13 Jenis Calathea Berdaun Cantik yang Tengah Digandrungi Pecinta Tanaman Hias

Sabtu, 20 Februari 2021 10:20 Reporter : Tantri Setyorini
13 Jenis Calathea Berdaun Cantik yang Tengah Digandrungi Pecinta Tanaman Hias Ilustrasi tanaman hias calathea. ©Unsplash/Magali Merzougui

Merdeka.com - Calathea dikenal sebagai jenis tanaman hias dengan dengan daun lonjong yang ditandai dengan garis dalam rangkaian warna yang memesona. Karena garis-garis dan urat tanaman yang menarik perhatian, mereka kerap dijuluki tanaman zebra, tanaman merak, atau tanaman ular berbisa.

Ada sekitar 100 spesies Calathea yang sudah diidentifikasi di dunia botani. Belasan di antaranya bisa dijumpai di lapak-lapak tanaman hias.

Harga tanaman Calathea di pasaran beragam, sesuai dengan jenis dan umurnya. Tanaman hias ini bisa ditemukan dengan garga mulai dari Rp20.000 sampai ratusan ribu rupiah.

Berminat untuk mengoleksi Calathea? Berikut ini beberapa jenis yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Calathea makoyana

ilustrasi tanaman hias calathea

©Unsplash/Axel Vazquez

Makoyana ini adalah jenis tanaman hias Calathea yang juga dikenal dengan nama peacock plant atau tanaman merak. Daunnya menampilkan motif garis berwarna hijau dan putih, sementara bagian bawahnya dihiasi warna ungu pekat yang cantik. Mirip dengan bulu burung merak yang jelita.

Makoyana ini termasuk jenis Calathea yang paling banyak dijual. Tanaman ini juga cocok ditanam di dalam ruangan, pasalnya dia bisa hidup dengan pencahayaan buatan. Tak perlu terlalu sering 'menjemur' Calathea jenis ini agar dia tumbuh sehat.

Baca Selanjutnya: 2 Calathea lancifolia...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tanaman Hias
  3. Ragam Konten
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini