Pertama Kali Ikut Silaturahmi Lebaran, Ini Tips Agar Si Kecil Tetap Ceria

Rabu, 22 Mei 2019 00:05 Reporter : Ayu Miranti
Pertama Kali Ikut Silaturahmi Lebaran, Ini Tips Agar Si Kecil Tetap Ceria Pertama Kali Ikut Silaturahmi Lebaran, Ini Tips Agar Si Kecil Tetap Ceria. ©shutterstock

Merdeka.com - Merasa dilema saat mengajak anak untuk silaturahmi Lebaran? Di satu sisi, bertemu anggota keluarga besar maupun kerabat yang lama tak berjumpa dapat melatih kemampuan sosialisasinya. Tapi beda ceritanya jika si kecil malah rewel dan bikin suasana jadi kurang nyaman. Untuk pengalaman pertamanya bersilaturahmi dengan ceria, coba beberapa tips berikut ini.

Pastikan Kondisinya Sehat

Sebelum berangkat, pastikan kondisi kesehatan si kecil dalam kondisi prima. Perhatikan adanya perubahan pada anak, misalnya tiba-tiba lemas, suhu badan yang meningkat, atau lebih rewel daripada biasanya. Jangan memaksakan untuk mengajaknya bersilaturahmi karena berisiko membuat kesehatannya semakin menurun atau makin tak nyaman saat berkunjung ke rumah kerabat.

Utamakan Kenyamanan Si Kecil

Anak yang masih berusia kecil biasanya lebih gampang moody saat merasa kurang nyaman bertamu di rumah orang-orang yang belum dikenalnya. Utamakan kenyamanan si kecil dengan mempersiapkan semua keperluannya, misalnya memilih waktu yang tepat untuk bepergian, menyiapkan makanannya, hingga memilih pakaian yang nyaman untuk dikenakan.

Walau ingin anak terlihat menggemaskan, sebaiknya hindari pakaian dengan bahan yang membuatnya gerah atau terlalu banyak aksesori. Pilih Baju Koko untuk Bayi Terbaru yang terbuat dari katun yang membuatnya tetap merasa nyaman walau banyak bergerak.

Persiapkan Kebutuhannya

Siapa pun tentu enggan mendengar rengekan anak yang minta pulang karena bosan. Hal ini sebenarnya normal karena anak yang usianya masih cukup muda biasanya sulit untuk duduk diam, apalagi saat berkumpul di dalam ruangan yang penuh dengan orang dewasa yang tak ia kenal.

Untuk mengalihkan perhatiannya, #MulaiAjaDulu di Tokopedia untuk menyiapkan berbagai kebutuhannya. Mulai dari snack ringan favorit, mainan maupun buku kesukaannya, hingga boneka yang biasanya dibawanya saat tiduran. Jika ingin memberinya gadget, sebaiknya pilihkan video atau lagu anak yang dapat dinikmatinya dan membuatnya tetap ceria.

Ceritakan Rencana Silaturahmi pada Anak

Jauh-jauh hari, ceritakan rencanamu saat melakukan silaturahmi di hari Lebaran nanti. Seperti berdongeng, sebutkan rumah siapa saja yang akan dikunjungi di hari raya dan apa saja yang bisa ia lakukan di sana. Jangan lupa untuk membiasakan anak dengan peraturan sopan santun yang telah dibuat, misalnya mengatakan tolong, maaf, dan terima kasih, hingga mengucapkan salam.

Jika si kecil akhirnya berulah, posisikan tubuh sejajar dengan tinggi anak dan ingatkan peraturan yang sudah disepakati. Hindari untuk menghukumnya di depan orang-orang karena akan membuatnya malu dan suasana pun jadi kurang nyaman bagi semua orang.

Beri Hadiah

Jika si kecil dapat bersikap manis dan tidak rewel hingga selesai bersilaturahmi, tidak ada salahnya untuk memberinya hadiah. Berikan mainan, buku, atau Baju Muslim Set Anak Terbaru dengan gambar maupun model kesukaannya yang bikin penampilannya makin kece. Jadikan hadiah tersebut sebagai reward karena telah bersikap baik selama berkunjung ke rumah kerabat.

Membuat si kecil tetap ceria selama silaturahmi Lebaran ternyata nggak susah, kan? Selamat jalan-jalan, ya! [ayu]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini