6 Cara Membersihkan Sepatu Basah Berdasarkan Bahannya, dari Kanvas sampai Suede

Minggu, 27 November 2022 19:30 Reporter : Tantri Setyorini
6 Cara Membersihkan Sepatu Basah Berdasarkan Bahannya, dari Kanvas sampai Suede Ilustrasi sepatu. © Roadandtrack.com

Merdeka.com - Saat musim hujan, sepatu jadi sering basah. Kadang hanya bagian luarnya yang basah. Tak jarang sepatu terendam genangan air hingga basah sampai ke dalam. Kalau sudah begini, sepatu harus segera dibersihkan. Pasalnya sepatu basah bisa menjadi sarang kuman dan menyebarkan aroma tak sedap.

Selain itu, sepatu yang tidak dibersihkan dengan benar juga bisa cepat rusak. Permukaannya bisa mengelupas atau warna memudar.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, sepatu dengan bahan yang berbeda memerlukan perawatan yang berbeda pula. Jadi, Anda perlu tahu cara yang tepat untuk membersihkannya.

Berikut ini beberapa tips membersihkan sepatu basah berdasarkan bahannya.

2 dari 7 halaman

1. Sepatu Kulit (Leather)

ilustrasi sepatu
Pixabay

Jika sepatu kulit terkena air hujan dan basah, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan sisa kotoran pada sepatu dengan handuk berbahan microfiber. Jika tidak ada, Anda bisa memakai tisu kering untuk mengusap permukaan sepatu sampai kering.

"Kalau sepatu kulit kotor jangan direndam di air. Soalnya, itu bisa merusak material kulitnya dan membuat kulitnya jadi mengerut," tutur founder jasa cuci sepatu, Gurat Clean, Reza Fahlevi kepada Liputan6.com (6/1/2020).

Setelah itu, lanjut Reza, sepatu bisa dikeringkan dengan kipas angin. Setelah kering, sepatu bisa diolesi dengan sabun pembersih khusus sepatu berbahan kulit dan balsem yang mampu membuat sepatu kulit lebih terawat.

"Hindari mengeringkan sepatu di bawah matahari. Soalnya, paparan matahari bakal membuat sepatu cepat rusak dan lem pada sol mudah terlepas. Hal ini dianjurkan untuk semua jenis bahan sepatu," ujar Reza

3 dari 7 halaman

2. Suede

ilustrasi sepatu
Pixabay

Kalau sepatu berbahan suede basah kena air hujan, hal pertama yang harus dilakukan adalah keringkan dahulu dengan kipas angin. Jangan dibersihkan saat sepatu masih basah, karena bahan suede bisa jadi kaku dan keras.

Setelah kering, bersihkan noda pada sepatu menggunakan sikat lembut dengan gosokan searah. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut.

"Membersihkan sepatu berbahan suede harus less water. Kamu cukup gunakan cleaner khusus suede dan sikat searah pada sepatu tersebut. Gunakan handuk microfiber untuk mengeringkan secara perlahan. Ulangi metode itu beberapa kali untuk hasil lebih maksimal," ujar Reza.

4 dari 7 halaman

3. Kanvas

Jika ingin membersihkan sepatu berbahan kanvas, cukup gunakan sikat level medium atau sikat gigi. Sikat seluruh bagian sepatu dengan cleaner dan jangan terlalu ditekan.

Lakukan penyikatan beberapa kali sampai noda hilang. Kemudian keringkan dengan kipas angin sampai kering.

"Jangan gunakan deterjen pada sepatu apapun, termasuk kanvas, selain membuat material sepatu rusak, deterjen bisa mengubah warna sepatu. Menggunakan detergen juga bisa merusak lem pada mid sol atau karet pada lapisan sepatu. Jadi lem pada sepatu mudah lepas," terang Reza.

5 dari 7 halaman

4. Sepatu Lari

ilustrasi sepatu
Pixabay

Sepatu lari mampu menyerap air hujan dengan mudah. Karena itulah, gunakan sikat berlevel medium. Kemudian sikat sepatu mulai dari bagian out sole sampai permukaan sepatu.

Gunakan ir secukupnya, lalu gunakan cleaner khusus agar sepatu bersih seperti baru.

"Biasanya material running shoes cepat meresap air. Kalau tidak cepat dibersihkan, sepatu akan mengeluarkan bau tak sedap. Untuk itu, bersihkan dengan air yang cukup dan diangin-anginin," ucap Reza.

6 dari 7 halaman

5. Mesh

ilustrasi sepatu berbahan nubuck

Gurat Clean/Liputan6.com

Sekilas bahan sepatu ini sangat mirip dengan running shoes, namun mesh memiliki jaring-jaring tipis. Nah, untuk membersihkannya saat kena air hujan, Anda bisa lap bagian permukaan sepatu sampai ke dalam dengan menggunakan handuk atau tisu kering.

Setelah itu, Anda bisa memakai sikat gigi. Sikat secara perlahan menggunakan cleaner.

"Jangan menyikat sepatu bahan mesh terlalu kuat, karena bisa merusak jaringnya. Dan hindari menggunakan detergen pada sepatu jenis ini karena bisa membuat lem pada sole lepas dan menguning," ungkap Reza lagi.

7 dari 7 halaman

6. Nubuck

Sekilas bahan sepatu ini mirip suede. Namun kalau diperhatikan, bahan nubuck pada sepatu lebih halus ketimbang suede.

Cara membersihkannya hampir sama dengan suede. Cukup sikat searah dengan sikat yang lembut, lalu lap sepatu menggunakan handuk microfiber atau kain khusus berbahan nubuck.

"Membersihkan sepatu bahan suede atau nubuck perlu beberapa kali. Pasalnya, material sepatu ini rentan rusak jika terlalu basah dan terlalu kuat menyikatnya. Jadi lebih baik dikeringkan dulu, baru dibersihkan. Hindari paparan sinar matahari untuk mengeringkannya. Cukup gunakan kipas angin," imbuh Reza.

Reza menambahkan, saat membersihkan mid sole pada sepatu bahan nubuck, cukup gunakan tisu basah. Gosok perlahan agar mid sole tidak mudah retak atau rusak.

Demikian cara membersihkan sepatu berdasar jenis bahannya.

Sumber: Liputan6.com [tsr]

Baca juga:
Mirip Mi Instan, Sandal Bottega Veneta Dijual Seharga Rp14,5 juta
Urban Sneakers Society, Surga Para Pecinta Sepatu Kekinian
Digelar di Indonesia, Pameran Sneakers Terbesar di ASEAN Incar 30.000 Pengunjung
Vans Angkat Isu Kanker Payudara di Desain Terbaru

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Model Sepatu
  3. Tips
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini