Pengacara jenius Bosnia ini kuasai 70 bahasa, fasih 56 di antaranya

Selasa, 27 Desember 2016 11:49 Reporter : Tantri Setyorini
Pengacara jenius Bosnia ini kuasai 70 bahasa, fasih 56 di antaranya Muhamed Mesic. © Tuzlanski.ba

Merdeka.com - Usianya baru 32 tahun, namun sudah menjadi pengacara, ahli bahasa Hebrew dan studi budaya Jepang, konsultan sustainable development (pembangunan berkesinambungan) dan anggota dewan kota. Namun bukan itu yang membuat para ilmuwan penasaran dengan Muhamed Mesic. Mesic adalah searang pemuda jenius dalam bidang linguistik. Dia mengerti 70 bahasa dan fasih dalam 56 di antaranya.

Dilansir Oddity Central, pria muda asal Bosnia ini menguasai puluhan bahasa, dari yang umum dipelajari seperti inggris dan Jepang, sampai yang jarang dipakai sebagai bahasa internasional. Yang termasuk golongan terakhir ini antara lain Kinyarwanda, bahasa nasional Rwanda dan Quechua, bahasa yang digunakan oleh penduduk di Pegunungan Andes tengah. Uniknya, Mesic hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk menguasai bahasa-bahasa tersebut.

Muhamed Mesic © Facebook/Muhamed Mesic

Mesic menghabiskan masa kecilnya di Tuzla, Bosnia-Herzegovina, sebuah kota industri yang dulu sempat menjadi bagian dari Yugoslavia. Sejak usia dini pun, dia sudah mencintai bahasa. Namun bakatnya yang luar biasa dalam mempelajari bahasa baru diketahui orangtuanya saat Mesic berusia 5 tahun. Ketika sedang berlibur dengan keluarganya di Yunani, Mesic langsung bisa memahami pembicaraan warga lokal dan mengingatnya.

"Ini adalah pertama kalinya saya bertemu orang-orang yang bahasanya tidak saya kenali," kenang Mesic. "Saya bisa mendengarkan tetangga kami mengobrol dan kemudian mencari tahu artinya dari situasi yang sedang mereka hadapi. Pada akhir masa liburan, saya bisa membantu ayah saya untuk berkomunikasi dengan montir lokal yang memperbaiki mobil kami. Orang tua saya sangat terkejut."

Muhamed Mesic © Facebook/Muhamed Mesic

Ketika berusia sembilan tahun, Mesic belajar bahasa Swedia dari tentara asing yang ditempatkan di Tuzla selama Perang Saudara Bosnia. Selanjutnya, Mesic mempelajari bahasa Hungaria saat melakukan perjalanan ke negara tersebut. Suatu ketika, salah seorang teman Mesic memintanya untuk belajar bahasa Latvia agar bisa menemaninya dalam perjalanan bisnis. Mesic berhasil menguasai bahasa tersebut hanya dalam 2 minggu. Modal belajarnya cuma YouTube, 2 buah buku, dan 43 film kartun berbahasa Latvia.

Kini dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengajar bahasa di berbagai daerah dan negara. "Saya menghabiskan sekitar 200 hari per tahun di pesawat. Saya selalu bepergian ke berbagai ceramah, seminar, pelatihan ... Tapi saya tidak mengeluh. Saya menyadari bahwa Anda harus berkorban jika Anda ingin sukses," ceritanya kepada Radio Sarajevo.

[tsr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini