Begini Cara Membaca Ekspresi Kucing Lewat Tatapan Mata Penuh Makna

Sabtu, 21 November 2020 07:00 Reporter : Zaki
Begini Cara Membaca Ekspresi Kucing Lewat Tatapan Mata Penuh Makna Begini Cara Membaca Ekspresi Kucing Lewat Tatapan Mata Penuh Makna. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kucing dianugerahi dengan kemampuan penglihatan yang mengagumkan. Mampu melihat dalam kegelapan yang memberinya keahlian dalam mendeteksi gerakan saat berburu mangsa. Tapi mata kucing bukan hanya sekadar dipakai untuk melihat dan merespon cahaya dalam ruangan, tapi bisa juga memberi gambaran tentang perasaan.

Pupil Kucing Menunjukkan Gairah

begini cara membaca ekspresi kucing lewat tatapan mata penuh makna

©2020 Merdeka.com

Suasana hati kucing dapat terlihat dari kombinasi bahasa tubuh dan pupilnya. Saat kucing merasakan gairah yang dipicu kemarahan, ketakutan, dan kesenangan, pupil mata berkontraksi secara tiba-tiba dan membentuk celah yang sempit.

Coba amati pupil kucing yang berubah sempit saat diberikan semangkuk penuh makanan favoritnya atau berhasil menangkap mainannya. Tapi di lain waktu, ekspresi yang sama juga akan terlihat mengenali adanya kucing baru di lingkungannya.

Kepercayaan

begini cara membaca ekspresi kucing lewat tatapan mata penuh makna

©2020 Merdeka.com

Ada beberapa ekspresi yang ditunjukkan saat kucing membuka matanya lebar-lebar. Selain menunjukkan kewaspadaannya saat waspada, hal yang sama ditunjukkannya pada pemiliknya sebagai tanda kepercayaan yang besar. Selain lewat tatapan mata, rasa percaya pun diperlihatkan kucing dengan menempelkan kepala pada pemiliknya, lengkap dengan dengkuran lembut.

Dominasi

begini cara membaca ekspresi kucing lewat tatapan mata penuh makna

©2020 Merdeka.com

Mata kucing yang menatap tanpa berkedip dari kejauhan bisa menjadi tanda kontrol, dominasi, atau bahkan agresif. Pemilik sering sulit mengenali perilaku halus ini dan menganggapnya liar atau nakal. Padahal dengan menggunakan tatapan tidak berkedip ini, seekor kucing dapat memperingatkan dan mencegah kucing lain saat tampak mendekati area miliknya, seperti mangkuk makanan, kotak kotoran, atau wilayah penting lainnya.

Agresi

begini cara membaca ekspresi kucing lewat tatapan mata penuh makna

©2020 Merdeka.com

Tatapan mata sipit menunjukkan emosi yang kuat seperti ketakutan atau agresi. Selain itu, kucing juga akan menyipitkan mata sebagai mekanisme perlindungan dari kemungkinan terkena cakar lawan. Jika melihat kucing yang memiliki ekspresi mata ini, sebaiknya hindari menatapnya atau akan dianggap memicu serangan.

Kelopak Mata Tertutup

begini cara membaca ekspresi kucing lewat tatapan mata penuh makna

©2020 Merdeka.com

Bedakan ekspresi mata ini dengan tidur, ya. Kelopak mata yang nyaris terpejam ini menunjukkan kucing sedang merasa santai dan penuh percaya pada lingkungan sekitarnya. Mumpung kucing kesayanganmu melontarkan pandangan ini, coba kirimkan kitty kiss dari jarak jauh. Caranya, tatap matanya dan perlahan kedipkan matamu. Jika kucing kesayanganmu membalasnya kembali, ini tandanya kucing telah menunjukkan kasih sayang yang paling dalam.

Siapa sangka tatapan mata kucing pun bisa memperlihatkan emosi yang sedang dirasakannya. Oleh karena itu, kesehatan matanya harus dijaga, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan taurin yang dapat mencegah degenerasi mata dan menurunnya penglihatan.

Tak bisa memproduksi taurin dalam tubuhnya sendiri dalam jumlah yang cukup, kucing perlu makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan mata. Beralih ke cat food terbaik dari Muezza yang bukan hanya dibuat dari bahan-bahan alami tapi juga mengandung komposisi nutrisi yang penting dan seimbang bagi kesehatan kucing kesayanganmu.

begini cara membaca ekspresi kucing lewat tatapan mata penuh makna

©2020 Merdeka.com

Punya tekstur yang mudah dilahap, Muezza menawarkan 4 varian rasa seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Makin tenang memberikan cat food terbaik untuk kucing kesayangan, Muezza pun sudah dilengkapi dengan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Tak perlu khawatir lagi saat membelai kucing, memberinya makan, membersihkan alat makan hingga menyimpannya atau membawa cat food saat bepergian.

Tunggu apalagi, lindungi kesehatan kucing kesayangan dengan nutrisi terbaik dari Muezza. Dapatkan keempat varian rasanya sekarang juga di Shopee dan Tokopedia!

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [aki]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini