KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

10 Cara merawat rambut di akhir pekan

Senin, 21 Maret 2016 00:00 Reporter : Dwi Ariyani
10 Cara merawat rambut di akhir pekan. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Tidak terasa akhir pekan sudah kembali di depan mata. Setelah hampir seminggu bekerja, tanpa sadar kondisi rambut rupanya cukup kusam, lepek dan terlihat tak sehat. Apalagi seminggu terakhir sedang banyak pekerjaan, sehingga saat akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk pergi ke salon. Tak hanya untuk memangkas rambut, belakangan sudah banyak salon yang menyediakan perawatan komplit untuk rambut. Tidak heran, bila pergi ke salon menjadi salah satu cara merawat rambut yang praktis dan diminati banyak orang, khususnya perempuan.

Namun, jika tak sempat pergi ke salon, Anda masih bisa merawat rambut di rumah. Berikut cara merawat rambut mudah dan alami, selama berakhir pekan di rumah.

1. Cara Merawat Rambut Lurus dengan Lidah Buaya



Luruskan kembali rambut yang terlihat lepek atau mengembang tak keruan dengan lidah buaya. Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya ini dapat langsung diaplikasikan dengan mengoleskan gel lidah buaya pada rambut. Ratakan dan diamkan beberapa menit, baru bilas dengan keramas hingga bersih.

2. Cara Merawat Rambut Rusak dengan Lidah Buaya



Selain dapat dimanfaatkan sebagai cara meluruskan rambut, lidah buaya ternyata juga bisa digunakan sebagai cara merawat rambut rusak. Campur dengan jeruk nipis, jadikan masker rambut. Diamkan beberapa menit dan bilas sampai bersih. Bahan-bahan tersebut dapat menutrisi rambut agar kembali sehat.

3. Cara Merawat Rambut Rusak dengan Alpukat



Bahan lain yang bisa dimanfaatkan sebagai cara merawat rambut rusak adalah alpukat. Campur dengan madu dan minyak zaitun. Lumatkan hingga menjadi masker rambut. Selain mengandung lemak sehat, bahan-bahan tersebut kaya antioksidan yang dapat menutrisi sekaligus mengembalikan kesehatan rambut.

4. Cara Merawat Rambut Mengembang dengan Pisang



Rupanya pisang selain enak dimakan, juga dapat dimanfaatkan sebagai cara merawat rambut mengembang. Campurkan dengan minyak kelapa, minyak zaitun dan madu. Gunakan sebagai masker rambut alami. Vitamin dan antioksidan bahan-bahan tersebut dapat membuat rambut lebih mudah diatur.

5. Cara Merawat Rambut Alami dengan Minyak Kelapa



Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga termasuk salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai cara merawat rambut dengan baik. Kombinasikan dengan stroberi dan madu. Lumatkan dan oleskan sebagai masker rambut. Di samping memberikan sensasi dingin, juga berkhasiat membersihkan kotoran pada kulit kepala.

6. Cara Menghilangkan Ketombe dengan Madu



Ketombe menjadi masalah serius yang dapat mengganggu aktivitas harian lantaran sibuk garuk-garuk kepala. Manfaatkan madu sebagai cara menghilangkan ketombe alami. Bersihkan rambut dengan keramas, kemudian balurkan madu secara merata, diamkan beberapa menit. Bilas dengan air bersih.

7. Cara Menghilangkan Ketombe dengan Yogurt



Tidak hanya madu saja yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi ketombe. Yogurt ternyata juga punya manfaat yang sama. Biar lebih efektif, campurkan yogurt, madu dan lemon menjadi satu. Jadikan masker alami rambut dan diamkan beberapa menit. Pijat perlahan dan pungkasi dengan keramas hingga bersih. Selain dapat membersikan kulit kepala dari ketombe, bahan-bahan tersebut dapat memenuhi nutrisi dalam rambut.

8. Cara Merawat Rambut Rusak dengan Minyak Zaitun



Minyak zaitun menjadi salah satu bahan alami yang banyak dimanfaatkan sebagai cara merawat rambut rusak. Misalnya saja karena terlalu sering melakukan hair styling. Manfaatkan minyak zaitun ini dengan tambahan madu, kemudian campur jadi satu dan manfaatkan sebagai masker rambut. Masker alami dari bahan-bahan ini juga baik untuk menjaga kelembapan rambut.

9. Cara Merawat Rambut secara Alami dengan Putih Telur



Cara merawat rambut secara alami juga dapat menggunakan putih telur. Kocok putih telur sampai mengembang, tambahkan jeruk lemon dan gunakan sebagai masker rambut. Diamkan beberapa menit, kemudian akhiri dengan keramas sampai bersih. Masker alami ini juga bermanfaat untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit kepala.

10. Cara Merawat Rambut dengan Baking Soda


Minyak berlebih juga dapat dikurangi dengan memanfaatkan baking soda. Manfaatkan sebagai masker rambut dengan campuran yogurt dan lemon. Oleskan pada rambut, diamkan beberapa menit. Cara merawat rambut menggunakan masker alami ini terbukti dapat menutrisi rambut sekaligus membuat kepala tetap bersih dan segar.

Setelah tahu beberapa cara merawat rambut alami dan mudah, segera aplikasikan sembari mengisi waktu berakhir pekan di rumah. Semoga berhasil. [aik]

Topik berita Terkait:
  1. Cara Merawat Rambut
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.