Uji Coba ke Hewan Sukses, Peneliti China Kian Dekat dengan Vaksin Corona

Jumat, 22 Mei 2020 06:43 Reporter : Pandasurya Wijaya
Uji Coba ke Hewan Sukses, Peneliti China Kian Dekat dengan Vaksin Corona ilustrasi tikus lab. ©Reuters

Merdeka.com - Para peneliti di dua universitas China melaporkan munculnya respons imun yang kuat pada uji coba vaksin corona terhadap hewan.

Peneliti di Universitas Fudan dan Jiao Tong mengembangkan kandidat vaksin mRNA yang memperlihatkan bagaimana sel membangun protein.

Menurut para ilmuwan itu, struktur protein berbentuk paku pada permukaan virus corona membuat patogen itu bisa mengikat dan menyerang sel tubuh manusia.

Vaksin mRNA dirancang untuk memancing serangan protein virus corona itu dan memicu respons imun tiap kali ada protein berbentuk serupa yang datang menyerang.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di server bioRvix pada 15 Mei lalu, para peneliti mengatakan mereka menyuntikkan satu dosis kandidat vaksin bernama ShaCoVacc, kepada seekor tikus dan dua pekan setelah pengamatan terlihat ada antibodi yang muncul.

"Hasil ini mendukung pengembangan ShaCoVacc sebagai kandidat vaksin untuk Covid-19," tulis para peneliti seperti dilansir laman South China Morning Post, Kamis (21/5).

"Penelitian kami memberikan platform bagi vaksin baru dengan simulasi permukaan protein virus corona dan asam nukleat, memadukan fitur dari vaksin yang tidak aktif dan mRNA."

Baca Selanjutnya: Pada uji coba itu tidak...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini