Keunikan Pantai Papakolea Hawaii yang Berpasir Hijau Zaitun

Senin, 31 Agustus 2020 23:21 Reporter : Tantri Setyorini
Keunikan Pantai Papakolea Hawaii yang Berpasir Hijau Zaitun Pantai Papakolea. ©Flickr/wasifmalik

Merdeka.com - Tahukah Anda, ada pantai yang warna pasirnya hijau? Bukan putih, cokelat, atau hitam seperti pantai pada umumnya. Pantai yang populer di kalangan turis mancanegara ini kepunyaan Hawaii.

Nama resminya Pantai Papakolea, tetapi juga dikenal dengan nama Pantai Berpasir Hijau atau Pantai Mahana. Pantai ini terletak di dekat South Point, Distrik Ka'u, Hawaii. Pasir di pantai ini berwarna hijau gelap seperti buah zaitun. Kecantikannya mengundang wisatawan dari berbagai belahan dunia untuk menyaksikan dengan mata kepala sendiri.

Satu dari Empat Pantai Berpasir Hijau di Bumi

pantai papakolea

©Flickr/footloosiety

Berkat ciri khasnya, Papakolea sering masuk daftar pantai terunik di muka bumi. Walaupun begitu, sebenarnya masih ada beberapa pantai lain yang juga memiliki pasir hijau.

Papakolea hanya salah satu dari empat pantai dengan pasir hijau yang ada di dunia. Selain Papakolea yang dimiliki Hawaii, ada juga Pantai Talofofo, Punta Cormorant di Galapagos, dan Hornindalsvatnet yang ada di Norwegia.

Pantai Berjulukan Berlian Hawaii

pantai papakolea

©Flickr/pedrik

Karena warna hijaunya yang berkilau seperti batu zamrud, olivine dianggap oleh penduduk sekitar sebagai 'berlian Hawaii'. Warna hijau pada pasir pantai disebabkan karena materi vulkanik yang berasal dari gunung berapi Pu'u o Mahana yang ada di pulau.

Ketika Pu'u o Mahana meletus, gunung memuntahkan lahar. Begitu lahar mendingin, mineral silika yang dikandungnya mengalami kristalisasi dan berubah menjadi butiran olivine yang berwarna hijau gelap. Olivine sendiri adalah komponen mineral yang umum ditemui dalam materi vulkanik gunung-gunung berapi di Hawaii.

Baca Selanjutnya: Butiran Kristal Olivine Berusia Ribuan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Travel
  3. Wisata Pantai
  4. Pantai
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini