.

Huang kemudian mendirikan bisnis baru dan mulai mengenalkan resep telur besinya. Hidangan ini terdiri dari telur yang telah berulang kali direbus dalam campuran rempah-rempah dan lalu dikeringkan. Telur yang dihasilkan berwarna hitam di bagian luar, dengan tekstur kenyal dan sangat kaya rasa, jika dibandingkan dengan telur rebus pada umumnya. [des]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kuliner Unik
  3. Wisata Kuliner
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini