Tentara Amerika Terinfeksi Virus Corona di Korea Selatan

Rabu, 26 Februari 2020 13:26 Reporter : Hari Ariyanti
Tentara Amerika Terinfeksi Virus Corona di Korea Selatan Kasus corona di Korea Selatan. ©2020 AFP Photo/Jung Yeon-je

Merdeka.com - Korea Selatan melaporkan 169 kasus baru virus corona pada Rabu, termasuk salah seorang yang terinfeksi adalah tentara Amerika Serikat (AS). Otoritas kesehatan Korea Selatan menyiapkan rencana pemeriksaan 200.000 anggota gereja yang paling parah terjangkit wabah di negara itu.

Kasus baru ini mencatat jumlah total kasus virus corona di Korea Selatan menjadi 1.146. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat seiring dengan rencana pemerintah memperluas pemeriksaan.

Dari sejumlah kasus baru, 134 ditemukan di kota Daegu, di mana terdapat sebuah cabang Gereje Yesus Shincheonji, yang dihubungkan dengan wabah ini berlokasi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC).

Dikutip dari Reuters, Rabu (26/2), militer AS pertama kali melaporkan kasus virus corona pada Rabu, dimana seorang tentara berusia 23 tahun berbasis di Camp Carroll, sekitar 20 kilometer dari Daegu. Kamp itu juga dekat dengan pusat disabilitas yang terjangkit virus.

1 dari 1 halaman

Kematian ke-12 dilaporkan juga pada Rabu, menurut laporan surat kabar Joongang Ilbo.

Sekitar 80 persen kasus virus corona di Korea Selatan, termasuk di pusat disabilitas, dihubungkan dengan gereja Daergu, dan dengan sebuah rumah sakit di dekat Cheongdo County, yang diyakini beberapa anggotanya telah berkunjung ke sana.

Gereja mengatakan telah setuju untuk memberikan rincian kontak semua anggotanya kepada pemerintah dengan syarat informasi itu tidak akan dipublikasikan.

"Kami telah memperoleh daftar jumlah 212.000 orang jemaat Shincheonji dari gereja tadi malam," kata Wakil Menteri Kesehatan, Kim Gang-lip.

"Kami akan menyerahkan daftar itu kepada pemerintah daerah. Pemerintah daerah akan memeriksa apakah para jemaat memiliki gejala yang berhubungan dengan pernapasan atau demam dan mengunjungi rumah mereka untuk memeriksanya." [pan]

Baca juga:
Video Menteri Iran Batuk dan Berkeringat Saat Konferensi Pers karena Corona
Beri Diskon Tiket Pesawat, Pemerintah Harap Jumlah Penumpang Naik 20 Persen
Atasi Dampak Virus Corona, LIPI Dorong Pemerintah Sebar Travel Fair di Dunia
Ini Daftar Lengkap Negara-Negara di Dunia yang Sudah Dimasuki Virus Corona
Kabar Terkini Virus Corona, Lebih dari 1.000 Orang Terinfeksi di Korea Selatan
Sejumlah Negara di Eropa Terpapar Virus Corona dari Italia
Ada Virus Corona, LIPI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2020 Hanya 4,84 Persen

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini