Wali kota London: Kunjungan Trump ke Inggris harus dibatalkan

Selasa, 6 Juni 2017 17:17 Reporter : Ira Astiana
Wali kota London: Kunjungan Trump ke Inggris harus dibatalkan sadiq dan trump. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara bertubi-tubi menyerang Wali Kota inggris Sadiq Khan terkait dengan pernyataannya soal serangan terorisme pada Sabtu (3/6) malam lalu di jembatan London. Saat itu, Khan menyarankan agar warga London tidak perlu khawatir tentang serangan teror.

"Orang London akan melihat kehadiran polisi yang jumlahnya meningkat hari ini dan selama beberapa hari berikutnya. Tidak ada alasan untuk khawatir," kata wali kota muslim pertama di London saat itu.

Menanggapi hal tersebut, Trump pun mengunggah status di akun media sosial Twitternya untuk ungkapkan ejekan terhadap Khan.

"Sedikitnya tujuh orang tewas dan 48 lainnya luka dan Wali Kota London bilang 'tidak ada alasan untuk khawatir'," ujar Trump dalam cuitannya, seperti dilansir Haaretz.

Akibat ciutan Trump itu, Khan membalasnya dengan mengatakan bahwa sebaiknya kunjungan Trump ke Inggris dibatalkan saja.

"Saya pikir tidak seharusnya kita menggelar karpet merah buat presiden Amerika Serikat dalam situasi di mana kebijakan negaranya sendiri bertentangan dengan semua hal yang kita perjuangkan," katanya, seperti dilansir dari laman Telegraph, Selasa (6/6).

"Saat Anda punya hubungan istimewa maka tidak ada bedanya saat Anda punya teman dekat. Anda berdiri bersama di masa-masa sulit, tetapi Anda mencemooh mereka ketika mereka salah. Ada banyak hal juga yang salah dari Trump," tambahnya.

Selama menangani kasus terorisme di negaranya, Inggris banyak mendapat dukungan dari dunia termasuk Amerika Serikat. Namun Trump secara pribadi mereka malah mengkritik kata-kata Khan.

Sementara itu, Perdana Menteri Theresa May menyatakan tidak ada yang salah dari ucapan Khan dalam menanggapi aksi teror.

"Saya rasa Khan melakukan hal yang benar. Salah kalau menilai hal sebaliknya. Dia melakukan pekerjaannya dengan baik," jelas May. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini