Mengungkap rahasia beda emosi pria dan wanita

Jumat, 13 November 2015 23:03 Reporter : Siti Rutmawati
Mengungkap rahasia beda emosi pria dan wanita ilustrasi pasangan. honoush.deviantart.com

Merdeka.com - Siapapun tahu bahwa pria dan wanita adalah dua jenis makhluk hidup yang berbeda. Bahkan secara emosional pun wanita dan pria seringkali dibedakan. Wanita selalu dilihat sebagai makhluk yang lebih emosional.

Sedangkan pria dilihat lebih tangguh dengan menyembunyikan emosi di balik wajahnya yang dingin. Tetapi, penelitian yang dari Rosalind Franklin University of Medicine and Science membalikkan semua pandangan tersebut.

Para peneliti mampu menggeser pandangan bahwa hipokampus pada wanita lebih besar daripada pria. Hipokampus adalah bagian sentral otak yang berperan penting dalam fungsi pembelajaran, proses mengingat, peran emosi, dan keseimbangan.

Melansir dari mensfitness.com, para peneliti menemukan bahwa ada sedikit perbedaan atau bahkan tidak ada perbedaan antara ukuran hipokampi dan korpus callosum pada pria dan wanita. Korpus adalah materi putih yang menghubungkan antara kedua sisi otak untuk berkomunikasi.

Bukan hanya menyimpulkan bahwa kedua bagian otak manusia pada pria dan wanita tidak berbeda dalam berproses, tetapi mereka juga mampu membuang stereotip yang melekat tentang kerja otak wanita dan pria yang berbeda.

Penelitian ini setidaknya menggeser stereotip tentang kemampuan otak wanita yang memiliki ekspresi emosional yang lebih besar, kamampuan interpersonal yang lebih kuat dan lebih baik dalam memori verbal. Jadi, tidak ada alasan untuk menyalahkan wanitamu sebagai yang lebih emosional, bukan? Ini karena telah terbukti bahwa hipokamus pria dan wanita ternyata tidak jauh berbeda. [SRA]

Baca juga:
Kamu belum siap untuk menikah, ini 5 tandanya
Pasangan kamu si golongan darah A? Ini kamus cinta buat kamu!

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini