6 Paket Wisata Bromo yang Tidak Boleh Terlewatkan, Nikmati Alam Indah

Senin, 11 Maret 2019 21:14
6 Paket Wisata Bromo yang Tidak Boleh Terlewatkan, Nikmati Alam Indah Warga Tengger mendaki Gunung Bromo membawa persembahan hasil bumi selama Festival Yadnya Kasada di Probolinggo, Jawa Timur (10/7). Warga Tengger melakukan ritual lempar hasil bumi sebagai wujud syukur pada Sang Hyang Widi. (AFP Photo/Juni Kriswanto)

Merdeka.com - Liputan6.com, Jakarta Melakukan perjalanan atautravellingmemang dapat membuat pikiran kembali segar. Untuk itu ketika mendapat cuti kerja atau berada di hari libur banyak orang merencanakan pergi berlibur untuk melepas penat setelah lelah bekerja.

Salah satu destinasi yang menjadi tempat favorit para traveler ialah Gunung Bromo. Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut.

Sebagai sebuah objek wisata, Bromo menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.. Selain itu, pemandangan indah di kawasan Gunung Bromo bisa dinikmati oleh siapa saja, bukan hanya pendaki gunung.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh masyarakat dari segala lapisan umur, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Tentu, Gunung Bromo merupakan destinasi yang tepat untuk kamu yang gemar berpetualang. Tidak hanya menikmati gunung dengan kepulan asap eksotisnya itu, kamu juga bisa menikmatipaket wisata Bromolainnya.

Penasaran apa sajapaket wisata Bromoyang pas dikunjungi traveller?Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumberpaket wisata Bromo, Senin (11/3/2019)

Menikmati matahari terbit dan kawah bromo.

1. Matahari Terbit

Keindahan Matahari terbit mampu membius setiap orang yang memandangnya, begitu juga dengan matahari terbit di Gunung Bromo. Tidak seperti gunung lain seperti Gunung Semeru ataupun Gunung Merapi, Gunung Bromo bisa diakses oleh wisatawan dengan cukup mudah.

Bahkan wisatawan cenderung tidak membutuhkan pendakian yang menguras tenaga, kamu bisa menggunakan jeep jika kamu lelah berjalan.

Waktu terbaik menikmati matahari terbit di Gunung Bromo ialah saat musim kemarau. Karena saat musim kemarau cuaca cerah dan pamandangan mata tak akan terhalang oleh awan mendung.

2. Melihat Indahnya Kawah Bromo

Kawasan Bromo tidak hanya terkenal akan matahari terbitnya yang menakjubkan, tetapi juga dengan kawahnya. Rasanya kurang lengkap jika kamu sudah menikmati matahari terbit tetapi tidak sekaligus melihat indahnya kawah Bromo.

Kamu tetap harus berhati-hati ya jika ingin menikmati pemandangan kawah Bromo.

Upacara adat dan mengunjungi pasir berbisik

3. Menyaksikan Upacara Adat

Masyarakat Tengger melakukan Upacara Ritual (Kasada) yang dilakukan satu tahun sekali, pada tanggal 14 bulan ke sepuluh. Upacara ini berpusat di sekeliling kawah Gunung Bromo.

Nah, kamu bisa menyaksikan upacara adat sebagai salah satu paket wisata Bromoyang tak terlupakan. Upacara adat yang bisa kamu liat ialah upacara Kasada atau upacara Karo.

Dalam upacara Kasada, kamu akan melihat hasil sawah, ladang dan ternak masyarakat sekitar yang dilemparkan kawah Gunung Bromo.

Sedangkan perayaan Karo yang dilakukan oleh suku Tengger dilaksanakan pada bulan ke-2 kalender Tengger. Upacara ini sangat mirip dengan perayaan Lebaran atau hari Raya Idul Fitri yang dirayakan umat Islam. Tentu menjadi momen tak terlupakan ketika kamu melihat matahari terbit sambil melihat upacara adat.

4. Mengunjungi Pasir Berbisik

Selain melihat kecantikan matahari terbit, paket wisata Bromo selanjutnya ialah mengunjungi pasir berbisik. Mengapa dinamakan pasir berbisik?

Konon katanya, lautan pasir dulu sepi sehingga jika diterpa angin akan terdengan seperti sebuah bisikan. Rupanya istilah pasir berbisiki juga mulai tenar saat fim asir Beribisik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo pada 2001 silam.

Indahnya bukit teletubbies, padang savana, hamparan edelwis

5. Bukit Teletubbies dan Padang Savana

Salah satu Karst Tengger yang berbentuk unik ialah Bukit Teletubbies. Bukit ini dinamakan Teletubbies karena bergelombang seperti dalam film tersebut. Wisatawan bisa berfoto di kawasan ini dengan latar karst yang istimewa.

Selain itu, padang savana Bromo juga salah satu destinasi yang tak boleh terlewatkan. Padang Savana adalah padang rumput luas yang berada di sisi selatan Gunung Bormo. Dijamin, membuat kamu betah berlama-lama di salah satu savana terbaik di Indonesia.

Tidak peduli dengan musim hujan ataupun musim kemarau, padang Savana ini akan selalu indah. Tempat ini menjadi tempat spot foto favorit apalagi jika dipenuhi dengan ilalang. Tertarik untuk menjelajahi salah satupaket wisata Bromoini?

6. Hamparan Edelwais

Kamu bisa mengunjuk Taman Edukasi Edelweis untuk melihat hamparan si bunga abadi ini. Tanaman ini tumbuh merata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang luasnya 50.276 hektar. Tanaman Edelweis digunakan warga Tengger dalam upacara adat Suku Tengger seperti Agem-agem dalam perayaan Karo.

Selain melihat hamparan edelwais kamu juga bisa melihat rumah adat Suku Tengger. Rumah adat Suku Tengger sendiri memiliki luas 10 x 9 meter persegi, di dalamnya terdapat berbagai peralatan sehari-sehari khas warga Suku Tengger serta Pawon Tengger.

Semua itu sebagai bentuk kelestarian budaya asli suku Tengger dan sebagai destinasi wisata kebudayaan Indonesia.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini