7 Fakta Kehidupan Oksana Voevodina Sebelum Dipersunting Sultan Muhammad V

Selasa, 8 Januari 2019 13:52 Reporter : Tantri Setyorini
7 Fakta Kehidupan Oksana Voevodina Sebelum Dipersunting Sultan Muhammad V Oksana Voevodina. ©Instagram/oksana_voevodinaa

Merdeka.com - Oksana Voevodina mendadak viral dalam semalam. Pasalnya mantan ratu kecantikan dan model ini dinikahi oleh Sultan Muhammad V, Yang di-Pertuan Agong terkini Malaysia. Pernikahan keduanya yang digelar pada tanggal 22 November 2018 itu melahirkan kontroversi di negeri jiran, pasalnya sang sultan memutuskan untuk mengundurkan diri dari tahta yang baru diduduki sejak tahun 2016.

Turun tahtanya Sultan Muhammad V ini adalah kali pertama seorang Yang di-Pertuan Agong mengundurkan diri dalam sejarah Malaysia merdeka. Peristiwa ini membuat publik juga semakin tertarik akan sosok Oksana Voevodina, sang mempelai.

Siapa Oksana Voevodina dan seperti apa kehidupannya sebelum dipersunting Sultan Muhammad V? Berikut ini beberapa fakta yang dilansir dari Says.com, Senin (7/1).

1 dari 7 halaman

Putri seorang dokter ahli bedah ortopedi dan ratu kecantikan

Oksana Voevodina. ©Instagram/cutecarry

Ayah Oksana Voevodina, Andrey Gorbatenko yang diyakini berusia 50 tahun merupakan seorang dokter ahli bedah ortopedi. Sedangkan ibunya adalah kontestan ajang kecantikan di tahun 1990-an. Sang bunda memenangkan gelar sebagai ratu kecantikan tingkat lokal, sehingga namanya tak terlalu terdengar di Rusia.

©Instagram/cutecarry

2 dari 7 halaman

Sarjana ekonomi yang bandel saat kecil

Oksana Voevodina. ©Instagram/oksana_voevodinaa

Dia diyakini sebagai lulusan jurusan bisnis dari Plekhanov Russian University of Economics. Oksana mengaku dirinya cukup bandel saat masih kecil, sering bermain sepeda dan skate bersama anak-anak lelaki di lingkungannya.

©Instagram/oksana_voevodinaa

3 dari 7 halaman

Sabet gelar Miss Moscow 2015

Oksana Voevodina. ©Instagram/cutecarry

Perempuan 25 tahun berparas eksotis ini ternyata sempat menjadi Miss Moscow 2015 pada usia 22 tahun. Dia berhasil mengalahkan 32 orang kontestan dalam ajangnya. Oksana kemudian memenangkan mahkota pada 9 Juni 2015.

Menurut Oksana sendiri, kontes Miss Moscow merupakan kesempatan yang tak terduga baginya. Oksana diminta untuk mengikuti pemilihan bersama seorang kawannya. Namun akhirnya justru dia seorang yang lolos sebagai finalis.

©Instagram/cutecarry

4 dari 7 halaman

Jadi model di Asia dan bintang reality show

Oksana Voevodina. ©Instagram/oksana_voevodinaa

Setelah memenangkan Miss Moscow 2015, Oksana terjun ke dunia model. Dia sempat berkarir di China dan Thailand. Menurut laporan The Sun, Oksana juga tampil di reality show Rusia yang berjudul MTV's Temptation Island.

©Instagram/oksana_voevodinaa

5 dari 7 halaman

Sempat bermimpi jadi perancang busana

Oksana Voevodina. ©Instagram/oksana_voevodinaa

Tak puas sekadar menjadi model, Oksana sempat bermimpi untuk melebarkan sayap ke dunia desain. Keinginan terpendamnya adalah menjadi seorang perancang busana.

©Instagram/oksana_voevodinaa

6 dari 7 halaman

Bertemu Sultan Muhammad V di Eropa

Oksana Voevodina. ©Instagram/oksana_voevodinaa

Menurut laporan media, Oksana bertemu dengan Sultan Muhammad V dalam sebuah acara di Eropa. Saat itu Oksana sedang mempromosikan jam tangan mewah. Walaupun begitu tak diketahui sejak kapan pasangan beda usia 24 tahun itu mulai dekat.

©Instagram/oksana_voevodinaa

7 dari 7 halaman

Jadi mualaf dan ganti nama

Oksana Voevodina. ©Instagram/oksana_voevodinaa

Sebelum dipersunting Sultan Muhammad V, Oksana memutuskan untuk pindah keyakinan mengikuti sang calon suami. Perempuan cantik ini menjadi mualaf pada 16 April 2018 lalu. Oksana juga mengubah namanya menjadi Rihana Oxana Gorbatenko.

Demikian sederet fakta menarik tentang kehidupan Oksana Voevodina sebelum disunting Sultan Muhammad V dari Malaysia.

©Instagram/oksana_voevodinaa [tsr]

Baca juga:
Penelitian: Pelayan Restoran Cantik Bikin Makanan Biasa Jadi Terasa Tak Enak
Wanita-Wanita Paling Berpengaruh di Dunia
Benarkah Payudara Bakal Ikut Mengecil Ketika Berat Badang Berkurang?

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini