Ini 6 Pekerjaan paling cocok untuk si gila baca

Senin, 26 Oktober 2015 15:06 Reporter : Tantri Setyorini
Ini 6 Pekerjaan paling cocok untuk si gila baca Ilustrasi membaca buku. ©2015 Picjumbo/Victor Hanacek

Merdeka.com - 4. Resensor buku

ilustrasi membaca buku

Photo credit: Picjumbo

Siapa bilang menjadi reviewer atau resensor buku tidak bisa menghasilkan uang? Sejumlah penerbit biasanya meminta bantuan tenaga pembaca profesional untuk mengulas buku-buku terbitan mereka.

Selain itu media massa juga biasa membuat kolom resensi yang terbuka untuk umum. Resensi yang terpilih untuk ditayangkan akan mendapat honor. Kamu cukup rajin-rajin mengirimkan resensi ke media yang bersangkutan atau bergabung dengan komunitas pembaca profesional untuk mendapatkan akses ke penerbit-penerbit besar.

5. Proofreader

ilustrasi membaca buku

Photo credit: Pixabay

Apa itu proofreader? Banyak yang mencampuradukkan tugas seorang proofreader dengan editor. Ada dua perbedaan penting yang membedakan deskripsi pekerjaan seorang editor dan proofreader. Seorang editor bertugas menyeleksi tulisan dan bertanggungjawab terhadap isi tulisan tersebut. Sementara proofreader lebih banyak menangani tata bahasa, punktuasi, pengejaan, dan struktur kalimat yang digunakan dalam sebuah tulisan.

Buat kamu yang sangat peduli dengan tata bahasa dan sering merasa terganggu kalau menemukan typo saat membaca, pekerjaan ini sangat sesuai buat kamu.

6. Penulis

ilustrasi menulis

Photo credit: Picjumbo

Penulis juga perlu mengembangkan kebiasaan suka membaca. Apalagi kalau pekerjaan utama kamu adalah content writer yang bertugas menyadur dan menulis ulang berita. Mau tidak mau, kamu pasti harus banyak membaca agar bisa mendapatkan sumber berita yang menarik dan menuliskannya kembali tanpa mengubah isi berita aslinya.

Bahkan kalau yang kamu tulis adalah fiksi, kamu tetap butuh membaca banyak sumber literatur agar cerita yang kamu buat tidak monoton dan semakin kaya.

Itulah beberapa pekerjaan paling sesuai buat pecinta bacaan yang bisa kamu jadikan referensi pekerjaan di masa depan. [tsr] SEBELUMNYA

Baca juga:
Gaul, biksu bule ini ceramah pakai lagu rap
Lima profesi kiwari sulit dipahami orang tua

Cuma gantikan orang antre, pria AS ini bisa raup $ 1000 per minggu

Lahir tanpa kaki, perempuan AS ini justru sukses jadi model lingerie

Ekstraktor bisa ular, profesi berisiko yang selamatkan banyak nyawa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini