Ucapkan Belasungkawa, Donald Trump Beberkan Jasa Habibie Untuk Indonesia

Minggu, 15 September 2019 17:23 Reporter : Merdeka
Ucapkan Belasungkawa, Donald Trump Beberkan Jasa Habibie Untuk Indonesia Donald Trump. REUTERS

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie. Trump menyebut, Habibie sebagai contoh luhur karena kontribusinya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Termasuk industri penerbangan Tanah Air.

"Habibie, seorang insinyur yang sukses, juga akan dikenang kontribusinya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia, termasuk industri penerbangan dalam negeri, suatu contoh luhur dari kreativitas dan tekad kuat masyarakat Indonesia," ungkap Trump melalui surat Sekretariat Pers Gedung Putih, seperti yang diberitakan pada Minggu (15/9).

Sosok Habibie digambarkan sebagai pemimpin luar biasa dalam menjaga persatuan dan tradisi pluralistik di Indonesia. Pasalnya, Habibie menjadi presiden di masa awal reformasi Indonesia.

Mei 1998, Presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya setelah 32 tahun memimpin Indonesia. Pada saat itu Habibie yang menjabat sebagai wakil presiden secara otomatis dilantik menjadi presiden.

Tumbangnya Presiden Soeharto menjadi tanda awal reformasi Indonesia. Kepemimpinan Habibie juga mengantarkan Indonesia menjadi salah satu negara demokrasi hebat.

Di era kepemimpinannya, larangan untuk berbahasa Mandarin dicabut. Larangan itu sebelumnya diberlakukan oleh Soeharto untuk menekan kelompok komunis.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah lebih dulu menyampaikan ucapan belasungkawa pada Jumat (13/9).

"Dalam masa berkabung ini, terimalah simpati kami yang mendalam serta keyakinan bahwa Amerika Serikat akan terus mengingat persahabatan dengan Presiden Habibie dan dedikasinya untuk negara," ujar Pompeo.

Sementara itu, Kedutaan Besar AS di Indonesia menghaturkan ucapan duka cita melalui akun Twitter resmi mereka, sesaat setelah Habibie dinyatakan wafat, Rabu (11/9).

"Pemerintah dan rakyat Amerika turut berduka cita atas meninggalnya Presiden RI #BJHabibie. Doa kami menyertai seluruh keluarga yang ditinggalkan - #DubesDonovan," unggah Kedutaan AS itu.

Mantan Presiden BJ Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pukul 18.05 Rabu lalu. Ia dinyatakan wafat setelah menjalani perawatan intensif sejak 1 September. Pada Kamis (12/9), jenazah BJ Habibie kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, tepat di samping persemayaman terakhir sang istri, Ainun Habibie.

Reporter Magang: Anindya Wahyu Paramita
Sumber: Rizki Akbar Hasan Liputan6 [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini